(Businesslounge Journal-Operation Management) Berikut ini Adalah kelanjutan dari tujuh operasi dasar dalam bisnis yang dapat membuatnya sukses:
- Dapatkan Pelanggan
Bisnis menghasilkan keuntungan dengan mendapatkan pelanggan melalui kampanye promosi yang menggunakan iklan dan strategi pemasaran. Anda mungkin mencoba untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, tetapi pertama-tama, mungkin Anda memiliki gambaran kasar tentang berapa banyak orang yang ada di segmen pasar Anda. Upaya Anda mungkin berbeda jika jumlahnya mencapai jutaan atau hanya ribuan.
Selain itu, sebelum Anda memasuki pasar, target pelanggan Anda membeli produk dan layanan serupa dari perusahaan lain. Cobalah pertimbangkan apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik dalam bisnis Anda untuk mendapatkan pelanggan tersebut. Melakukan sesuatu yang berbeda atau lebih baik daripada perusahaan lain mungkin cukup untuk meyakinkan pelanggan mengambil risiko dan meninggalkan pesaing untuk mendukung Anda. Di sinilah riset pasar Anda dapat membantu Anda memiliki penawaran unik untuk target pelanggan Anda.
- Kelola biaya
Di sinilah manajer keuangan dapat membantu Anda membuat anggaran dan memperkirakan keuntungan. Jika Anda tidak memiliki manajer keuangan, cobalah untuk mematuhi anggaran Anda sehingga Anda dapat memperkirakan dan melacak pengeluaran serta memantau tingkat pendapatan dengan cermat. Pertimbangkan untuk memantau tren pendapatan sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang kapan usaha Anda akan berkembang.
- Raih keuntungan
Bagian paling menarik dari bisnis apa pun adalah menghasilkan keuntungan, yang dapat terjadi hampir seketika jika Anda tidak memiliki biaya atau biaya overhead. Jika Anda memiliki bisnis berbasis layanan dan biaya overhead Anda sangat rendah, buku besar Anda dapat mulai menunjukkan margin keuntungan dalam beberapa bulan. Hal ini bergantung pada seberapa cepat Anda terhubung dengan target pelanggan dan dapat memberikan layanan kepada mereka.
Misalnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cepat jika biaya operasional Anda sangat rendah sehingga Anda hanya perlu membayar nama domain dan hosting web. Mengetahui pelanggan offline yang mencari layanan Anda dapat membantu Anda membangun bisnis lebih mudah, sekaligus melakukan pemasaran dan analitik media sosial. Sebaliknya, jika Anda memiliki produk, produk tersebut mungkin memiliki masa simpan sehingga Anda mungkin akan bekerja keras untuk menjualnya sebelum kedaluwarsa. Ini berarti Anda dapat menggunakan tim, yang akan menambah biaya operasional Anda. Dalam skenario ini, bisnis Anda akan menghasilkan keuntungan dalam dua atau tiga tahun.
Mengukur kinerja menggunakan operasi dalam bisnis
Untuk sukses dalam lingkungan yang kompetitif, perusahaan mengukur kinerja mereka secara andal dan efisien untuk mencapai tujuan mereka. Anda dapat mengevaluasi kemajuan bisnis Anda secara berkala dan merencanakan strategi masa depan. Operasi dalam bisnis dapat membantu Anda mengukur kinerja dengan mempertimbangkan hal-hal seperti kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Memastikan kualitas menggunakan operasi dalam bisnis
Manajemen kualitas adalah proses yang memastikan produk atau layanan memiliki kualitas setinggi mungkin. Kualitas mencakup penerapan langkah-langkah untuk menghindari pemborosan dan menghilangkan kesalahan yang dapat membahayakan kualitas. Rencana manajemen mutu adalah panduan langkah demi langkah untuk mencapai dan mempertahankan kualitas.