(Businesslounge Journal-Finance) Rencana bisnis yang efektif berisi beberapa komponen utama yang mencakup berbagai aspek tujuan perusahaan. Kelanjutan dari bagian terpenting dari rencana bisnis meliputi:
- Deskripsi manajemen dan organisasi
Bagian dari rencana bisnis Anda ini membahas detail manajemen bisnis dan strategi organisasi Anda. Perkenalkan para pemimpin perusahaan Anda beserta kualifikasi dan tanggung jawab mereka dalam bisnis Anda. Anda juga dapat menyertakan persyaratan sumber daya manusia dan struktur hukum perusahaan Anda.
- Deskripsi produk dan layanan
Gunakan bagian ini untuk lebih menjelaskan detail produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda yang telah Anda bahas dalam ringkasan eksekutif. Sertakan semua informasi yang relevan tentang produk dan layanan Anda. Ini termasuk bagaimana Anda berencana untuk memproduksinya, berapa lama produk dan layanan tersebut dapat bertahan, kebutuhan apa yang dapat dipenuhi, dan berapa perkiraan biaya yang diperlukan untuk membuatnya.
- Analisis kompetitif
Tambahkan analisis kompetitif terperinci yang menguraikan dengan jelas perbandingan organisasi Anda dengan pesaing Anda. Uraikan kelemahan dan kekuatan pesaing Anda dan bagaimana Anda mengharapkan perusahaan Anda dapat dibandingkan dengan perusahaan tersebut. Sertakan keuntungan atau perbedaan yang dimiliki pesaing Anda di pasar. Selain itu, jelajahi apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari perusahaan lain di industri ini, beserta masalah potensial yang mungkin Anda hadapi saat memasuki pasar, jika berlaku.
- Rencana operasi
Bagian dari rencana bisnis Anda ini menjelaskan bagaimana Anda berencana untuk mengoperasikan perusahaan Anda. Sertakan informasi mengenai bagaimana dan di mana perusahaan Anda berencana untuk beroperasi, seperti logistik pengiriman atau paten untuk kekayaan intelektual. Rencana operasi juga merinci operasi yang terkait dengan personel, seperti berapa banyak karyawan yang ingin Anda pekerjakan di berbagai departemen.
- Proyeksi dan kebutuhan keuangan
Bagian keuangan dari rencana bisnis Anda menjelaskan bagaimana Anda mengantisipasi mendatangkan pendapatan. Jika Anda membutuhkan pendanaan untuk bisnis Anda, bagian ini juga menjelaskan sumber dan jumlah pendanaan tersebut. Sertakan laporan keuangan Anda, analisis laporan tersebut, dan proyeksi arus kas.
- Lampiran dan lampiran
Bagian terakhir dari rencana bisnis Anda menyediakan informasi tambahan untuk lebih mendukung rincian yang diuraikan dalam rencana Anda. Anda juga dapat menyertakan lampiran dan lampiran untuk mendukung kelayakan rencana bisnis Anda dan memberi investor pemahaman yang jelas tentang penelitian yang mendukung rencana Anda. Informasi umum yang perlu dimasukkan di bagian ini meliputi:
- Resume manajemen perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya
- Riset pemasaran
- Izin
- Materi pemasaran yang diusulkan atau terkini
- Dokumentasi hukum yang relevan
- Gambar produk Anda
- Dokumen keuangan
Mengapa rencana bisnis penting?
Rencana bisnis penting karena beberapa alasan, dengan salah satu alasan yang paling menonjol adalah rencana tersebut memberikan garis besar tindakan yang jelas yang dapat diambil perusahaan untuk mencapai tujuan mereka. Rencana ini dapat memberikan kejelasan kepada organisasi tentang seberapa layak perusahaan mereka dan apa yang dibutuhkannya untuk tumbuh dan berkembang. Rencana bisnis membantu menetapkan langkah-langkah spesifik yang harus diambil perusahaan untuk memulai bisnis mereka dan meningkatkan keberhasilan mereka.
Rencana bisnis juga penting karena:
- Memberikan wawasan tentang sumber daya apa yang dibutuhkan bisnis untuk mencapai tujuannya
- Menetapkan garis waktu yang jelas tentang kapan perusahaan dapat mencapai tujuan
- Dapat membantu perusahaan menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk berekspansi ke pasar baru
- Menawarkan cara yang mudah untuk melacak kemajuan seiring pertumbuhan perusahaan
- Memungkinkan pemilik bisnis untuk memprediksi dan merencanakan risiko potensial
- Memungkinkan investor untuk melihat kelayakan perusahaan