(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Salah satu bentuk pemasaran yang paling umum bagi bisnis adalah pemasaran dari mulut ke mulut, terutama bagi bisnis kecil yang tidak memiliki anggaran pemasaran besar atau merek yang mapan. Mendapatkan rujukan dari pelanggan yang sudah ada merupakan cara yang sangat baik untuk membangun basis pelanggan yang kuat dan menemukan klien baru untuk ditambahkan ke jaringan bisnis. Ini juga dikenal sebagai pemasaran rujukan atau referensi, dan mempelajari jenis pemasaran ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin berkecimpung di bidang pemasaran. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu pemasaran rujukan, menguraikan keuntungannya, dan mencantumkan beberapa strategi pemasaran referensi yang umum.
Apa Itu Pemasaran Rujukan?
Pemasaran rujukan adalah konsep pemasaran yang menggunakan ulasan pelanggan, rujukan, dan pemasaran dari mulut ke mulut untuk memperluas basis pelanggan perusahaan. Perbedaan antara pemasaran dari mulut ke mulut tradisional dan pemasaran referensi adalah pemasaran dari mulut ke mulut bersifat organik, sementara pemasaran referensi merupakan teknik khusus yang digunakan oleh pemasar.
Dengan menggunakan teknik pemasaran referensi, pemasar dapat mendorong klien mereka saat ini untuk membangun kesadaran merek. Biasanya, sebuah bisnis memberikan insentif atau keuntungan kepada pelanggan jika mereka membicarakan bisnis tersebut secara positif kepada orang lain. Seorang pemasar biasanya menggunakan bentuk pemasaran ini bersama dengan kampanye pemasaran lainnya untuk memanfaatkan sebanyak mungkin teknik dan media yang berbeda guna meningkatkan kesadaran merek suatu bisnis.
Manfaat Pemasaran Referensi
Berikut adalah manfaat utama pemasaran referensi bagi bisnis:
Mengidentifikasi klien bernilai tinggi
Rekomendasi pribadi adalah salah satu bentuk pengakuan kepercayaan tertinggi dan umumnya menghasilkan klien bernilai lebih tinggi daripada pemasaran atau periklanan tradisional. Jika pelanggan baru membeli dari suatu bisnis karena mereka direkomendasikan oleh seseorang yang mereka kenal dan percayai, mereka cenderung menjadi pelanggan setia dan membeli lebih banyak dalam jangka panjang. Salah satu elemen kunci pemasaran yang sukses adalah membangun kepercayaan di antara pelanggan dan pemasaran referensi adalah cara yang efektif untuk melakukannya. Selain itu, kemampuan untuk mengidentifikasi dan berinteraksi dengan klien bernilai tinggi dengan cepat merupakan manfaat inti dari pemasaran referensi dan menjadi alasan popularitasnya.
Memperluas jangkauan pasar
Bagi bisnis yang lebih kecil, memperluas jangkauan dapat menjadi tantangan, terutama ketika mencari audiens baru. Pemasaran referensi adalah cara yang relatif terjangkau dan mudah untuk mulai mengembangkan jangkauan pasar suatu bisnis, yang melibatkan penggunaan ulasan dan testimoni pelanggan yang sudah ada untuk mendatangkan pelanggan baru. Bergantung pada industri tempat mereka bekerja, pemasar mungkin menemukan bahwa influencer atau selebritas secara alami merekomendasikan produk bisnis kepada orang lain, yang dapat meningkatkan riset pasar secara signifikan. Demikian pula, mendorong pelanggan untuk menghubungi teman atau keluarga mereka melalui media sosial dapat meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran referensi.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)