(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Berikut beberapa contoh untuk membantu Anda memahami bagaimana bisnis berbasis produk dan layanan dapat menerapkan tujuh P pada metode pemasaran:
Contoh 1
Vanessa’s Aromatherapy Shop menjual campuran aromaterapi melalui toko online. Tim pemasaran menerapkan tujuh P pada setiap aspek pengembangan produk dan siklus penjualan:
Produk: Bisnis ini berfokus pada label dan desain khusus yang indah untuk produk dan toko online, serta menyediakan campuran khusus berdasarkan permintaan pelanggan.
Harga: Merek menganalisis harga pesaing dan membangun strategi penetapan harga untuk produk dan campuran khusus yang tersedia.
Tempat: Vanessa’s Aromatherapy Shop adalah bisnis kecil yang menyediakan produknya di toko fisik dan online yang kecil. Bisnis ini hanya menyediakan bahan-bahan segar dan menyimpan produk dalam jangka waktu yang lebih singkat, yang berarti dapat menghasilkan lebih banyak penjualan online daripada di toko.
Promosi: Aktivitas promosi untuk merek ini dapat mencakup taktik pemasaran digital dan fisik, seperti iklan media sosial, strategi konten, dan acara pameran kerajinan lokal untuk membangun kesadaran seputar bisnis ini. Proses: Tim pemasaran perusahaan menentukan waktu rata-rata yang dibutuhkan para pengrajin untuk membuat produk dan mengidentifikasi waktu yang dibutuhkan untuk memperkenalkan produk baru dan pembelian pelanggan. Informasi ini dapat membantu menghasilkan strategi yang efektif untuk mengurangi waktu penjualan.
SDM: Perusahaan mempekerjakan dua pengrajin yang membuat produk aromaterapi, empat profesional tim pemasaran, tiga spesialis penjualan, satu tim layanan pelanggan, satu desainer grafis, satu pengembang web, satu spesialis TI, dan satu pembukuan. Tim pemasaran menerapkan prinsip ini untuk memastikan setiap individu dalam perusahaan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan.
Bukti fisik: Untuk membangun kesadaran merek, pemasar menciptakan penawaran khusus, menghadiri pameran dagang langsung, dan berjejaring dengan tenaga kesehatan profesional dan terapis pijat. Para profesional juga menerapkan beberapa strategi pemasaran digital untuk membangun reputasi positif dan meningkatkan pengaruh di pasar.
Contoh 2
Spring City Computer Repair adalah usaha kecil yang menawarkan jasa perbaikan dan pemecahan masalah komputer. Tim promosi perusahaan menggunakan tujuh P untuk mengevaluasi operasional, kualitas layanan, dan efisiensi dalam menghasilkan pendapatan:
Produk: Tim pemasaran menganalisis penawaran perusahaan, yang mencakup perbaikan komputer yang cepat dan andal. Perusahaan ini juga berfokus pada kualitas, memberi pelanggan waktu hingga tiga bulan untuk menguji perbaikan dan meminta layanan tambahan.
Harga: Spring City Computer Repair menawarkan harga yang kompetitif, seringkali lebih rendah daripada toko lokal lainnya. Merek ini mungkin mengenakan harga yang lebih tinggi untuk pengerjaan semalam atau komputer dengan komponen yang tidak biasa.
Lokasi: Perusahaan reparasi ini memiliki satu lokasi di dekat perguruan tinggi komunitas kotanya dan satu lagi di Main Street. Tim pemasarannya mengevaluasi persepsi pelanggan terhadap etalase toko untuk memastikan lingkungan yang bersih dan aman.
Promosi: Satu lokasi toko menggunakan papan reklame dan papan nama lokal untuk mengiklankan layanan perbaikan, sementara lokasi lainnya menyelenggarakan malam permainan untuk mempromosikan layanan perbaikan dan pemeliharaan komputer pribadi berkecepatan tinggi. Perusahaan ini juga aktif di media sosial, dan tim TI menyelenggarakan podcast daring setiap minggu untuk menjawab pertanyaan dan mempromosikan layanannya.
Proses: Perusahaan memiliki beberapa prosedur untuk menjawab klaim layanan perbaikan secara langsung dan daring. Tim pemasaran menerapkan prinsip proses untuk memastikan pelanggan merasakan proses sederhana dalam menjawab pertanyaan, meminta perbaikan, dan membayar tagihan layanan.
Sumber Daya Manusia: Perusahaan memastikan stafnya berpengetahuan luas dan selalu mengikuti perkembangan tren teknologi, pendekatan solusi, serta aplikasi perbaikan dan diagnostik komputer terkini. Perusahaan mempekerjakan spesialis TI bersertifikat, pengembang perangkat lunak dan perangkat keras, teknisi dukungan pelanggan, dan profesional akuntansi.
Bukti Fisik: Spring City Computer Repair menggunakan metode promosi digital dan luring untuk membangun kesadaran, memperkenalkan diskon layanan, dan berinteraksi dengan komunitas. Bisnis ini mempertahankan kehadirannya di media sosial dan melibatkan pelanggan saat ini dan sebelumnya yang meninggalkan ulasan di berbagai platform ulasan bisnis daring utama.