Pahami Keuntungan Menggunakan Market Segmentasi

(Business Lounge Journal – Marketing)

Membaca artikel sebelumnya, maka diharapkan Anda sudah dapat memahami lebih jauh tentang apa itu segmentasi pasar. Ada 4 tipe segmentasi, yaitu: segmentasi demografis, segmentasi perilaku, segmentasi firmografi, dan segmentasi psikografis. Sekarang mari kita pelajari lebih jauh tentang segmentasi pasar ini.

Manfaat segmentasi pasar

Pada intinya, segmentasi pasar diharapkan akan membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak permintaan pada bisnis Anda. Hal ini akan dapat mempertajam strategi Anda, serta memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang lebih personal sehingga akan meningkatkan daya tarik suatu produk atau layanan kepada target audiens. Hal ini secara alami akan meningkatkan pencapaian engagement rate yang lebih baik serta mendapatkan beberapa keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan ketika Anda menerapkan segmentasi pasar.

Dapat menjajaki peluang baru

Ketika Anda melakukan riset untuk mengetahui segmen pasar Anda, maka bisnis Anda pun akan terbantu untuk menguraikan cara baru untuk dapat bertumbuh. Gunakanlah segmentasi pasar untuk menemukan dan mengubah pelanggan baru, menemukan cara pemasaran baru yang dapat digunakan, menemukan dan menyempurnakan pasar baru untuk dimasuki, serta upaya memikat pelanggan untuk membeli kembali produk Anda.

Biaya akuisisi yang lebih rendah

Segmentasi pasar juga dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan. Melalui segmentasi pasar, Anda dapat membagi pasar menjadi bagian-bagian kecil, lalu memilih apa yang menjadi prioritas sesuai dengan anggaran atau preferensi Anda. Ketika Anda mengetahui di mana dan bagaimana menjangkau pelanggan, maka hal ini akan dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam mendapatkan pelanggan.

Katakanlah Anda adalah perusahaan multinasional yang membelanjakan uang secara konsisten untuk iklan PPC (Pay Per Click) dan TV. Strategi Anda ini menggunakan pendekatan pasar massal, dan hasilnya terus meningkat. Setelah melakukan segmentasi pasar, Anda menemukan bahwa profil pelanggan ideal Anda menghabiskan lebih banyak waktu pada media sosial, khususnya LinkedIn dan Twitter, dan surat kabar tertentu yang menjadi pilihan mereka. Anda kemudian dapat menggunakan data ini untuk menjangkau lebih banyak orang pada target pasar Anda dengan jauh lebih efektif dan dengan biaya yang jauh lebih rendah untuk bisnis Anda.

Penawaran dapat menjadi flexible

Penawaran yang dipersonalisasi belum tentu cocok dengan semua konsumen. Karena itu Anda dapat memperoleh konsumen yang tepat berdasarkan riwayat pembelian, kebutuhan mereka, kebiasaan, dan beberapa faktor penting lainnya. Segmentasi pasar memberi Anda data untuk mendorong aktivitas ini dan membuat penawaran khusus yang sesuai dengan prospek Anda.

Maintaining pelanggan yang setia

Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan melalui komunikasi dengan cara yang yang sesuai. Dengan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, maka pelanggan akan merasa dipahami, dihargai, dan dianggap sebagai orang penting bagi bisnis Anda. Hal ini akan membuat para pelanggan cenderung tidak pindah ke lain hati dengan seenaknya.

Sebuah survei yang dilakukan oleh salesforce.com mengungkapkan bahwa 70% konsumen percaya bahwa kemampuan perusahaan untuk memahami kebutuhan mereka sebagai individu sangat berdampak pada loyalitas mereka.

Bermanfaat untuk pengembangan produk baru

Anda dapat dan harus merancang produk dan fitur sesuai kebutuhan pelanggan Anda. Studi segmentasi pasar akan memberi Anda pengertian apa yang disebut dengan visi x-ray yang dapat mengidentifikasi “penyakit” yang ada, keinginan, dan kebutuhan sasaran pasar. Segmentasi berbasis kebutuhan akan menjadi sebuah platform hebat yang akan membantu Anda untuk berinovasi saat meluncurkan produk baru.

