Harga Tinggi-Rendah: Definisi, Keuntungan, Contoh (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Finance & Tax) Harga tinggi-rendah adalah strategi penjualan umum yang digunakan banyak perusahaan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan pendapatan. Strategi ini menggunakan promosi rutin dan potongan harga sementara untuk mendorong penjualan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan. Jika Anda bekerja di bidang penjualan, manajemen, atau akuntansi, mempelajari lebih lanjut tentang harga tinggi-rendah dan manfaatnya mungkin bermanfaat.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan harga tinggi-rendah, menjelaskan kapan sebaiknya digunakan, mencantumkan beberapa keuntungan dan kerugian dari harga tinggi-rendah, dan memberikan contoh.

Apa itu harga tinggi-rendah?

Harga tinggi-rendah adalah strategi penetapan harga yang menetapkan harga tinggi untuk banyak produk dan harga rendah untuk beberapa produk yang dijual perusahaan. Harga tinggi-rendah dapat membantu bisnis meningkatkan pendapatan mereka dengan menarik pelanggan melalui iklan barang-barang berharga rendah dan terus menjual barang-barang berharga tinggi di tempat yang sama.

Meskipun beberapa produk dengan harga lebih mahal mungkin tetap berharga tinggi seiring waktu, perusahaan dapat menyesuaikan penggunaan harga rendah mereka dengan mengubah produk mana yang mereka beri harga rendah. Perusahaan dapat mencapai hal ini dengan menggunakan promosi dan kupon untuk menurunkan harga barang tertentu selama periode tertentu yang kemudian dapat diterapkan pada produk lain di kemudian hari.

Kapan sebaiknya Anda menggunakan harga tinggi-rendah?

Berikut beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan perusahaan menggunakan harga tinggi-rendah:

Kelebihan persediaan: Perusahaan mungkin menggunakan harga tinggi-rendah jika mereka memiliki banyak persediaan yang ingin dijual. Hal ini karena mereka memiliki banyak pilihan produk yang dapat mereka turunkan harganya dan memungkinkan mereka untuk merotasi barang diskon mereka lebih sering.

Produk musiman: Perusahaan juga dapat menggunakan harga tinggi-rendah untuk produk musiman, seperti barang khusus liburan atau produk yang hanya dapat digunakan pelanggan untuk periode tertentu dalam setahun. Menurunkan harga setelah musim berakhir dapat membantu perusahaan mengosongkan persediaan mereka dan menjual lebih banyak produk khusus ini.

Produk yang mudah rusak: Bisnis yang menjual produk dengan tanggal kedaluwarsa juga dapat diuntungkan dari harga tinggi-rendah, karena mereka dapat mendasarkan diskon dan promosi mereka pada produk yang perlu mereka jual dengan cepat.

Keuntungan Harga Tinggi-Rendah

Berikut beberapa keuntungan dari harga tinggi-rendah:

Meningkatkan Profitabilitas

Salah satu keuntungan dari harga tinggi-rendah adalah dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan. Hal ini terjadi ketika pelanggan yang diberi kesempatan untuk membeli produk dengan harga lebih rendah juga membeli barang dengan harga normal saat berbelanja. Terutama dalam bisnis ritel yang selalu menyediakan stok barang di lantai penjualan mereka, pelanggan mungkin mengunjungi bisnis dengan niat membeli barang yang mereka lihat sedang dijual dengan diskon dan akhirnya melakukan pembelian tambahan setelah melihat-lihat toko.

Strategi Pemasaran Terintegrasi

Karena perusahaan yang menggunakan harga tinggi-rendah perlu secara konsisten mengiklankan produk yang mereka rencanakan untuk dijual dengan harga diskon, keuntungan memiliki strategi pemasaran yang mapan menyertai penggunaan model penetapan harga. Hal ini dihasilkan dari perubahan konstan produk mana yang harganya diturunkan oleh perusahaan, karena mereka dapat menggunakan kembali strategi pemasaran dari satu putaran promosi atau kupon untuk putaran produk diskon berikutnya. Memiliki strategi pemasaran yang siap pakai dapat menghemat waktu dan uang perusahaan yang mungkin mereka perlukan untuk mengembangkannya.

Memperluas basis pelanggan

Keuntungan lain dari penetapan harga tinggi-rendah adalah potensinya untuk menarik pelanggan baru ke suatu bisnis. Hal ini karena perusahaan yang menerapkan penetapan harga tinggi-rendah biasanya menawarkan promosi atau kupon yang mereka iklankan kepada publik, yang dapat mendorong pelanggan untuk mengunjungi suatu bisnis meskipun mereka belum pernah melakukannya sebelumnya. Perusahaan yang secara efektif menerapkan penetapan harga tinggi-rendah juga memiliki peluang lebih besar untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada yang dapat kembali untuk mengulangi pembelian rutin mereka dan mencari produk diskon baru saat perusahaan merilisnya.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)