(Business Lounge Journal – Global News) Remaja sekarang berpikir bahwa Facebook tidak keren, namun demikian mereka masih tetap menggunakannya. Demikianlah para remaja Amerika yang juga berpikir bahwa Facebook telah kehilangan faktor kerennya, tetapi tetap dimanfaatkan dengan intensitas yang cukup tinggi.
Sebuah survei yang dirilis oleh Forrester Research mengatakan bahwa 78 persen remaja AS masih menggunakan Facebook dan angka ini tidak berubah dari tahun lalu. Angka ini lebih dari media sosial yang lain keculai layanan video-sharing YouTube, yang digunakan oleh 80 persen remaja.
Namun demikian mereka tetap mengatakan bahwa Facebook tidak keren. Forrester mendapatkan bahwa 65 persen pengguna online berusia 12 sampai 17 mengatakan Facebook keren, jauh lebih kecil dari layanan seperti YouTube (80 persen), snapchat (79 persen), dan Instagram (78 persen).
“Tentu, orang-orang muda tidak berpikir Facebook itu keren tetapi itu tidak berarti mereka sudah berhenti menggunakannya,” demikian dikatakan laporan itu. Analis Forrester mengatakan bahwa Facebook “menghasilkan penggunaan lebih tinggi dari situs sosial lainnya”. Ditambahkan juga bahwa sepertiga dari remaja pengguna Facebook mengatakan bahwa mereka mengakses situs tersebut “sepanjang waktu,” jauh lebih banyak daripada situs sosial lainnya.
“Facebook adalah cara utama bagi kaum muda untuk tetap berhubungan dengan teman-teman,” demikian dituliskan.
Laporan itu mengatakan lebih dari miliaran pengguna jaringan sosial dapat menjadi alat yang penting bagi pemasar yang ingin terhubung dengan kaum muda, tetapi mereka perlu mengatur arah pendekatan mereka dengan alat-alat seperti “social relationship marketing” untuk membangun brand awareness dan loyalitas.
Perusahaan riset itu melakukan survei atas 4.485 remaja usia 12 sampai 17 April 2015. Margin of error diperkirakan 1,5 poin persentase.
nancy/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal

