(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Pemasaran dan periklanan adalah proses yang dilalui oleh bisnis, organisasi, dan merek ketika mencoba untuk berhasil berbagi dan mempromosikan produk atau layanan kepada audiens target. Anda mungkin menganggap pemasaran dan periklanan berada dalam kategori yang sama, tetapi keduanya berbeda secara signifikan. Pemasaran dan periklanan keduanya bekerja untuk tujuan yang berbeda, namun keduanya berkontribusi untuk meningkatkan kesuksesan bisnis, organisasi, dan merek. Dalam artikel ini, kami mendefinisikan pemasaran dan periklanan, menyoroti perbedaan utama di antara keduanya, menjelaskan mengapa masing-masing penting, dan memberikan contoh berbagai jenis pemasaran vs. periklanan.
Pemasaran vs. periklanan
Perbedaan utama antara pemasaran vs. periklanan adalah bahwa periklanan merupakan cabang dari pemasaran. Banyak strategi pemasaran yang efektif memanfaatkan periklanan sebagai sumber daya yang berharga untuk meningkatkan penjualan, menjangkau pelanggan, dan memperluas merek lebih luas. Perbedaan utama lainnya antara keduanya adalah bahwa periklanan merupakan saluran komunikasi satu arah, yang berarti merek menjangkau khalayak umum melalui iklan umum yang non-personal. Pemasaran jauh lebih personal karena bergantung pada pembentukan dan pemahaman hubungan antara merek dan pelanggannya.
Apa itu pemasaran? Pemasaran adalah praktik yang berfokus pada identifikasi dan prediksi kebutuhan dan keinginan audiens target. Sebuah bisnis atau organisasi dapat menerapkan strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dan audiens targetnya. Strategi pemasaran yang efektif adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus meningkatkan pendapatan dan penjualan. Pemasaran bekerja dalam dua cara. Pertama, pemasaran bisnis-ke-konsumen, yang berorientasi pada pelanggan, artinya strategi tersebut biasanya diarahkan untuk menarik konsumen. Kedua, pemasaran bisnis-ke-bisnis, di mana bisnis lain secara langsung tertarik melalui pemasaran.
Pemasaran memungkinkan bisnis atau merek untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target mereka, yang berfungsi untuk meningkatkan reputasi dan kesadaran merek sekaligus menghasilkan pendapatan dan penjualan. Pemasaran, dan lebih spesifiknya, strategi pemasaran, memamerkan produk dan layanan yang tersedia kepada audiens. Jika suatu strategi diterapkan secara efektif, pengetahuan tentang produk atau layanan yang tersedia akan meningkat, begitu pula kehadiran bisnis di pasar.
Jenis-jenis pemasaran
Sebagai hasil dari kemajuan teknologi, terdapat beberapa gaya dan metode pemasaran yang digunakan bisnis dan merek untuk memasarkan produk dan layanan mereka kepada audiens target. Jenis pemasaran paling populer yang digunakan bisnis dan merek secara umum untuk memasarkan produk dan layanan mereka meliputi:
Pemasaran digital
Pemasaran digital adalah pemasaran melalui berbagai perangkat elektronik, seperti komputer dan ponsel. Pemasaran digital mencakup penggunaan situs web, optimasi mesin pencari, opsi berlangganan email, dan pembuatan blog untuk memasarkan produk dan layanan. Pemasaran digital adalah bentuk pemasaran yang paling umum digunakan bisnis dan merek.
Pemasaran media sosial
Layaknya pemasaran digital, kemajuan teknologi dan kehadiran media sosial dalam kehidupan masyarakat merupakan salah satu alasan mengapa pemasaran media sosial menjadi salah satu jenis pemasaran yang paling populer dan efektif. Jenis pemasaran ini melibatkan pemanfaatan platform media sosial untuk memasarkan produk kepada konsumen. Dengan memilih pemasaran media sosial, merek memiliki peluang untuk bekerja sama dengan kolaborator di luar bisnis mereka, seperti influencer media sosial. Influencer media sosial dapat bermanfaat untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan kesadaran produk.
Pemasaran global
Pemasaran global berarti membawa bisnis atau merek dari skala lokal ke skala global, yang memungkinkan jangkauan global. Strategi pemasaran yang efektif dapat membawa bisnis ke tingkat ini. Mereka mencapai hal ini dengan meningkatkan pendapatan sekaligus membangun nama bisnis atau merek dalam skala yang jauh lebih besar.
Pemasaran relasional
Pemasaran relasional berfokus pada penggunaan pemasaran untuk membangun hubungan dan koneksi dengan target audiens Anda. Hubungan semacam ini dibangun dan dipertahankan secara efektif melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan secara konsisten. Dengan secara konsisten mewujudkan kepuasan pelanggan, Anda meningkatkan peluang pendapatan jangka panjang, loyalitas pelanggan, dan basis pelanggan yang terus meningkat.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)