(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seandainya Anda menghadapi situasi ini : Anda baru selesai mempresentasikan produk ke calon customer , Anda sudah menyiapkannya begitu sempurna dan dari response calon customer Anda itu terlihat mereka sangat tertarik dengan Anda. Beberapa hari kemudian , Anda belum mendapatkan response dari calon customer, mereka tidak menjawab email dan sepertinya tidak ada waktu menjawab telephone Anda. Kemudian Anda mendapatkan fakta bahwa mereka memilih pesaing Anda, padahal Anda sangat yakin bahwa Anda adalah pilihan yang paling tepat buat calon customer Anda.
Pertanyaannya , apakah yang Anda akan lakukan selanjutnya ? Bagaimana Anda menanggapi penolakan ini ?
Tidak peduli berapa lama pengalaman Anda menjadi marketing atau seahli apapun Anda dalam bermarketing, pasti Anda pernah ditolak oleh calon customer Anda. Kalau Anda belum mengalami penolakan , sebenarnya Anda belum dikatakan menjual sesuatu atau menjadi seorang Marketing.
Sangat manusiawi apabila kita lebih suka diterima daripada ditolak. Ketika kita ditolak pastilah timbul perasaan kecewa, sedih dan mungkin merasa sakit hati. Apalagi kalau kita sudah memberikan effort yang sangat besar, ketika kita ditolak maka rasa sakitnya juga semakin besar. Dalam hal ini penting sekali untuk menyikapi penolakan ini secara professional dan tentu saja ini pun akan mempengaruhi mental Anda sebagai seorang marketing.
Response yang negative yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghubungi calon customer Anda dan mengatakan hal-hal berikut : “ Betapa ruginya jika Anda tidak membeli produk kami , Anda telah kehilangan kesempatan emas dengan tidak bekerjasama dengan kami.” Hal-hal yang negative ini akan menyisakan kesan yang negative untuk Anda sendiri dan menutup kemungkinan2 yang baik yang dapat terjadi pada masa mendatang.
Response positif yang seharusnya dapat Anda lakukan ketika ditolak adalah dengan bijaksana dan professional Anda dapat mengatakan ,” Saya ikut senang kalau Anda telah menemukan partner kerja yang terbaik, jikalau ada kesempatan berikut dengan senang hati kami akan mencoba lagi dan memperbaiki kekurangan kami.” Anda dapat menanyakan saran dari calon customer Anda untuk dapat memperbaiki performance Anda di masa mendatang.
Melihat kerendahan hati dan sikap Anda yang mau menerima saran dari mereka, ini dapat membukakan kesempatan lagi di masa mendatang. Mungkin Anda tidak berhasil pada kesempatan kali ini, tetapi masih ada kesempatan berikut dimana Anda masih dapat memenangkannya. Tidak mustahil calon customer Anda akan memberikan kesempatan berikut kepada Anda ketika mereka melihat sikap Anda yang positif dan kegigihan Anda menghadapi penolakan.
Jadi, always be positif … sekalipun untuk menanggapi sebuah penolakan .. Good luck !!
(Indriani Vera/AA/TML)

