(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Nike pada 21 Oktober lalu menyelenggarakan Maraton Wanita tahunan ke-4, dan ini bukanlah marathon biasa. Maraton ini memotivasi para wanita untuk menjadi yang terbaik dalam ajang lari dengan tubuh, jiwa dan pikiran yang sehat.
Surprise & Delight
Strategi Surprise & Delight merupakan cara yang paling efektif dalam menciptakan word-of-mouth yang positif, yang merupakan multiplier pemasaran Anda yang terkuat. Nike menciptakan strategi dimana para peserta bisa saling berhubungan satu sama lain dan bersosialisasi.
Nike bermaksud menyenangkan para pelarinya, antara lain peserta diundang ke Ladies Night happy hour yang menyediakan minuman, makanan pembuka, hingga kesempatan untuk memenangkan anting ebrlian dari Tiffany & Co. Lalu pada Nike Expotique, para pelari dapat memperoleh pijat dan manikur gratis, konsultasi fitness, semnar pelatihan dan nutrisi, hingga stylist rambut serta make up. Bahkan pada garis finis, tiap pelari memperoleh kalung dari Tiffany, yang merupakan penghargaan bagi wanita yang berusaha keras mencapai garis finis.
Komunitas Online
Nike dalam event marathon kali ini mengembangkan empati dan komunitas, dimana selain mengadakan lomba di San Francisco, mereka juga mengadakan Nike+ Women’s Half Marathon dimana wanita di seluruh bagian negara bisa berlari sepanjang 13.1 mil pada 21 Oktober sesuai pilihannya, kemudian memasukkan hasilnya pada situs Nike di akhir hari. Dengan menyelesaikan setengah marathon, maka peserta akan mendapatkan trofi virtual bahkan kaus dari Nike!
Nike juga menjalankan forum bagi para wanita dimana mereka berbagi tips latihan berlari, saling memberi semangat, berbagi rute favorit, dan lainnya.
Corporate Halo
Prinsip ‘corporate halo’ yang dijalankan oleh Nike menunjukkan komitmen mereka terhadap komunitas. Ini adalah salah satu strategi pemasaran terkuat untuk wanita. Misalnya, pada event ini, Nike Women’s Marathon mendulang dana sebesar lebih dari $40 juta untuk Leukemia & Lymphoma Society.
Kisah dan Emosi di Dalamnya
Ratusan kisah-kisah mengenai para pelari dimuat di situs Nike dan isinya merupakan alasan-alasan mereka berlari. Ada yang berlari untuk mengurangi berat badan, bersosialisasi, mengenang memori dengan orang tercinta, yang semuanya mengandung emosi, mulai lucu, serius, hingga menginspirasi.
Intinya, Nike Marathon meninggalkan pengalaman yang bagus bagi para wanita, tidak hanya menjaga tubuh, pikiran dan jiwa, melainkan juga pengalaman bersosialisasi dengan para pelari lainnya.
(Rinella Putri/AA/TML)