(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dalam jurnal Harvard Business Review berjudul ‘What is Strategy’ yang ditulis oleh Michael E.Porter, dikatakan bahwa “The essence of strategy is choosing to perform activities differently than rivals do.” Jadi intisari dari strategi adalah memilih hal yang berbeda dari pesaing. Dengan kata lain, kita harus berani untuk memilih tampil beda dengan yang lainnya jika kita mau penjualan produk atau jasa kita berhasil dan mendapatkan profit yang tinggi.
Kadangkala kita memang “latah” untuk mengikuti perkembangan yang ada. Misalnya, sedang tren jualan produk A, maka yang lainnya bertubi-tubi membuat produk A juga karena merasa kalau jualan produk A pasti laku. Beberapa bulan lagi muncul produk D, yang lainnya juga langsung ngikut aja jualan produk sejenis D karena merasa jualan produk D pasti laku.
Sebenarnya tidak salah kalau kita menjual produk yang sejenis dengan yang lainnya, namun jika kita berpikir, trend itu kan tidak selamanya bertahan, dan jikalau trend nya saat itu sudah mau habis, nah bagaimana? Apakah kita otomatis mengikuti yang lain dan “langsung pindah” saja tanpa memikirkan kita bisa saja kan rugi kalau trend nya cepat berlalu?
Nah, sebenarnya dalam menyusun strategi agar produk kita menghasilkan profit dengan lebih konsisten, strategi diferensiasi memang merupakan salah satu kuncinya. Dengan kita melakukan differensiasi, produk atau jasa yang kita hasilkan sebenarnya akan lebih dicari orang, karena kita memiliki daya jual yang berbeda dan hal tersebut pastilah disenangi oleh konsumen.
Kita ambil contoh air minum Oxy, dia sebenarnya bukan merupakan market leader dari air minum. Namun, dia memang tetap dicari orang, karena air minum tersebut semua orang tahu memiliki hal yang berbeda dengan yang lainnya. Begitu pula dengan produk atau jasa yang kita hasilkan, bisa jadi saja kita memiliki produk atau jasa yang mirip, namun ada hal yang harus kita perhatikan, yaitu harus adanya keunikan dan juga diferensiasi. Karena tanpa adanya kedua hal tersebut, maka produk kita akan sama saja dengan lainnya.
Differensiasi dan keunikan, adalah dua hal yang tidak boleh dilupakan di dalam meningkatkan profit di dalam penjualan produk dan jasa, karena hal tersebut akan memperpanjang umur produk, dan juga akan membuat produk atau jasa kita lebih mudah diingat konsumen, dan tentu saja, sudah pasti akan meningkatkan penjualan dan juga profit bagi Anda.
Happy selling !
(Fanya Jodie/AA/TML)