(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Garuda Indonesia sudah menggondol berbagai peghargaan tingkat dunia, dimulai dari World’s 5-Star Airline dari SkyTrax, sebagai perusahaan penerbangan dengan kualitas terbaik (Highest Quality Performance) untuk produk dan pelayanan. Mendapatkan penghargaan perusahaan penerbangan terbaik di Asia dan Australia dari Apex Passanger Choice Award 2014, World’s Best Cabin Crew dari SkyTrax 2014 dan 2015. Kelas ekonomi terbaik dari SkyTrax dan medali emas untuk anggur putih terbaik oleh Cellar in The Sky pada tahun 2014. Keberhasilan ini merupakan bentuk kinerja dari pengelolaan customer journey sejak pre journey saat pelanggan mencari tiket dan memesan tiket, lalu pre flight saat sedang check in dan menunggu pesawat. In flight, selama di pesawat, post flight saat tiba dan juga sesudah perjalanan melalui customer relationship. Penilaian dilakukan melalui pengalaman pelanggan di seluruh perjalanan customer yang sukses.
Apakah Garuda Indonesia akan mempertahankan hal ini hingga masa depan? Bukan saja mempertahankannya, namun juga mengembangkan layanan Garuda lebih lagi dari apa yang ada sekarang. Gambar berikut ini bisa menjawabnya.
Di masa depan, Garuda Indonesia menambahkan pengalaman pelanggan dengan istilah high tech dan high touch. Layanan pelanggan ini antara lain berisi E-Card yang memungkinkan pemesanan pesawat menggunakan kartu, juga pada saat check in atau pun proses pelanggan yang selanjutnya. Akan digunakan juga in-flight entertainment (IFE) yang tersedia pada ruang tunggu dan dapat dilanjutkan pada saat di pesawat terbang. IFE menyediakan juga layanan rekaman musik atau film yang favorit. Garuda Indonesia juga akan memperkenalkan e-boarding pass & baggage tracking with e tag sehingga pelanggan dapat memonitor bagasi sendiri. Profile page, seating & meal preferences merupakan bentuk layanan pelanggan yang menyediakan data pribadi, hobi, dan juga dapat memesan tempat dan makan pada awal perjalanan.
Karena pendekatan high tech & high touch, maka Garuda Indonesia akan melakukan investasi dan juga inovasi pada teknologi, masa depan Garuda Indonesia akan lebih modern dengan kelas ekonomi yang baru, kelas bisnis yang baru dan yang akan menjadikan Garuda Indonesia tetap sebagai sepuluh maskapai penerbangan terbaik di seluruh dunia.
Fadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group