menata etalase toko

Seri Mengelola Toko (4): “Etalasemu adalah wajahmu” – Serba Serbi Menata Etalase Toko

(Business Lounge Journal – Marketing)

“Etalasemu adalah wajahmu”. Setuju? Mungkin beberapa pebisnis dapat dengan sangat serius mendesain tampilan etalasenya. Tetapi bagi beberapa orang, maka etalase bukanlah sesuatu yang prioritas. Banyak yang menganggap bahwa hal yang terpenting ada di etalase adalah nama toko dan keterangan jenis barang yang disual, sehingga orang dapat mengenali ketika mereka mencarinya.

Namun demikian, dari pengalaman saya pribadi, entah beberapa kali saya memutuskan masuk ke sebuah toko karena melihat bagaimana penampilan etalase yang dimilikinya. Sebaliknya, beberapa kali saya pun mengurungkan niat saya untuk melangkah masuk melewati pintu toko karena tampilan etalasenya.

Pentingkah etalase?

Sekali lagi, etalasemu adalah wajahmu. Jika Anda memiliki lokasi yang strategis, dilewati oleh banyak orang, maka ini adalah nilai tambah yang dapat Anda manfaatkan. Karena itu, tampilan etalase Anda akan menjadi sangat penting. Bukan hanya etalase saja sebenarnya, tetapi juga area toko yang dapat terlihat dengan jelas dari luar.

Pandangan pertama para calon pelanggan akan sangat menentukan langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan.

Etalase adalah titik kontak pertama antara toko dan pelanggan. Karena itu, ini menjadi kesempatan untuk menciptakan kesan pertama yang sangat penting. Etalase yang kreatif dan menarik akan meningkatkan lalu lintas pejalan kaki dan semakin menarik banyak orang untuk datang. Lalu bagaimana dapat membuat tampilan etalase toko Anda sehingga mendorong penjualan?

Siapa Audiens Anda?

Sekarang dapatkah Anda menjawab siapakah yang menjadi audiens Anda? Siapakah yang akan menjadi sasaran utama Anda?

Etalase Anda haruslah sesuai dengan target audiens Anda dan desain tampilan etalase toko Anda sangat tergantung kepadanya. Namun demikian, jangan membuatnya dengan amat sangat spesifik sehingga mematikan pelanggan potensial Anda.

Tentukan dan pelajari siapa audiens yang Anda targetkan. Kenali juga jenis produk yang mereka sukai, apa yang tren di kalangan mereka, dan apa yang mungkin menarik perhatian mereka.

Jika toko yang Anda miliki berada di lintasan para karyawan, maka tentu saja target audiens Anda akan berasal dari kalangan para pekerja kantoran. Begitu juga jika toko Anda berlokasi di daerah kost atau kampus, maka Anda harus tahu bahwa merekalah yang akan banyak melintas di depan toko Anda.

Sebut saja Uniqlo yang memiliki visi: a modern Japanese company that inspires the world to dress casual. Brand asal Jepang itu menargetkan siapa saja yang mau berpenampilan casual. Maka Uniqlo tidak akan mengisi etalasenya dengan setelan jas, tuxedo, ataupun kain dan kebaya.

Ingatlah bahwa tampilan Anda harus mencerminkan daya tarik yang ingin Anda sampaikan kepada audiens yang sama melalui produk Anda.

Tentukan Tema yang Tepat

Penting bagi Anda untuk menentukan tema yang tepat untuk etalase Anda.

Tema etalase haruslah menggambarkan apa yang tersedia pada toko Anda sehingga pelanggan tahu apa yang mereka harapkan untuk mereka dapatkan saat mereka memasuki toko. Tampilan keseluruhan etalase harus sesuai dengan identitas toko saat memamerkan produk yang dijualnya.

Karena itu, sebelum membuat perencanaan sketsa etalase Anda, mulailah dengan menentukan tema terlebih dahulu. Kerahkanlah segenap keterampilan mendongeng Anda untuk menggambarkan sesuatu yang menarik.

Misalnya, alih-alih mengambil tema “Valentine” secara general, pikirkanlah tema “Chocolate Warrior (chocwarrior)”.

Rencanakanlah juga tampilan etalase Anda untuk tema musiman dan tema liburan. Buatlah juga beberapa signage yang bagus untuk memberikan informasi kepada pelanggan Anda tentang apa yang sedang dijual.

Hal penting lainnya adalah untuk mengubah-ubah tema etalase Anda sesuai dengan musim atau hari-hari penting yang sedang berlangsung. Pastikan juga untuk menjaga etalase Anda tetap bersih.

Membuat Titik Fokus

Titik fokus etalase Anda harus menjadi yang memicu rasa ingin tahu dan minat orang yang lewat. Di sini Anda dapat berharap bahwa melalui titik fokus tersebut, pelanggan potensial Anda akan jadi penasaran. Titik fokus tampilan etalase Anda haruslah cukup besar untuk menarik perhatian pembeli, bahkan ketika mereka berada di seberang jalan.

Itulah sebabnya, Anda harus memikirkan produk apa dan pengaturan seperti apa pada titik fokus ini. Pikirkan juga berbagai kombinasi tentang konfigurasi dan perubahan yang berbeda untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda.

Posisikan Produk yang Relevan Setinggi Mata

Apa yang Anda inginkan untuk dilihat oleh pelanggan Anda pertama kali? Maka letakkanlah itu sejajar dengan mata Anda. Sebab jika Anda meletakkannya pada dasar etalase, maka tidak akan ada yang dapat langsung memperhatikannya.

