(Business Lounge Journal – Human Resources)
Lowongan pekerjaan adalah tentang mencocokkan keinginan dan kebutuhan. Sebelum perusahaan mencari karyawan hebat berikutnya, mereka perlu memiliki visi yang jelas tentang seperti apa kandidat ideal dan apa yang mereka tawarkan kepada mereka. Di pasar perekrutan ini, para pencari kerja memiliki daya ungkit. Untuk meningkatkan proses perekrutan dan menonjol dari persaingan, perusahaan perlu menulis lowongan pekerjaan yang menarik.
Lowongan pekerjaan yang bagus lebih dari sekadar deskripsi pekerjaan. Tentu, lowongan pekerjaan harus menjelaskan hal-hal dasar: tanggung jawab, persyaratan, kualifikasi, dan cara melamar. Namun, lowongan pekerjaan terbaik juga meyakinkan para pencari kerja tentang peluang tersebut. Lowongan pekerjaan menarik para pelamar.
Lowongan pekerjaan yang jelas, kreatif, dan informatif membantu perusahaan menarik lebih banyak pelamar yang berkualifikasi. Menyoroti peluang pelatihan dan pengembangan, keterampilan yang dibutuhkan, tunjangan dan kompensasi, antara lain, membantu para pencari kerja memahami budaya perusahaan.
Bagaimana perusahaan akan memperkenalkan siapa mereka kepada calon karyawan? Berikut adalah beberapa kiat yang bermanfaat:
1. Tulis prospek yang menarik: Satu atau dua kalimat pertama harus menyertakan pesan yang kuat dan menarik perhatian tentang posisi dan budaya perusahaan. Sertakan tunjangan tentang posisi dan jabatan resmi. Bersikaplah jelas, langsung, dan spesifik.
2. Uraikan dan tawarkan peluang kerja: Bantu para pencari kerja memvisualisasikan diri mereka dalam peran tersebut dengan menguraikan tanggung jawab harian utama, tujuan, dan keterampilan yang dibutuhkan (termasuk hard skill dan soft skill). Pilih beberapa fitur menarik yang merangkum peran tersebut dengan baik.
3. Soroti budaya perusahaan: Budaya perusahaan yang hebat membantu organisasi menarik dan mempertahankan bakat terbaik. Posting pekerjaan yang efektif mencakup informasi tentang budaya, visi, dan nilai-nilai perusahaan. Menyoroti metrik seperti ketidakhadiran karyawan, keberagaman, keterlibatan, kesejahteraan, dan pergantian karyawan membantu perusahaan menonjol dan merayakan tenaga kerja mereka yang unik.
4. Uraikan proses lamaran: Uraikan proses lamaran dari awal hingga akhir. Tekankan semua persyaratan pekerjaan dan jadwal tim perekrutan. Ini memastikan pelamar dan perusahaan selaras. Kebanyakan orang menginginkan proses wawancara yang lebih singkat. Menyoroti pendekatan yang lebih cepat dan langsung ke intinya akan menarik para pencari kerja yang memprioritaskan manajemen waktu.
5. Sertakan jabatan pekerjaan tradisional: Bahkan jika perusahaan memiliki jabatan unik untuk posisi tertentu, sebaiknya tetap gunakan nama-nama tradisional. Jika tidak, perusahaan mungkin kehilangan kandidat yang tidak terbiasa dengan nama-nama khusus yang tetap cocok. Selain itu, penggunaan jabatan standar akan meningkatkan jangkauan dan hasil Search Engine.
6. Hindari bahasa yang bias: Kata-kata yang dipilih mengungkapkan banyak hal tentang budaya perusahaan dan bias tersembunyi. Sebagian besar bias tidak disadari, jadi penting untuk menyaring semua lowongan pekerjaan, meskipun terlihat bagus. Jika tim perekrutan memerlukan bantuan, pertimbangkan opsi outsourcing.
7. Soroti manfaat perusahaan: Lowongan pekerjaan yang bagus menyoroti manfaat perusahaan, terutama yang unik bagi organisasi. Sertakan informasi tentang kompensasi, cuti orang tua, pelatihan dan pengembangan, program liburan dan kesejahteraan. Menyebutkan manfaat ini membantu pelamar membayangkan kehidupan di perusahaan.
8. Fokus pada keterampilan, bukan gelar: Orang-orang biasanya mencari pekerjaan di luar gelar mereka. Setiap orang memiliki jalur karier yang unik, dan terkadang orang tanpa gelar formal adalah yang paling memenuhi syarat. Persyaratan gelar atau pengalaman tertentu dapat menghalangi orang-orang berbakat untuk melamar. Sebaliknya, fokuslah pada beberapa keterampilan yang akan membantu seseorang berhasil dalam peran tersebut.
9. Sertakan upaya keberagaman, kesetaraan, dan inklusi: Tempat kerja yang beragam, adil, dan inklusif menawarkan kreativitas, inovasi, dan pemecahan masalah yang lebih tinggi, yang semuanya menarik bagi para pencari kerja. Orang ingin bekerja di tempat yang membuat semua karyawan merasa didengar, dihormati, dan dihargai.
10. Sertakan detail lokasi: Apakah posisi tersebut jarak jauh, hibrida, atau tatap muka di lokasi tertentu? Sertakan detail lokasi dalam iklan lowongan kerja. Menyebutkan detail ini, serta opsi apa pun untuk bantuan relokasi, membantu menarik kandidat yang sesuai dan meningkatkan akurasi pencarian kerja.
11. Minta umpan balik: Saat menulis iklan lowongan kerja, wajar saja jika membuat kesalahan atau mengabaikan sesuatu. Berikan kesempatan untuk umpan balik. Ini membantu perusahaan mengungkap hambatan dan memecahkan tantangan perekrutan yang lebih signifikan. Mintalah umpan balik dari karyawan saat ini tentang proses perekrutan mereka.
12. Jadikan iklan lowongan kerja ramah seluler: Semakin banyak pencari kerja menggunakan ponsel mereka untuk mengirimkan lamaran. Versi seluler juga harus efektif dan mudah dinavigasi. Mengabaikan langkah ini dapat menyebabkan orang dengan bakat terbaik melewatkan iklan lowongan kerja yang ditawarkan
Akhirnya lowongan pekerjaan yang baik haruslah jelas dalam menyampaikan posisi yang tersedia, persyaratan yang dibutuhkan, dan tanggung jawab yang akan diemban. Sertakan informasi tentang perusahaan, budaya kerja, dan manfaat yang ditawarkan. Sebisa mungkin, gambarkan proses seleksi dan tenggat waktu pengajuan. Pastikan bahasa yang digunakan jelas, ramah, dan profesional agar calon pelamar dapat dengan mudah memahami dan tertarik untuk melamar.