Cara Membawa Produk ke Pasar Dalam 11 Langkah (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing) Menghasilkan ide untuk produk, layanan, atau penemuan baru bisa menjadi pengalaman yang menggembirakan. Membawa produk ke pasar mungkin tampak menantang, tetapi juga bisa menjadi perjalanan yang menarik dan memuaskan. Dengan mengikuti beberapa panduan sederhana, proses ini dapat menjadi lebih mudah. Dalam artikel ini, kami membahas cara membawa produk ke pasar dan cara memasarkan ide Anda untuk kesuksesan jangka panjang.

Apa yang Dimaksud dengan Membawa Produk ke Pasar?
Membawa produk ke pasar adalah proses mengubah ide menjadi produk yang dapat dipasarkan dan dijual. Proses ini melibatkan brainstorming, riset, membangun jaringan, mencari investor, serta merancang strategi pemasaran.

Sebelum memahami proses membawa produk ke pasar, ada dua hal penting yang perlu diingat:
1. Konsumen tidak membeli penemuan, mereka membeli produk. Menganggap ide atau penemuan Anda sebagai produk yang dapat dipasarkan sejak awal adalah kunci keberhasilan pemasaran.
2. Ada banyak cara untuk membawa produk ke pasar. Cara yang Anda pilih lebih bergantung pada ide unik, keterampilan, dan sumber daya Anda dibandingkan dengan manfaat dan fitur produk itu sendiri.

Cara Membawa Produk ke Pasar
Ikuti langkah-langkah berikut untuk sukses membawa produk Anda ke pasar:

1. **Evaluasi Ide Anda**
Setelah melakukan pencarian paten awal untuk memastikan bahwa ide Anda belum ada di pasar, cobalah untuk mengevaluasi ide Anda berdasarkan empat aspek dasar:
– Apakah ide ini bisa diwujudkan menjadi produk menggunakan keterampilan dan kemampuan Anda? Walaupun kemungkinan besar Anda akan mencari bantuan dalam proses membawa produk ke pasar, penting untuk dapat melakukan sebagian besar pekerjaan yang terkait dengan produk Anda secara mandiri.
– Apakah produk ini bisa diproduksi dengan keuntungan? Tujuannya adalah mengubah ide Anda menjadi produk yang bisa dijual sambil membatasi pengeluaran. Jika bahan yang dibutuhkan untuk menciptakan produk Anda mahal dan harga jual produk relatif rendah, lihat apakah ada cara untuk mengubah atau mengevaluasi ulang ide Anda menjadi produk yang menguntungkan.
– Bagaimana tingkat persaingan di pasar? Produk Anda mungkin lebih mudah dijual jika persaingan rendah. Pasar yang sangat kompetitif dapat berarti penjualan lebih sulit dan keuntungan lebih rendah. Jika Anda membawa produk ke pasar yang sangat kompetitif, pertimbangkan bagaimana Anda dapat meningkatkan produk dengan cara yang tidak dilakukan oleh pesaing.
– Apakah produk Anda menonjol di antara produk lain? Produk yang hebat mampu membangkitkan emosi yang kuat. Jika orang terpesona mendengar tentang produk Anda, kemungkinan itu adalah ide yang layak untuk dibawa ke pasar.

2. **Kembangkan Prototipe Berkualitas Tinggi**
Penting untuk mengembangkan prototipe berkualitas tinggi yang dapat menarik minat investor potensial. Buatlah prototipe yang seefektif mungkin dengan keterampilan dan sumber daya yang Anda miliki. Ini bisa berupa gambar yang sangat rinci atau produk yang dibuat secara profesional, tergantung pada kemampuan dan sarana Anda.

Hal penting yang perlu diingat saat membuat prototipe adalah memberikan gambaran lengkap tentang produk jadi. Bahkan jika hanya berupa gambar atau cetak biru, Anda ingin agar investor potensial dapat membayangkan hasil akhirnya.

3. **Kunjungi Situs Pemerintah untuk Akses Informasi PPA**
PPA, atau aplikasi paten sementara, adalah cara yang bagus untuk melindungi ide Anda dan meminimalkan risiko finansial saat Anda membawa produk ke pasar. Anda dapat menemukan informasi tentang PPA dan menghubungi perwakilan PPA dengan mengunjungi situs web Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Mengajukan PPA terjangkau dan memungkinkan Anda menguji produk serta melakukan riset pasar selama setahun sebelum mengajukan paten resmi di AS.

4. **Temukan Pasar yang Tepat**
Menargetkan audiens yang tepat adalah faktor yang sangat penting dalam membawa produk ke pasar dengan sukses. Menargetkan audiens yang spesifik berguna karena Anda dapat menyesuaikan taktik pemasaran untuk jenis konsumen tertentu. Dengan audiens target yang lebih sempit, Anda bisa melakukan riset pasar yang lebih spesifik sehingga lebih efektif dalam memasarkan produk Anda.

Memahami sebanyak mungkin pasar yang berbeda juga sangat bermanfaat. Mendiversifikasi pengetahuan pasar Anda dapat membantu Anda memikirkan strategi pemasaran yang unik dan inovatif untuk audiens target Anda. Majalah perdagangan dan pameran dagang adalah sumber daya yang bagus untuk memperluas pengetahuan pasar Anda.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)