Mungkin itu aksesori, pakaian, atau bahkan papan nama toko Anda. Tempatkan produk yang paling penting sejajar dengan mata Anda untuk membuat tampilan etalase Anda menarik perhatian para pelanggan juga memberikan mendorong mereka untuk masuk dan melakukan transaksi. Apalagi jika Anda tahu benar bahwa produk tersebut sedang tren dan dicari oleh orang banyak.

Sesuaikan dengan Lokasi

Buatlah desain etalase Anda berdasarkan lokasi toko Anda.

Seperti telah dibahas di atas, telitilah terlebih dahulu siapa yang menjadi target audiens Anda. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan lokasi toko Anda. Apakah lokasi toko Anda terletak pada pusat perbelanjaan di mana banyak orang akan berjalan-jalan santai sambil cuci mata? Apakah toko Anda berlokasi di area yang sibuk? Atau siapakah yang berlalu lalang di depan toko Anda? Pejalan kaki? Mereka yang mengendarai mobil?

Semua parameter ini akan membantu Anda untuk membuat etalase Anda semakin baik.

Misalnya saja, jika mereka yang lalu lalang di depan toko Anda adalah para pejalan kaki yang berjalan santai, maka tidak masalah jika Anda menempatkan produk atau papan nama toko yang tidak terlalu besar namun dapat tetap terlihat dari jarak tertentu. Namun jika toko Anda terletak di dekat jalan raya, di daerah yang sibuk, maka buatlah etalase Anda menjadi lebih sederhana dengan warna yang kontras. Pilihlah item barang yang lebih besar sehingga orang dapat segera melihatnya walaupun mereka sedang jalan dengan bergegas.

Sederhana dan Tidak Berantakan

Tidak ada gunanya memajang terlalu banyak barang di etalase Anda. Hal ini hanya membuat para pejalan kaki kehilangan fokusnya. Tanpa titik fokus, maka tampilan etalase Anda tidak akan memiliki tujuan dan menjadi kurang efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Inilah sebabnya menjadi penting untuk menghindari terlalu banyak item pada etalase Anda.

Penting untuk Anda ingat bahwa etalase bukanlah untuk memamerkan semua barang yang Anda jual, tetapi untuk menampilkan produk yang menurut Anda akan menarik perhatian calon pengunjung. Selain juga untuk menarik perhatian mereka yang melintas untuk masuk ke toko Anda. Desainlah dengan sederhana namun mencolok. Ini akan menjadi sebuah magnet.

Ubah Etalase Secara Teratur

Ini akan membuat para pelintas di depan toko Anda menjadi penasaran. Misalnya saja, Anda selalu mengubah tampilan etalase Anda setiap bulan. Maka mereka yang melintas di depan toko Anda secara periodik, akan menantikan saat tema etalase berganti.

Ini tentu saja menghindari kesan monoton pada toko Anda dan memberikan kesan segar dan menarik.

Bayangkan memiliki titik fokus dan tampilan etalase yang sama selama sekitar enam bulan tanpa perubahan apa pun. sangat membosankan.

Tidak harus mahal dan juga tidak harus memakan waktu dan tenaga untuk mendesainnya. Cukup ganti beberapa latar belakang atau pakaian manekin untuk mempertahankan tampilan yang konsisten setiap beberapa minggu.

Perbarui seluruh tampilan Anda setiap satu atau dua bulan agar tetap relevan dan menarik. Sekali lagi, sangat disarankan agar Anda menjaga tampilan etalase Anda tetap bersih yang akan memberikan kesan bahwa toko Anda pun bersih.

Atur Pencahayaan

Apa pun jenis etalase yang ingin Anda buat, misalnya kesan energic, smart, romantis, atau entah apa pun itu, tanpa pencahayaan strategis tidak akan menyampaikan pesan yang ada dengan benar. Para pelintas pun tidak akan menengok pada etalase Anda, apalagi mampir.

Seorang fotografer asal Amerika, Aaron Rose pernah berkata, “Dalam cahaya yang tepat, pada waktu yang tepat, semuanya luar biasa.” Ini menekankan pentingnya pencahayaan termasuk untuk sebuah toko.

Saat Anda menyalakan lampu etalase dari atas, maka itu akan menciptakan bayangan yang terlalu ‘keras’. Sebaiknya pertimbangkanlah pencahayaan dari semua sudut, karena ini akan membuat kualitas 3D dinamis ke etalase Anda. Pertimbangkan untuk berinvestasi pada lampu sorot yang dapat Anda nyalakan dan matikan. Ini akan meningkatkan visibilitas Anda dan menciptakan kesadaran atas sebuah brand, bahkan di malam hari.

Selain itu, cobalah bermain dengan kontras atau ciptakan area eksposur tinggi dan rendah yang akan mengarahkan mata pelanggan yang melintas di depan etalase Anda. Tariklah perhatian mereka ke titik fokus utama. Untuk memastikan pencahayaan Anda menampilkan titik fokus dan seluruh etalase Anda, keluarlah dari toko Anda di malam hari dan amati etalase Anda dari sudut pandang pejalan kaki. Apakah produk yang Anda tampilkan akan terlihat dengan jelas? Bisakah orang menikmati tampilan etalase Anda bahkan di malam hari?

Semoga apa yang kita bahas pada artikel ini dapat memberikan banyak ide dalam mengatur etalase Anda.