(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Mungkin tidak semua orang familiar dengan merek otomotif Rolls Royce, juga jarang melihat merek otomotif tersebut di jalan-jalan kota Jakarta sekalipun. Tetapi Rolls Royce sudah ada sejak awal tahun 1900an. Rolls-Royce adalah sebuah himpunan perusahaan, yang semuanya berakar dari perusahaan pembuat mobil dan kapal terbang Britania yang didirikan oleh Henry Royce dan C.S. Rolls pada tahun 1906. Rolls Royce merupakan perusahaan teknik Britania yang spesialisasinya dalam produk mesin berbasis-turbin, terutama mesin pesawat, juga menyediakan produk dan jasa yang luas bagi masyarakat dan militer. Rolls-Royce Motor Cars Limited, adalah produsen mobil mewah, yang dimiliki oleh BMW. Rolls-Royce Motor Cars, anak perusahaan BMW meluncurkan Rolls-Royce Phantom sebuah mobil sedan yang dibuat di Inggris, pada tahun 2003 yang merupakan model pertama yang diperkenalkan selama era BMW.
Julukan untuk Rolls-Royce adalah Rolls dan Roller. Dengan markas besar Rolls-Royce plc terletak di Derby. Perusahaan ini dikenal dengan Royce’s. Saat ini perusahaan Rolls Royce mempekerjakan lebih dari 38.000 orang pekerja yang terampil dan pabrik manufakturnya ada di 50 negara, dan Rolls Royce memiliki pelanggan yang tersebar di 135 negara di dunia ini.
Rolls-Royce memiliki pelanggan luas yang terdiri lebih dari 600 maskapai penerbangan, 4.000 perusahaan dan utilitas pesawat dan operator helikopter, 160 angkatan bersenjata, lebih dari 2.000 pelanggan laut, termasuk 70 angkatan laut, dan pelanggan energi hampir 120 negara.
Mobil Pilihan Keluarga Kerajaan Inggris
Rolls Royce memberikan hadiah Rolls-Royce Phantom VI untuk Ratu Elizabeth II, saat sang ratu merayakan ulang tahun penobatannya ke-25. Mobil ini memiliki sejumlah keunggulan dimana atapnya dibuat tinggi, interiornya dirancang khusus dan dibuat secara langsung oleh tangan para desainer. Mobil yang dibuat di Mulliner Park Ward, London, itu bermesin 6.750 cc dari Silver Shadow. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda pada 4.000 rpm yang disalurkan ke roda dengan menggunakan peranti transmisi Hydramatic 400.
Rolls Royce Phantom VI, merupakan mobil asal Inggris. Dan Rolls Royce Phantom VI, membuat catatan baru dalam lembaran sejarah monarki Inggris, dimana pada pesta pernikahannya, Pangeran William dengan Kate Middleton memilih menggunakan Rolls Royce Phantom VI di Westminster Abbey pada April 29, 2011. Di sepanjang sejarahnya mobil itu tercatat sebagai mobil terlaris di antara model Roll Royce Phantom yang ada. Dan Rolls Royce Phantom VI masuk dalam the Top 10 Cars for man in the world.
Slogan Rolls Royce
Rolls Royce memiliki strategi perusahaan untuk tidak hanya memenangkan bisnis pada saat ini tetapi mempersiapkan untuk memenangkannya pada hari esok. Rolls Royce dikenal sebagai satu merek otomotif mewah dan dianggap sebagai simbol high class dan status di dalam masyarakat.
Rolls Royce beberapa kali mengubah slogan-slogannya, antara lain adalah :
The Best Car In The World
Trusted To Deliver Excellence
Design Without Compromise
At sixty miles an hour the loudest noise in the new Rolls-Royce comes from the electric clock ( David Ogilvy )
Slogan dari Rolls Royce merupakan sebuah slogan yang kuat, cerdas dan menarik. Dengan didukung dengan kwalitas mobil yang klasik, lux dan eksklusif. Rolls Royce yang sudah dikenal sejak 100 tahun yang lalu, saat ini menjadi salah satu mobil yang terkenal dunia karena fakta sejarah telah membuktikannya. Demikianlah Rolls Royce dapat mencapai keberhasilannya dalam kompetisi dunia otomotif.
Pop Culture
Rolls Royce sering dipakai sebagai satu simbol dari kelompok high class, tepatnya milioner.
