Percakapan Rasa Antar Dua Negara: Indonesian – Korean Art Exchange Exhibition

(Business Lounge Journal – Event) Para seniman Indonesia dan Korea sedang memamerkan hasil karya seninya bersama-sama di Indonesian – Korean Art Exchange Exhibition dengan tema Percakapan Rasa Antar Dua Negara. Bertempat di Yun Artified Community Art Center, pameran ini diselenggarakan berdasarkan kerja sama Yun Artified Community Art center bersama dengan 21st Century International Korean Art Association, pameran ini diselenggarakan mulai tanggal 9  – 22 Juli 2023, di Yun Artified Community Art Center, Komplek Katamaran Permai 3 no. 35 Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Hadir dalam pembukaan yang diselenggarakan pada 8 Juli 2023: Jakajang selaku President 21st Century International Korean Art Association dan Yince Djuwija yang merupakan founder dan pemilik Yun Artified Community Art Center. Nampak hadir pula Santo Darmosumarto, Direktur Asia Timur, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kim Yong Woon (Direktur KCCI/ Korean Cultural Center Indonesia).

Dalam keterangannya, Yince Djuwija menyampaikan bahwa pameran kali ini terbilang spesial karena menampilkan karya seni para perupa senior Indonesia. Yun Artified memang memiliki visi untuk terus membawa dan mempromosikan seniman Indonesia di dunia seni Internasional. Kali ini, Yun Artified memilih Korea Selatan sebagai mitra kerjasama dengan menampilkan karya- karya modern art dari para perupa dua negara.

Beberapa seniman yang ikut serta dalam pameran kali ini adalah: Chusin Setiadikara, Edi Sunaryo, Erizal AS, Indyra, Ivan Sagita, Jemana Murti, Nasirun, Mangu Putra, Putu Sutawijaya, dan Sunaryo. Sedangkan dari Korea Utara, ikut serta dalam pameran ini: Jakajang (President 21st Century International Art-Association), Lee Sang-Yong (Advisor, Korean Art Association, Kim Jong-Soo (Representative, Korea Painting Festival), Lee Byeong-Guk (Executive Vice President, Korean Art Association, Kim Soon-Ok (Director, Korea Institute of the Arts, Kim Jong-Iy (Director, Korea Painting Festival).

Menariknya lagi, pameran ini tidak hanya sekedar memamerkan karya seni, namun para seniman akan melukis bersama di kawasan Mangrove PIK, Jakarta. Melalui melukis bersama, para peserta seniman akan menyajikan proses kreatif masing-masing melalui latar belakang budaya untuk membentuk sebuah karya seni.