Kesepakatan Dagang AS dan Jepang Belum Bisa Terbentuk

Kepada pers Akira Amari, Menteri Perekonomian Jepang, mengatakan bahwa kedua negara yaitu Jepang dan AS belum berhasil memperoleh kesepakatan  perdagangan bebas atau perjanjian dagang yang lebih luas diantara keduanya. Masih ada ganjalan dalam akses  pasar kendaraan dan produk pertanian.

Dalam hal ini Amari dan Michael Froman, wakil dagang AS bertugas menyelesaikan masalah perdagangan bebas ini. Obama berinsiatif untuk melakukan perdagangan bebas dengan melibatkan 12 negara, dimana perjanjian ini merupakan poros ekonomi yang utama.

Dalam sebuah pernyataan, kedua negara menyatakan “telah mengidentifikasi kemungkinan ke depan atas masalah-masalah bilateral penting TPP” yang akan “menyuntikkan momentum segar bagi pembicaraan lebih luas.” Implikasi yang diperoleh dari pernyataan ini adalah  “masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyimpulkan TPP.”

Setelah kunjungan Obama ke Tokyo mak d meneruskan lawatan Asia ke tiga negara lain seperti Korea Selatan, Malaysia, dan Filipina.

Froman dan Amari berbicara empat mata selama lebih dari 40 jam dalam tiga pekan terakhir baik di Tokyo maupun Washington. Perundingan lebih terkait dengan permasalahan utama yang terjadi dalam perekonomian negara di tengah ancaman kebangkitan China.

Namun, sebaliknya kegagalan memperoleh kesepakatan ini juga menunjukkan perpecahan yang ada antara kedua sekiutu. Dibandingkan mereka fokus pada ikatan bilateral mereka.

AS berharap dapat meraih kesepakatan TPP tahun lalu. Inisiatif yang banyak disebut sebagai model aturan dagang dan investasi abad ke-21 ini memiliki tujuan memotong tarif di antara ke-12 negara yang menyumbang 40% pada perekonomian global dan 30% pada perdagangan.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri
Image: Antara