Strategi Marketing – Memberikan Banyak Benefit

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Salah satu strategi marketing yang bisa diterapkan di negara manapun, adalah memberikan tambahan/benefit lebih kepada pelanggan. Dengan demikian si pelanggan merasa sangat beruntung dengan harga/biaya yang murah, maka diperoleh banyak keuntungan dan benefit.

Berikut beberapa benefit yang dapat diberikan kepada pelanggan.

Program Free
Siapapun dan dimanapun pasti akan senang jika diberikan sesuatu yang bermanfaat dan gratis. Misalnya dengan membeli 1 memperoleh 1 lagi. Atau jika menjadi member club, maka jika menjadi member 1 tahun, membayar fee hanya untuk 10 bulan, sehingga 2 bulan dianggap gratis.

Program Discount – Internal
Program Discount yang dibuat sendiri, seperti discount selama hari Raya Idul Fitri atau hari Natal. Discount jika membayar 1 minggu sebelum pelaksanaan (early bird) dan lain-lain lagi

Program Discount – Partnership
Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat contoh berikut ini. Bapak Budi sangat senang ketika dia mendaftar menjadi member platinum Vibiznews.com. Selain dia memperoleh update news, recommendation dan research, maka dia juga mendapat diskon sampai dengan 45% untuk training/seminar yang diselenggarakan oleh partner Vibiznews.com yaitu VBLC.

Jadi dengan menawarkan diskon atau kemudahan dari partner/ rekanan kerja sama, maka akan sangat memberikan kesenangan bagi pelanggan. Apalagi kalau diskon itu untuk banyak hal, tidak hanya diskon seminar/training, bahkan diskon untuk makan atau minum di suatu café, menginap di suatu hotel/resort, masuk ke tempat wisata/hiburan dan lain sebagainya.

Program Hadiah
Ada lagi program yang menarik adalah pemberian hadiah kepada pelanggan, jika si pelanggan meembeli suatu produk atau menggunakan jasa. Bisa hadiah berupa hal yang sederhana seperti kaos, topi, ballpoint, sampai hal-hal yang mahal yaitu perjalanan wisata ke Eropa dll.

Berbagai program lain bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, jadi memang harus rajin membaca situasi dan membuka wawasan, baik secara internal maupun eksternal, untuk mengetahui keinginan pelanggan tersebut. Jika keinginan tersebut, maka pelanggan akan senang, dan mereka akan membeli produk atau menggunakan jasa kita, dan pada akhirnya menjadi pelanggan yang setia. (AS)

(Asido Situmorang/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x