Bukan Recall – Tesla Ganti Cybertruck secara Gratis

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Tesla sedang menghubungi para pemilik Cybertruck dan mengarahkan mereka untuk membawa Cybertruck yang telah mereka terima ke pusat layanan.

Cybertruck milik Tesla ini sebenarnya sudah satu tahun digunakan oleh para pemiliknya. Namun Tesla memutuskan untuk mengganti salah satu motor listrik yang ada pada Cybertruck. Meskipun produsen mobil yang dipimpin oleh Elon Musk ini menyatakan bahwa unit penggerak yang baru akan lebih efisien dan andal, namun sebenarnya ini bukan langkah upgrade biasa untuk “truk” yang sebenarnya belum keluar dari jalur perakitan. Namun seperti yang telah disebutkan di atas, Tesla pun menghubungi pemilik Cybertruck dan mengarahkan mereka untuk mendatangi pusat layanan dambil membawa kendaraan Cybertruck mereka. Di sana motor listrik dari Cybertruck akan diganti secara gratis.

Tesla menjamin, walaupun Cybertruck yang telah tersebar belum mengalami penggantian unit penggerak, Cybertruck tetap tidak berbahaya untuk dikendarai, demikian seperti dikabarkan Motor1. Produsen sebenarnya tidak memberi tahu pemilik Cybertruck, bagian mana pada kendaraan bermotor ganda yang akan diganti. Tesla memang sering mendorong pembaruan perangkat lunak untuk kendaraannya dan mengaktifkan fitur yang diiklankan walaupun model tersebut sudah cukup lama diluncurkan, seperti Beta Full Self-Driving. Namun, pembaruan perangkat keras sangat jarang terjadi. Pembuat mobil biasanya akan menunggu hingga tahun model berikutnya untuk menerapkan pembaruan serupa jika hanya untuk performa.

Beberapa membahas bahwa, meskipun Tesla memberikan pernyataan kepada pemilik Cybertruck bahwa ini hanyalah sebuah penggantian, namun hal ini terasa seperti recall. Walaupun bagi beberapa pemilik hal ini menunjukkan upaya berkelanjutan untuk menyempurnakan performa kendaraan.

Ada banyak masalah yang sebenarnya muncul dengan Cybertruck sehingga para pemilik tidak dapat mengesampingkan potensi masalah yang terjadi pada unit penggerak. Sejauh ini ada dua “recall” paling signifikan untuk truk pikap, namun untuk penggantian pedal akselerator dan motor penghapus kaca depan. Sisa sabun dari perakitannya menyebabkan pad pedal tergelincir sehingga menahan pedal di ruang kaki. Untuk motor penghapus kaca depan, mengalami gagal karena tegangan yang berlebihan.

Ketika Tesla membuat terobosan dengan menciptakan Cybertruck, secara mengejutkan ada banyak orang yang dengan senang hati membeli truk pikap listrik tersebut seharga $100,000 atau setara dengan 1,6 miliar. Padahal terobosan ini dapat dikatakan belum rampung secara efektif. Hal ini seakan berfungsi sebagai kelinci percobaan bagi Tesla sehingga Tesla dapat mengatasi masalah bagi pembeli berikutnya. Namun Cybertruck dari Tesla ini sebenarnya telah menjadi truk pikap listrik terlaris di Amerika Serikat, mengalahkan pesaing seperti Ford F-150 Lightning pada kuartal kedua tahun 2024.

Selain itu, ada penampakan dan bocoran mengenai kemampuan menarik beban dan fitur interior Cybertruck. Frunk (bagasi depan) diketahui sangat lebar, dan interiornya mencakup layar belakang, menunjukkan bahwa Tesla memprioritaskan utilitas dan kenyamanan penumpang.

Tesla selalu berkomitmen untuk meningkatkan Cybertruck dan memperkuat posisinya di pasar kendaraan listrik.