Mendapatkan evaluasi produk dengan lebih baik pasca peluncuran

Segmentasi pasar juga dapat berperan ketika Anda meluncurkan produk atau layanan. Organisasi dapat menggunakan evaluasi tersebut untuk memahami potensi kekurangan produk vs. kebutuhan dan harapan konsumen.

Meningkatkan pengalaman pelanggan

Hasil segmentasi pasar tidak boleh terbatas pada pemasaran dan manajemen. Ketika Anda meluangkan waktu untuk mengumpulkan data dan membagikannya ke seluruh organisasi, Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Dalam studi yang dilakukan oleh Evergage, lebih dari 88% pemasar mengatakan tujuan terbesar mengapa mereka melakukan personalisasi, adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sebagai contoh: Sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi atau layanan streaming mengolah data penggunaan produk yang dimilikinya untuk dapat mengidentifikasi pelanggan. Kemudian para pelanggan pun dikelompokkan. Ketika seorang pelanggan menelepon untuk berbicara dengan customer service, maka tim Anda akan mengetahui dengan persis produk atau add-on apa yang akan ditawarkan berdasarkan informasi yang sudah disusun. Hal ini jelas memberikan layanan yang lebih baik. Di sisi lain, para pelanggan akan merasa dihargai dan dipahami. Statistik ini juga akan menjadi alat yang sangat penting bagi tim layanan yang menjaga klien yang ingin menutup layanan. Ketika pelanggan menghubungi customer service Anda maka mereka akan memperoleh penawaran menarik yang lebih relevan bagi mereka.

Menarik pelanggan yang tepat

Segmentasi pasar memungkinkan Anda menyampaikan kampanye pemasaran yang lebih personal dan kuat. Dengan ini, Anda dapat menargetkan prospek yang merupakan target yang ideal untuk produk atau layanan Anda. Gabungkan ini dengan persona target yang jelas untuk setiap segmen pasar Anda, dan Anda akan menuai hasilnya.

Meningkatkan strategi pemasaran Anda

Segmentasi menambah substansi pada strategi pemasaran Anda, memberi Anda informasi penting tentang siapa yang akan ditargetkan, di mana menemukan mereka, dan cara berbicara dengan mereka secara efektif. Ketika Anda memiliki platform digital yang dapat menyajikan Anda data yang dibutuhkan, akan meningkatkan strategi pemasaran digital Anda.

Menyempurnakan cara Anda menyampaikan pesan

Sebagian besar brand memiliki persona audiens yang berkembang dengan baik, masing-masing dengan preferensi dan titik kesulitannya sendiri untuk diatasi – melakukan segmentasi pasar memberi Anda data yang sangat terperinci. Hal ini akan memungkinkan Anda membuat cara penyampaian pesan yang berdampak untuk grup tertentu berdasarkan karakteristik unik dan multivarian mereka.

Katakanlah Anda seorang e-tailer yang berfokus pada penjualan laptop dan peralatan komputasi ke pasar yang luas. Olahpesan yang Anda gunakan untuk siswa atau anggota audiens yang lebih muda yang mencari range penawaran harga yang lebih murah belum tentu menarik bagi sebagian pasar target Anda yang menginginkan peralatan dengan spesifikasi tinggi. Jadi, penting untuk menggunakan segmentasi pasar untuk menentukan pesan apa yang terbaik untuk setiap persona yang Anda targetkan.

Meningkatkan nilai respons dan konversi

Perpesanan yang disesuaikan yang menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat dan mengatakan hal yang benar dapat membantu Anda meningkatkan tingkat respons dan juga konversi. Baik melalui penargetan ulang, sosial, atau penjangkauan email, Anda akan mendapatkan konversi yang lebih tinggi dan respons yang lebih baik terhadap upaya pemasaran Anda.

Mengembangkan persona pelanggan

Semakin banyak segmentasi pasar yang dapat Anda lakukan, semakin akurat persona audiens Anda. Menggunakan perpaduan jenis segmentasi akan membantu Anda mengembangkan profil pelanggan ideal yang sesuai dengan kehidupan dan relevan dengan pasar saat ini.

Mendukung pengambilan keputusan di area bisnis lainnya

Dengan menganalisis preferensi berbagai segmen, Anda dapat mengakomodir audiens dengan lebih baik di area lain, seperti penetapan harga, distribusi, konten, dan desain.

Semoga hal ini membantu Anda untuk memandang pentingnya menerapkan strategi segmentasi pasar.