(Business Lounge Journal – News and Insight)
Kehadiran toko online membuat perubahan bagi kehidupan masyarakat modern. Bukan hanya dalam sektor teknologi saja, tapi sebuah perkembangan ini membuat ekonomi terus berjalan dan berkembang.
Indonesia menjadi salah satu negara yang ekonominya terbantu dengan munculnya berbagai macam aplikasi online yang sering disebut e-commerce atau marketplace, yang sangat memudahkan masyarakat dalam jual beli barang atau makanan.
Sebuah riset yang ditarik dari “The state of e-commerce app marketing 2022”, ternyata Indonesia adalah salah satu negara dengan angka belanja digital terbesar nomor urut ketiga setelah Brazil dan India.
Dengan begitu kebutuhan akan teknologi seperti handphone terus meningkat, dikarenakan pemasangan aplikasi di ponsel Android naik sebesar 70% dari Januari 2020 sampai Juli 2022. Apalagi dengan adanya batasan-batasan yang dilakukan karena pandemi membuat aktivitas masyarakan berpindah ke digital.
Jadi, kali ini kita akan membahas toko online apa saja yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia saat ini :
- Tokopedia
Menjadi nomor urut pertama marketplace dengan pengguna terbesar di Indonesia. Aplikasi yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini memperoleh kenaikan pengguna secara drastis.
Beragam pilihan produk yang tersedia bahkan adanya berbagai fitur yang mempermudah pengguna dalam berbelanja menjadikan salah satu alasan kenapa terjadi kenaikan yang begitu drastis. - Shopee
Menjadi urutan kedua dan merupakan pesaing terberat Tokopedia. Sebuah marketplace asli Singapura ini tidak mau berhenti untuk memberikan fitur dan beragam pilihan yang akan menarik pengguna.
Sekalipun peringkatnya masih kalah dengan Tokopedia, tapi Shopee tetap menjadi salah satu marketplace yang sangat diperhitungkan karena harga yang terjangkau, dan banyaknya promo yang sangat memanjakan penggunanya - Bukalapak
Marketplace ini memilih untuk fokus kepada penjualan produk UMKM di Indonesia. Dengan usaha menggandeng banyak pihak swasta maupun pemerintah untuk semakin mengembangkan bisnisnya.
Meski berbeda dengan Tokopedia dan Shopee yang begitu populer, tapi aplikasi ini bisa diperhitungkan jika kamu tertarik untuk berjualan online atau membeli produknya. - Lazada
Menempati posisi keempat sebuah marketplace dari perusahaan Alibaba Group ini sudah memiliki pertumbuhan 2,4 kali lipat dibandingkan pada saat awal pandemi tahun 2019. Dengan begitu menunjukan Lazada masih memiliki banyak peminat dan lumayan populer di kalangan masyarakat. - Blibli
Menduduki posisi kelima sebuah marketplace yang menjadi sponsor utama PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) ini ternyata sangat populer juga di kalangan masyarakat. Dengan survey yang ada ternyata para konsumen memilih Blibli dikarenakan reputasinya yang baik, produknya yang otentik
Lima marketplace ini merupakan yang terbesar dan terpopuler di Indonesia pada tahun 2022. Kini sudah menjadi bagian yang penting dalam penjualan online di dunia termasuk Indonesia.
Dengan adanya fitur yang menarik dan mempermudah saat berbelanja, maka memikat banyak masyarakat untuk berpindah ke dunia online. Selain fiturnya yang menarik, belanja online sangat cepat, aman dan memiliki transaksi yang sangat mudah. Pastinya sangat membatu meningkatkan ekonomi di bangsa ini.