Agatha Carolina (Bitte Design Studio): Tiga Tips tentang Design Kalau Kamu Mau Punya Coffee Shop

Agatha Carolina adalah seorang arsitek dan founder dari Bitte Design Studia. Kepada Business Lounge Journal, ia menyampaikan bahwa design bukan lagi sesuatu yang dapat diabaikan dalam menjalankan bisnis kuliner. Sebagai contoh, ada banyak coffee shop saat ini. Namun selain kualitas atau jenis F&B yang dijualnya, design dari coffee shop tersebut sering kali menentukan ramai atau tidaknya pengunjung yang datang.

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk mengembangkan bisnis coffee shop Anda, maka ada 3 hal penting yang dapat Anda perhatikan:

1. Timeline: mencakup waktu kapan project ini harus selesai. Terutama terkait target pembukaan coffee shop itu sendiri.
2. Budget: Ini penting sekali, jangan sampai sudah di-design tetapi tidak bisa dibangun. Karena itu sejak awal budget sudah disesuaikan dengan design yang diinginkan.
3. Karakteristik: Apakah design yang dipilih akan menjawab persoalan. Karena design adalah prboblem solving. Designer akan berupaya membantu kliennya untuk memecahkan masalahnya, baik untuk rumah tinggal, bisnis.

Karena itu Agatha menegaskan supaya ketika pemilik bisnis bertemu dengan designer-nya, maka mereka datang dengan semua permasalahan mereka untuk mendapatkan solusi.