(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam melakukan suatu usaha,kita harus terlebih dahulu mengetahui secara jelas keunggulan apa yang kita miliki dibanding yang lain. Misalnya kita sama-sama membuka warung soto. Pertanyaannya adalah, mengapa seseorang harus membeli soto di restoran kita? Mengapa tidak di tempat yang lain?
Kuncinya, kita harus mempunyai keunggulan. Jika kita sudah tidak mempunyai keunggulan dan sama dengan yang lain,kita disebut bergerak dalam bidang usaha komoditas. Kalau kita bergerak dalam bidang komoditas, sulit bagi kita memperoleh keuntungan lebih besar. Sebab, margin yang kita peroleh sangat tipis.
Saran saya, supaya Anda tetap mempunyai keunggulan dibanding dengan yang lain, ada dua hal yang bisa dilakukan,yaitu :
1.Diubah
2.Ditambah
Misalnya kita berjualan soto.Jika kita sudah bisa merasa bahwa semua soto itu sama dengan yang lain, maka yang kita pikirkan pertama kali yaitu,apa ultimate advantage restoran soto kita dibanding yang lainnya?
Kita bisa mengatakan yang kita jual merupakan soto dengan potongan daging lebih besar, dipotong miring dengan irisan terlihat bagus,dan menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan.Ditambah lagi dagingnya terasa empuk dan penuh bumbu. Karena itu, bisa dipasang sebuah spanduk besar di depan restoran yang berbunyi, “Soto kami menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan,putih, dan mulus.Dijamin enak dan lezat!”.
Saya yakin akan banyak orang tertarik dengan promosi seperti itu karena kita mampu memberikan suatu ultimate advantage dibanding restoran soto lainnya. Kalau kita memang benar-benar mampu memberikan jaminan rasa dan kualitas tinggi, tentu saja kemungkinan jumlah pengunjung yang akan membeli soto juga lebih banyak. Selain itu, kita juga bisa mulai mengubah besar kecilnya menu yang ditawarkan. Mungkin juga mengubah variasi menunya,dan masih banyak lagi. Pada intinya harus mulai bisa mengubah dan atau menambah. Harus selalu mencari Ultimate Advantage produk atau jasa yang kita tawarkan. Harus memiliki keunggulan dibanding produk lainnya. Kedua, cara pelayanan saya me-nyenangkan dan membuat orang semangat.
(Rilse Tampubolon/AA/TML)