(Business Lounge Journal – Marketing)
Pada minggu lalu, media ramai-ramai memberitakan bagaimana seorang peselancar Australia, Matt Cuddihy menemukan Rolex Submariner yang langka di Samudera Pasifik.
Peselancar dan penjelajah laut Australia, Matt Cuddihy, sedang mengayuh dan menikmati selancar di lepas pantai Noosa, sebuah kota pantai yang indah di negara bagian Queensland, Australia. Ketika dia melihat sesuatu yang tidak biasa. “Saya baru saja snorkeling di sekitar area yang sama dengan yang biasa saya kunjungi di Noosa, dan sepertinya ada sedikit pasir yang bergeser dan memperlihatkan lebih banyak bebatuan dari biasanya. Saya menemukan tujuh sirip papan selancar terjepit di antara bebatuan. Melihat ke atas, saya melihat Rolex Submariner dengan talinya terjepit di bawah batu. Kacanya sebagian membeku karena pasir yang begitu lama ada di sekitarnya.”
Pada awalnya Matt mem-posting penemuannya tersebut ke media sosialnya. Sebuah jam tangan dengan jelas bertuliskan Rolex beserta logo mahkota. Walaupun bentuknya sudah tidak lagi utuh dan disertai serpihan-serpihan dasar laut yang sudah menempel pada permukaannya, namun jam tersebut dapat dengan mudah dikenali sebagai sebuah jam tangan bermerek Rolex.
Matt Cuddihy / Instagram
Awalanya Matt tidak percaya akan keberuntungannya. “Saya mengambil foto dengan GoPro saya, dan saya langsung tertawa dan mengira itu pasti tiruan,” jelas Cuddihy.
Berita baiknya adalah bahwa jam tangan tersebut masih berfungsi. Jarum detiknya masih bergerak. Ini hal pertama dan yang terpenting yang ingin dikabarkannya.
Ini mungkin tidak mengejutkan bagi para kolektor karena jam tangan Rolex terkenal sangat tahan bom.
Terlepas dari kondisi jam tangan tersebut yang sangat memprihatinkan, namun jam tangan tersebut masih berpotensi menghasilkan uang dalam jumlah besar.
Ketika Matt mencoba mencuci jam tangan tersebut, maka sebagian kotoran yang telah menempel pada permukaannya pun terlepas. Namun Matt menceritakan bahwa jam tangan tersebut berbau tidak enak dan tombol pemutarnya macet.
Namun jam tangan tersebut masih dapat menunjukkan waktu, namun bukan zona waktu Australia.
Tidak dikatakan apakah Matt bermaksud untuk menjualnya atau menyimpannya, tetapi bagaimanapun juga, jam tangan ini masih membutuhkan banyak perbaikan. Jika dibuat perbandingan, maka diperkirakan bahwa jam tangan yang ditemukan ini adalah Rolex Submariner
Tentang Rolex
Rolex didirikan pada tahun 1905 oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis di London. Rolex memulai perjalanan yang merevolusi dunia pembuatan jam. Dengan komitmen tak tergoyahkan pada inovasi dan keahlian, Rolex dengan cepat membuat sebuah pembuktian. Pada tahun 1926, mereka memperkenalkan jam tangan kedap air pertama di dunia, Oyster, dan pada tahun 1931, mereka meluncurkan terobosan mekanisme pemuntir otomatis abadi. Hal ini mengubah bagaimana jam tangan digerakkan.
Seiring berjalannya waktu, reputasi Rolex melambung tinggi. Arloji bergengsi dari merek ini menghiasi pergelangan tangan para pionir, penjelajah, dan visioner, memperkuat sebuah pencapaian yang luar biasa. Mulai dari Sir Edmund Hillary yang menaklukkan Gunung Everest hingga penyelaman bersejarah James Cameron ke bagian samudra terdalam, Rolex telah menemani para petualang yang ada dalam pembuktian kehebatan mereka.
Merek Rolex tidak hanya menaklukkan hati para petualang tetapi juga memikat pasar global. Komitmennya yang tak tergoyahkan terhadap kualitas dan presisi telah menghasilkan angka penjualan yang luar biasa, dari tahun ke tahun. Dengan pangsa pasar yang secara konsisten mengungguli para pesaingnya, Rolex telah mempertahankan posisinya sebagai pemimpin tak terbantahkan dalam industri jam tangan mewah.
