Nilai dan Bisnis

Lima Strategi Penting dalam Persaingan Bisnis

(Business Lounge Journal – General Management)

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang sangat biasa, bahkan tidak jarang hal ini menjadi sesuatu yang menakutkan di kalangan pebisnis. Seringkali dalam dunia bisnis, ada beberapa hal utama yang harus terus diperhatikan, yaitu terkait dengan harga, kualitas produk, dan layanan yang kerap kali diberikan. Hal inilah yang berkemungkinan besar akan terus dipertahankan sampai jangka panjang dalam dunia bisnis.

Namun, persaingan ini janganlah membuat kita menjadi putus asa atau bahkan menghindar karena ketatnya persaingan. Justru, hal ini harus terus dihadapi. Untuk itu, di sini kita akan berbagi strategi untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yang super ketat dan tetap mampu bersaing dalam usaha yang terus dijalani. Dengan cara yang tepat, akan terjadi suatu perkembangan bahkan dapat membuat bisnis Anda bertahan di tengah-tengah persaingan yang kuat ini.

1. Analisis Pasar

Sangat penting melakukan hal ini sebelum memulai bisnis. Ini adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk melihat persaingan yang ada. Sehingga, ketika sudah melakukan analisis, kita jadi tahu apa saja yang terjadi dan apa saja yang diperlukan sesuai dengan permintaan pasar. Bahkan, kita juga dapat mengetahui persaingan bisnis lain di luar yang kita lakukan.

Setelah mengetahui apa yang terjadi di lapangan, kita menjadi mudah untuk membuat strategi bisnis yang akan kita jalani menjadi lebih tepat sasaran. Untuk itu, sangat perlu dilakukan analisis pasar dan mengetahui persaingan ini, sehingga dapat mengidentifikasi apa yang menjadi kelemahan dari bisnis yang direncanakan, bahkan menjadi tahu bagaimana cara untuk meningkatkan daya saing bisnis kita sendiri.

2. Fokus pada Kualitas

Tidak kalah penting, tentunya dalam dunia bisnis yang serba ketat ini, ada baiknya untuk tetap fokus pada kualitas produk yang akan dikerjakan. Dengan demikian, layanan juga akan difokuskan karena dua hal ini dapat dijalani secara bersamaan. Ketika fokus pada kualitas produk dan layanan, maka akan memberikan nilai tambah pada bisnis yang sedang berjalan ini, bahkan efeknya dapat membuat pelanggan semakin percaya dengan produk yang ditawarkan.

Ketika sudah fokus pada kualitas yang diinginkan, maka itu akan membuat bisnis yang berjalan menjadi kompetitif dan tetap mudah untuk bersaing di pasaran. Karena ketika kualitas produk dan layanan tetap dijaga dengan baik, maka para pelanggan akan jatuh hati dengan bisnis kita dibandingkan bisnis lainnya.

3. Teknologi & Media Sosial

Sangat penting sekali dalam dunia bisnis untuk memahami teknologi pada masa sekarang. Karena teknologi adalah hal yang amat penting dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan teknologi yang tepat sasaran, menjadikan bisnis yang dijalankan menjadi efisien dan juga menjadi efektif dalam pengerjaannya. Ini membuat cara kerja dengan teknologi tidak perlu usaha besar, tetapi melalui teknologi ini menjadi mudah dikenal juga dalam bersaing di lapangannya.

Contohnya, dengan menggunakan media sosial, sangat mudah memperkenalkan dan mempromosikan produk atau layanan ke jaringan yang lebih luas lagi. Untuk itu, dengan menggunakan aplikasi atau software yang mendukung, maka akan membuat kita mudah mengelolanya dan juga lebih efisien serta efektif dalam melakukannya.

4. Perbanyak Interelasi dan Jaringan

Hal ini justru bagian yang sangat penting dalam mendukung berjalannya dunia bisnis, yaitu perlunya memperbanyak koneksi dan jaringan dari mana pun juga. Dengan demikian, maka jaringan bisnis kita tidak akan terputus tetapi semakin banyak dikenal di pangsa pasar yang kita jalani, bahkan memiliki peluang yang besar untuk lebih berkembang lagi.

Untuk itu, coba bergabung atau masuk dalam komunitas, asosiasi, atau organisasi bisnis di bidang yang sama. Dengan mengikuti seminar atau workshop, bahkan juga menghadiri acara-acara bisnis yang terkait, hal ini dapat memperluas jaringan serta koneksi yang sangat membantu kita untuk memperluas jaringan dan koneksi yang luas.

5. Service yang Excellent

Tak ada kata lain, kalau pelanggan adalah tamu penting dalam dunia bisnis. Jadi, usahakanlah untuk tetap meningkatkan kualitas layanan untuk para pelanggan dengan excellent, karena ini sangat penting untuk menghadapi dunia bisnis ke depannya dalam persaingan yang ada.

Selain menyambut pelanggan dengan sikap yang ramah dan senyuman, berikan juga respons yang cepat dan mau untuk mendengarkan dengan aktif, serta jika diperlukan dapat memberikan solusi yang tepat sesuai yang dibutuhkan. Dengan demikian, ini adalah salah satu layanan yang dapat kita berikan kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan akan merasa puas dan mau untuk kembali lagi untuk membeli produk kita di kemudian hari.

Nah, dari 5 hal di atas ini dapat kita rangkum bahwa dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis yang serba cepat dan ketat ini, lakukanlah sesuai dengan kebutuhan dari semua cara di atas. Sehingga, dengan melakukan strategi yang cocok, maka akan dapat meningkatkan daya saing bisnis kita dan semakin mantap bahkan mampu bersaing di dunia bisnis ini.