– Di tahun 1931 artis terkenal Charlie Chaplin dalam filmnya City Lights terlihat mengemudi mobil Rolls Royce.
– Jay-Z seorang pop-superstar pada tahun 1959 memberikan hadiah Rolls Royce seharga $1 milion kepada kekasihnya, Beyonce di ulang tahunnya ke 25
– Sebuah group musik Scorpion menuliskan lirik lagunya, ‘Show me the white Rolls Royce in the rain”
– John Lennon membeli Phantom V berwarna hitam mengkilat pada tahun 1965, karena bosan maka dia merubah cat mobilnya dengan lukisan-lukisan
Diantara mobil paling eksklusif di dunia, yaitu Ferari dalam performancenya dan Rolls Royce merupakan mobil terekslusif dalam kenyamanannya ( comfort ), maka tipe Panthom merupakan the top luxury automotive. Demikianlah Rolls Royce merupakan simbol martabat dari kerajaan Inggris ( British dignity )
Symbolic Values
Rolls Royce merupakan satu symbol dari status seseorang. The Spirit Of Ecstassy merupakan iconic symbol dari Rolls-Royce Motor Cars yang diciptakan oleh Charles Robinson Sykes, melambangkan satu spirit sensasi dalam mengendarai Rolls Royce. Demikianlah Rolls Royce sejak tahun 1911 merupakan satu mobil yang paling menarik dan terkenal sebagai maskot dari motorcar di dunia ini.
Target Market
Target dari Rolls Royce adalah menarik pelanggan pilihannya yang menyukai satu lifestyle dan ada di level tertentu. John Del Tatto, a sales professional dari Manhattan Motorcars mengatakan bahwa pembeli dari Rolls Royce ada dalam dua kelompok yaitu kelompok Old Money dan New Money. Dimana kelompok Old Money, mereka membeli Rolls Royce untuk diwariskan kepada generasi dibawahnya. Dan kelompok New Money, membeli Rolls Royce sebagai satu gaya, penampilan, symbol ataupun pengakuan.
Strategi Pemasaran Roll Royce
Sebagian besar produsen mobil memproduksi mobil untuk berbagai segmen pelanggan dan membuat strategi pemasaran mereka. Sementara Rolls Royce menggunakan strategi pemasarannya sendiri dalam mempromosikan merek yang berkaliber Internasional ini. Rolls Royce tidak membidik a mass market tetapi Rolls Royce membidik pelanggan tertentu. Seperti yang baru-baru ini terungkap dalam Los Angeles Times, bahwa Rolls Royce hanya metargetkan pelanggan potensial yang memiliki aset likuid lebih dari $ 30 juta. Dan Rolls Royce tidak memproduksi mobil dalam jumlah yang banyak tetapi limited edition. Sehingga strategi marketing dari Rolls Royce adalah sangat berbeda dari produsen otomotif lainnya yang memasarkan produknya secara masal. Seperti produksi model Phantom , hanya diproduksi dengan jumlah kurang lebih 800 buah setiap tahunnya, dengan harga mulai dari $350.000.
Untuk mendapatkan pelanggan dan untuk menjaga pelanggannya, maka Rolls Royce menggunakan serangkaian pendekatan pemasaran yang unik ( unique marketing approaches ). Kunci keberhasilan dari Rolls Royce adalah memiliki satu relationship dengan pelanggannya dan menjaga pelanggannya tetap loyal
Salah satu strategi pemasarannya adalah pelanggan potensial diundang untuk makan malam di tempat yang mewah / exclusive dinner. Customers menerima sebuah surat yang mengejutkan, seperti surat pribadi dari CEO Rolls Royce yang mengundang mereka makan di suatu tempat yang mewah . Segala sesuatu dilakukan oleh perusahaan Rolls Royce untuk membuat pelanggan merasa bahwa mereka Istimewa, dengan harapan bahwa pelanggan akan membeli salah satu mobil Rolls Royce pada waktu yang tepat.
Di Amerika Serikat hampir sepertiga dari pembeli Rolls Royce berasal dari pelanggan tetap. Mereka adalah customer yang loyal. Itulah strategi pemasaran dari satu produk otomotif yang terkenal didunia yang merupakan satu perusahaan yang memproduksi otomotif klasik dan eksklusif, yang dikenal sebagai mobil tereksklusif di dunia dalam kenyamanannya dan merupakan simbol martabat dari kerajaan Inggris.
(Debbie Kusuma/AA/TML)