Bila Para Recruiter Ikut Berselancar di Medsos

(Business Lounge Journal – Human Resources) Menemukan kandidat yang memang cocok dan sesuai dengan bidangnya merupakan kepuasan seorang HR rekrutmen. Tetapi belum tentu budget yang tersedia cukup untuk melakukan pencarian kandidat yang sesuai dengan keinginan perusahaan, apalagi jika kandidat tersebut untuk jabatan menengah ke atas sudah dipastikan tidak sedikit biaya yang dikeluarkan, sebab tidak jarang Anda membutuhkan bantuan jasa executive search. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat memiliki strategi di luar jasa konsultan yang Anda pakai.

Ramai berelancar di media sosial

Saat ini hampir setiap orang memiliki komunitas di media sosial, banyak orang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mencari teman, berbisnis, dan promosi. Beberapa waktu terakhir ini banyak perusahaan demi mensiasati keterbatasan budget rekrutmen tenaga profesional menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Tidak diragukan jika melakukan perekrutan melalui jasa pencari kerja untuk posisi Manager atau Management atas akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Karena itulah para HR mulai berselancar di berbagai group WhatsApp, LinkedIn, Facebook, dan media sejenisnya untuk mencari kandidat. Hal lain mengapa para HR juga menggunakan media sosial untuk mencari kandidat adalah banyaknya tenaga profesional pasif yang tidak melamar karena keterbatasan waktu yang dimilikinya. Dari data yang didapat dari media sosial HR dapat mulai melakukan seleksi berdasarkan data yang ada tersebut, misalnya :

  • Memperhatikan pelatihan yang pernah diikuti apakah sesuai dengan bidang kerja yang digelutinya
  • Memperhatikan foto profil kandidat yang dicari, bahkan secara tidak sengaja HR dapat memperhatikan aktivitas kandidat yang dibidik tersebut. Jika kandidat tersebut tidak memasang foto dirinya sebaiknya kandidat tersebut dipertimbangkan untuk tidak dimasukan kedalam daftar kandidat yang akan dipanggil interview, sebab sudah dipastikan bahwa kandidat tersebut sangat tertutup.
  • Memperhatikan juga tugas-tugas atau job description yang dilakukan selama ini.
  • Memperhatikan komen yang diberikan apakah menciptakan konflik atau keluhan terhadap pekerjaan yang saat ini digeluti.

Mengundang interview

Jika telah ditemukan beberapa kandidat maka undanglah kandidat tersebut untuk melakukan interview, kadang memang tidak mudah untuk menarik perhatian para profesional pasif untuk tertarik menghadiri interview. Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian mereka, yaitu :

  • Buatlah subject pesan yang menarik.
  • Perkenalkan perusahaan pencari pekerja dengan singkat, sebab penulisan perkenalan yang panjang belum tentu menarik minat kandidat yang dituju.
  • Berikan waktu apabila 2 atau 3 hari undangan interview tersebut belum mendapat respon, HR dapat mengirim kembali undangan untuk interview.

Jangan sia-siakan komunitas media sosial yang Anda gunakan untuk mendapatkan kandidat terbaik yang Anda butuhkan.

Sonya/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x