Christmas Sales Strategy

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Memasuki bulan Desember maka didalam pikiran kita ada 2 event special menjelang yaitu Christmas dan New Year.  Setiap event dalam setahun dapat dipergunakan oleh sebuah perusahaan untuk meraih  keuntungan, termasuk  event natal dan tahun baru merupakan satu kesempatan istimewa bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka

Strategi marketing untuk menjual sebuah produk di Christmas Season adalah selain meraih pelanggan lokal maka juga untuk meraih turis dari berbagai negara.  Sebab pada waktu Christmas atau Holiday Season akan banyak turis yang pergi melancong ke berbagai negara untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Berikut adalah Christmas Sales strategy :

1. Establish and emphasize your unique selling proposition and keep it simple

Tentukan apa yang membuat Anda unik dan buatlah  pesan yang menarik dalam seluruh kampanye saat Christmas Season ini, entah itu sepotong direct-mail, iklan TV, atau search engine, dll. Tekankankan  point  ini dalam semua usaha pemasaran Anda

Pikirkankanlah  tentang apa yang membuat produk Anda berbeda dari kompetitor Anda. Apakah Anda telah melayani masyarakat selama beberapa puluh  tahun terakhir? Apakah Anda menawarkan service atau delivery gratis? Untuk membantu konsumen mengidentifikasi dan mengingat Anda lebih mudah, maka  pesan penjualan unik Anda harus menginformasikan semua campaign yang  Anda lakukan dalam Christmas Season ini.
Selain itu juga tonjolkan kegunaan dari produk anda khususnya untuk acara Christmas dan tahun baru.

2.  Surround your target consumer with your message
 
Ditengah-tengah kompetisi yang sangat ketat pada saat ini, maka kebanyakan  perusahaan-perusahaan menggunakan media internet, telivisi, dll untuk mempromosikan produknya. Dan konsumen sendiri banyak menggunakan internet untuk mencari informasi suatu produk yang mereka  inginkan.
Karena itu Anda dapat menyampaikan  pesan Anda melalui multi-platform kampanye selain juga  menggunakan kombinasi media seperti radio, online, dan TV.

Pertimbangkanlah aktivitas sehari-hari seorang pelanggan: dari  bangun pagi, membaca koran pagi, dan melihat tayangan  di berita TV lokal. Dalam mobilnya, ia mendengarkan radio pagi  dan di sepanjang jalan akan melewati iklan-iklan billboard. Di tempat kerja, ia akan  on line  dan mengunjungi situs-situs favoritnya untuk mendapatkan informasi. Saat pulang kembali ke rumah, mendengarkan lagi radio dan melewati billboard lagi.  Di rumah, ia menghabiskan lebih banyak waktu dengan  TV  dan juga  kembali online. Dengan pemikirkan tentang rutinitas target konsumen Anda, maka Anda dapat  mengembangkan rencana dan strategi yang tepat dan membuat satu pesan yang tepat dan sampai pada sasaran.

3. Giving special rewards for your precious customers

Christmas and new years eve identik dengan hadiah,berbagi ceria dan harapan baru. Customer banyak menghabiskan uangnya utk belanja bingkisan / hadiah bagi keluarga atau kolega dan mitra bisnis mereka. Sudah selayaknya customerpun diberikan program direct reward / grand prize menarik yang akan menyemarakkan antusias belanja mereka dan juga sebagai alat promosi yang menarik.

4. Don’t Delay

Waktu akan terus berputar dan Christmas atau Holiday Season sudah didepan mata Anda. Buatlah satu rencana dan strategi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal pada Holiday Season ini.  Buatlah  kampanye melalui media (TV dan / atau radio) selama bulan November dan Desember. Harus dilakukan sebelum tanggal  25 Desember yang sudah  semakin mendekat.

Di hari natal atau tahun baru orang akan banyak memberikan bingkisan-bingkisan kepada keluarga, relasi atau kerabat mereka.  Dan mereka akan membelinya pada hari-hari menjelang natal ataupun tahun baru.  Jadi penting untuk memulai kampanye dan promosi pada bulan November akhir  ataupun awal Desember. Anda dapat mempergunakan media  TV dan radio, dimana  kedua media ini merupakan cara  terkuat untuk mempengaruhi  konsumen. Tidak ada salahnya juga menggunakan strategi harga yang menarik untuk Chrismast Season ini.

5.  On Line Promotion

Iklan online merupakan satu  cara lain yang sangat efektif dan hemat biaya pemasaran dalam  mempromosikan bisnis Anda. Pilihan online termasuk pemasaran melalui search engine, video online, dll. Strategi  lainnya Anda dapat melakukan   direct mail dan e-mail newsletter. Selain itu,  Anda dapat terlibat dalam satu Acara, seperti diskusi para ahli, dll  untuk mempromosikan produk Anda.  Hal tersebut  lebih ke arah menjaga reputasi Anda di masyarakat.  Mixing up akan mengekspos Anda kepada  pemirsa baru dan menjaga pemasaran Anda tetap berjalan baik. Perlu diperhatikan agar tampilan online promotion agar bersahabat dan hangat, perhatikan bahwa “alamat” media online cukup terlihat dan saat customer membuka media rancanglah media sedemikian rupa sehingga “user friendly”

6. Measure and track your campaigns

Tentukan tujuan untuk  setiap campaign Anda dan tetapkan cara untuk mengukur efektivitasnya.  Ketika pelanggan baru mencari produk  Anda, dan bertanya mengenai produk  Anda, gunakan teknologi untuk  mengukur keberhasilan kampanye Anda. Buat nomor telepon khusus untuk digunakan dalam iklan online dan off-line untuk membantu melacak di mana konsumen melihat jumlah itu, apakah itu di radio, online, di TV, atau di koran. Audio dari panggilan dapat direkam, dan laporan dari berapa banyak panggilan dan dari mana mereka berasal  dapat didokumentasikan sebagai bagian dari kampanye Anda. Dengan iklan online, bila seseorang mengklik iklan Anda di search engine seperti Google, MSN, atau Yahoo!, informasi  dapat  didokumentasikan, sehingga Anda dapat melihat manakah  search engine yang memiliki  kinerja terbaik  bagi Anda dan berapa banyak Anda membayar untuk setiap lead yang dihasilkan.

Demikianlah dengan memperhatikan tip-tip diatas maka Anda akan memperoleh penjualan yang sukses pada  Holiday / Christmas Season ini.

 

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x