(Business Lounge – Business Insight) – Daniel Zhang, CEO baru Alibaba menyatakan bahwa tahun ini Alibaba Group Holding Ltd akan utamakan ekspansi international. Merekka akan prioritaskan penjualan serta rekrutmen lintas negara. Perusahaan “mutlak mesti mengglobalkan diri, dan mesti sukses”, demikian disampaikan oleh Zhang.
Dalam situs resmi Alibaba minggu kemarin Zhang yang baru saja dilantik minggu lalu mengatakan bahwa mereka akan mengorganisir sebuah tim global dan menerapkan pemikiran global untuk mengelola bisnis. Mereka juga akan mencapai target berupa ‘pembelian global dan penjualan global.
Upaya untuk melalukan ekspansi global ini akan melibatkan AliExpress dan Tmall Global. AliExpress merupakan platform penjualan yang akan membantu produk-produk Tiongkok menjangkau konsumen secara global. Sedangkan Tmall Global adalah platform yang membantu merek-merek global menjangkau konsumen Tiongkok.
Zhang juga berencana perusahaan meningkatkan rekrutmen internasional. Zhang menyampaikan bahwa perusahaan akan mempunyai karyawan dari seluruh dunia. Sebagai perusahaan yang akan mengembangkan secara internasional maka mereka akan manfaatkan waktu dalam memahami kebiasaan mereka, perbedaan budaya, maupun juga pola pikirnya.
Selama ini Alibaba yang mampu bertumbuh menjadi platform e-commerce terbesar dunia dan mereka lebih fokus ke pasar Tiongkok. Belum banyak langkah yang dilakukan dalam mereka memasuki pasar internasional. Seperti pada minggu lalu Alibaba membeli 9% saham peritel online Zulily Inc.
Zhang juga tegaskan Alibaba untuk fokuskan perhatian kepada kebiasaan konsumen Tiongkok yang sekarang beralih ke peranti bergerak. Selain itu juga Alibaba memiliki layanan baru seperti bisnis cloud computing. Bisnis lain yang difokuskan Zhang adalah Alimama, platform teknologi e-marketing. Platform teknologi yang menjual jasa periklanan kepada vendor di toko-toko online Taobao dan Tmall.
Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri

