(Business Lounge Journal – News and Insight)
Dalam persaingan memperebutkan waktu TV di AS, YouTube adalah yang paling berpengaruh. Hampir 10% waktu yang dihabiskan orang Amerika di depan layar TV pada bulan lalu adalah pada aplikasi smart-TV andalan YouTube, data Nielsen, yang merupakan tanda berlanjutnya transformasi platform tersebut. Dulunya merupakan gudang video amatir, layanan yang dimiliki oleh Google Alphabet telah berkembang menjadi raksasa streaming dengan film berdurasi penuh, serial yang diproduksi dengan sangat baik, sorotan olahraga, dan acara langsung.
Walt Disney—induk jaringan TV seperti ABC dan ESPN serta layanan streaming termasuk Disney+, Hulu, dan ESPN+—mengumpulkan 11,5% dari total waktu menonton TV di AS bulan lalu, mempertahankan posisi teratasnya. Data tersebut, yang dirilis Nielsen pada hari Selasa, yang untuk pertama kalinya menangkap seluruh audiens yang dijangkau oleh perusahaan hiburan melalui kabel, siaran, dan streaming di perangkat TV masyarakat.
Peningkatan pangsa YouTube menggambarkan pergeseran kekuasaan yang sedang terjadi di industri hiburan. Aplikasi video ini bersaing dengan perusahaan yang memiliki jaringan TV serta layanan streaming. Media tradisional dan raksasa streaming secara kolektif menghabiskan lebih dari $100 miliar per tahun untuk program, menurut Ampere Analysis. Pemain lama seperti Warner Bros. Discovery dan Paramount Global sedang menghadapi penurunan jangkauan jaringan TV tradisional mereka karena semakin banyak orang Amerika yang memutuskan hubungan. Pada saat yang sama, mereka menghabiskan banyak uang untuk membeli konten orisinal dan program olahraga untuk mempertahankan pemirsa yang masih mereka miliki dan mendukung layanan streaming mereka yang baru lahir.
Rilis data Nielsen terjadi ketika raksasa hiburan mempresentasikan rencana program mereka untuk musim TV mendatang kepada pengiklan—sebuah proses yang dikenal sebagai “the upfronts” yang baru saja dimulai .
Pangsa YouTube terhadap total waktu TV yang diukur oleh Nielsen hanya terlihat pada aplikasi YouTube di smart TV, yang gratis dan dilengkapi iklan. (Versi bebas iklan berharga $13,99 per bulan.) Induk YouTube, Google, juga merupakan penyedia TV berbayar utama dalam bentuk YouTube TV, yang mengalirkan paket lebih dari 100 saluran TV dan menjual akses ke waralaba Tiket Minggu National Football League.
Orang yang menonton saluran TV melalui layanan seperti YouTube TV dan FuboTV diperhitungkan dalam data Nielsen, dan dikreditkan ke pemilik saluran, bukan platform tempat saluran tersebut ditonton. Misalnya, Disney mendapat pujian ketika seseorang menggunakan YouTube TV untuk menonton ESPN, kata Nielsen. Tren penayangan dapat berubah secara musiman. Konten yang paling banyak ditonton di YouTube, khususnya di televisi, dibuat oleh selebriti online seperti MrBeast; Rhett dan Link, rekan bintang variety show “Good Mythical Morning”; dan pemberani Michelle Khare, kata eksekutif perusahaan. “Kita berbicara tentang pembuat konten sebagai studio masa depan,” kata Mary Ellen Coe, chief business officer YouTube. Platform ini mendapat manfaat dari aliran konten segar yang dirilis setiap hari dan sangat populer di kalangan orang-orang yang berusia di bawah 24 tahun. Saat ini, 150 juta orang di AS—lebih dari 40% populasi—menonton YouTube di layar TV yang terhubung setiap bulannya, kata juru bicara YouTube. untuk platform berkata. Mereka mendapat manfaat dari fitur-fitur baru yang memungkinkan pemirsa berbelanja atau mengobrol satu sama lain sambil menonton acara besar, seperti streaming langsung Festival Musik dan Seni Coachella Valley bulan lalu.
Tidak seperti perusahaan media tradisional, yang harus membayar sejumlah besar uang di muka untuk program yang mereka harap akan menghasilkan jumlah langganan dan pendapatan iklan yang lebih besar, YouTube memberi insentif pada pembuatan konten dengan membagi 55% pendapatan dari iklan yang ditayangkan dalam jangka panjang bagi para pembuat konten. konten, dan 45% pendapatan dari iklan di video pendeknya. YouTube mengungguli Netflix sebagai streamer dengan waktu TV terbanyak di AS pada awal tahun 2023, menurut data Nielsen, dan memperluas keunggulannya pada bulan-bulan awal tahun ini. Netflix menarik pangsa waktu TV AS terbesar keenam pada bulan April setelah Disney, YouTube, NBCUniversal, Paramount, dan Warner Bros.
Photo by Alexander Shatov