Saat ini, Rolex telah berhasil membuktikan dirinya sebagai simbol prestise, presisi, dan keanggunan abadi. Dengan warisannya yang tak tertandingi, komitmen tak tergoyahkan terhadap kualitas, dan pendekatan visioner terhadap inovasi, Rolex terus menetapkan tolok ukur untuk jam tangan mewah. Di dunia di mana waktu adalah kemewahan tertinggi, Rolex tetap menjadi pencatat waktu terbaik, mewujudkan pengejaran kesempurnaan yang abadi.
Branding Rolex
Bagi Rolex, hal ini merupakan sebuah keuntungan. Bagaimana tidak, dengan serentak ada begitu banyak pemberitaan dilakukan untuk brand mahal ini. Ini menjadi sebuah pemberitaan gratis bagi Rolex.
Jam tangan Rolex dikenal di seluruh dunia karena keanggunannya yang tak lekang oleh waktu, teknik presisi, dan konstruksi kokohnya. Namun, yang membedakan Rolex dari para pesaingnya adalah pesan dan branding mereka yang kuat, yang dikemas dalam slogan-slogan terkenal mereka. Slogan-slogan ini dirancang untuk menciptakan hubungan emosional dengan konsumen, menyampaikan esensi merek, dan menekankan nilai intinya.
Misalnya, semboyan ikonik “Mahkota untuk setiap pencapaian” menyoroti komitmen Rolex terhadap keunggulan dan pengakuan terhadap individu yang mendorong diri mereka sendiri untuk mencapai kehebatan. Slogan lain, “Jam tangan berprestasi”, menekankan fungsionalitas, daya tahan, dan keandalan jam tangan.
Kekuatan slogan Rolex terletak pada kesederhanaan, kejelasan, dan relevansinya. Slogan Rolex pendek, menarik, dan beresonansi mendalam dengan pemakainya. Mereka membangkitkan emosi positif seperti motivasi, aspirasi, keunggulan, dan kesuksesan sambil membangun suasana eksklusivitas dan prestise.
Pada akhirnya, slogan jam tangan Rolex sangat penting dalam membangun identitas merek dan membantu konsumen terhubung dengannya pada tingkat yang lebih dalam dan lebih emosional.
Berikut beberapa slogan Rolex yang menarik:
“Uncompromising quality – it’s a Rolex thing.”
“Every moment counts – trust a Rolex.”
“Timeless sophistication – only with Rolex.”
“Style that speaks volumes – just like Rolex.”
“Tradition and innovation – both embodied by Rolex.”
“Make a statement – wear a Rolex.”
“Precision is everything – Rolex got you covered.”
“Exceptional quality – Rolex sets the standard.”
“Transform your look – with a Rolex watch.”
“Invest in excellence – invest in Rolex.”
dan masih banyak lagi.
Pentingnya Slogan
Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika Anda membuat slogan. Slogan yang sukses harus ringkas, menarik, dan mengomunikasikan esensi merek.
Slogan jam tangan Rolex mewujudkan menunjukkan kualitas ini.
Untuk membuat slogan jam tangan Rolex yang mengesankan dan efektif, seseorang harus menekankan pada sebuah keanggunan yang abadi, keahlian yang canggih, dan kemewahan dari merek tersebut. Menyoroti warisan merek dan status ikonik juga bisa menjadi cara terbaik untuk menciptakan kesan abadi.
Beberapa kiat untuk membuat slogan jam tangan Rolex termasuk menggunakan kata kerja dan kata sifat yang kuat, menggunakan pemicu emosional, dan menonjolkan nilai jual unik merek tersebut. Contoh slogan jam tangan Rolex yang hebat adalah “A Crown for Every Achievement”, yang merangkum eksklusivitas merek dan merayakan pencapaian pemakainya. Gagasan lain untuk slogan jam tangan Rolex mencakup “Elegance. Performance. Perfection”, “Experience the Unmatched Luxury”, dan “Craftsmanship with Perfection”. Namun, terlepas dari konten slogannya, itu harus selalu membangkitkan kualitas dan prestise merek yang luar biasa.
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari perjalanan Rolex. Namun bagaimana sebuah slogan dapat dibuktikan adalah sesuatu hal yang sangat penting.