(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)
Green marketing atau pemasaran hijau semakin populer karena orang semakin menyukai konsep ramah lingkungan.
Green marketing sebenarnya bukanlah konsep baru. Green marketing tidak lain adalah proses penjualan produk atau jasa yang ramah lingkungan. Dalam jenis pemasaran ini, penjual akan menunjukkan manfaat lingkungan yang terkait dengan produk atau layanan untuk memotivasi konsumen agar membeli barang yang sama.
Produsen dapat mengubah atau memodifikasi produk mereka dalam hal proses produksi dan pengemasan, dll. Selain itu, pemasaran hijau juga memerlukan strategi periklanan dan pemasaran yang ramah lingkungan. Gagasan pemasaran ini akan membantu produk atau layanan dikenali sebagai ramah lingkungan, yang dapat meningkatkan keuntungan.
Berikut beberapa perusahaan yang menerapkan Green Marketing:
1.Unilever: berhasil menyerap 3700 ton sampah anorganik (2020)
2. The Body Shop: menggunakan carbon based untuk toko ritel mereka
3. Apple: menciptakan Daisy, robot pendaur ulang limbah pabrik
4. Adidas: menciptakan 11 juta pasang sepatu dari bahan daur ulang
5. Starbuck: beralih menggunakan kemasan dari bahan plastic PET
6. Nike: menciptakan sepatu sneaker berbahan ramah lingkungan
7. IKEA: merilis Folkvanlig e bike berbahan ramping yang dapat mengurangi polusi udara perkotaan
Anda dapat memilih beberapa ide pemasaran ramah lingkungan yang populer dan sukses yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Berikut beberapa ide:
- Beriklan di media elektronik: ada banyak manfaat lingkungan yang terkait dengan beriklan di media elektronik yang dapat meningkatkan bisnis hijau Anda. Tidak ada kertas yang terbuang karena iklan dipasang di TV atau internet.
- Bekerja dari rumah: semua anggota staf datang ke kantor setiap hari menambah berbagai jenis polusi. Alih-alih merancang sistem di mana karyawan Anda dapat bekerja dari rumah, di mana mereka tidak harus menempuh jarak jauh antara rumah dan kantor, sehingga polusi udara akan berkurang. Ini juga akan membantu Anda mengurangi stres pada manajemen perusahaan dan menghemat banyak biaya.
- Kemasan ramah lingkungan: ini adalah salah satu ide terbaik untuk produsen produk. Anda dapat mengubah gaya pengemasan produk Anda dengan menjadikannya lebih ramah lingkungan. Misalnya, Anda bisa mengganti penutup plastik menjadi tas atau karton yang terbuat dari bahan biodegradable.
- Skema Hijau untuk Pelanggan: Anda dapat datang dengan skema-skema dan penawaran ‘hijau’ untuk pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat menghadiahkan tas belanjaan kepada pelanggan sehingga mereka tidak perlu membawa belanjaan di dalam kantong plastik. Untuk iklan yang efektif dan gratis, cetak nama perusahaan Anda dengan pesan ‘tanpa plastik’ yang menarik di tas.
- Server CO2: kita semua menggunakan internet dan komputer untuk bekerja dan berbisnis. Ini juga menyebabkan terlalu banyak limbah elektronik dan berkontribusi terhadap polusi. Untuk mengurangi polusi tersebut, Anda dapat menggunakan server CO2 yang merupakan salah satu ide pemasaran yang hebat. Host web ramah lingkungan seperti itu, mengimbangi beberapa persentase penggunaan energinya dengan tenaga alami seperti tenaga angin, dll.
- Transportasi: jika bisnis Anda melibatkan atau mengandalkan transportasi maka Anda dapat menjadikan transportasi tersebut lebih ramah lingkungan, dengan beralih ke ‘green vehicle‘ atau menggunakan ‘green fuel’ untuk kendaraan Anda dll. Ini juga akan membantu mengurangi polusi udara.
Selain itu, Anda dapat memikirkan daur ulang dan pengelolaan limbah untuk proses bisnis Anda. Ini adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Sebagian besar ide ini tidak hanya akan membantu Anda mengurangi jejak karbon, tetapi juga sangat menguntungkan bagi bisnis. Banyak ide di atas membantu Anda mengurangi biaya layanan atau produk Anda yang pada akhirnya menghasilkan lebih banyak keuntungan.
Jadi cobalah beberapa ide ini dan jadilah salah satu pengusaha hijau yang sukses.