Honda Motor Co. telah menjual seluruh 8.600 mobil Coupe S660 terbuka baru mereka yang diproduksi tahun ini, semuanya telah dipesan penuh pada bulan Juni. Satu-satunya masalah adalah empat dari lima pembeli mobil seharga $ 16.000 itu berusia lebih dari 40 tahun.
Ternyata pembeli jenis mobil Coupe ini yang jauh lebih tua dibandingkan dengan model lainnya dalam lingkup jenis Honda dan banyak dari pelanggan yang lebih tua ini adalah pelanggan tetap yang membeli coupe sebagai mobil kedua, demikian dinyatakan Misato Fukushima, juru bicara perusahaan. Hal ini juga sangat berbeda dengan mobil sport terakhir Honda diperkenalkan pada tahun 1999, yaitu model S2000, dimana hanya satu dari lima pembeli yang berusia lebih dari 40 tahun.
Pelanggan tetap yang sudah berusia menunjukkan Honda memiliki penggemar lama yang kuat, tetapi gagal untuk menarik pelanggan muda dan akan berdampak pada prospek ke depan di pasar dalam negeri. Masalahnya tidak terbatas pada Honda. Di Jepang, dengan adanya stagnan pendapatan tahunan dan sistem transportasi publik yang efisien mengimplikasikan bahwa banyak orang muda di Jepang tidak merasa perlu untuk memiliki mobil. Jumlah pemegang SIM di bawah usia 40 telah menurun 46 % selama 13 tahun terakhir.
Hal ini tentunya akan menjadi tantangan besar bagi Honda untuk memikat pembeli muda. Jika Anda membandingkan fitur demografi dan pendapatan rata-rata dengan 20 tahun yang lalu, maka motivasi bagi kaum muda untuk membeli mobil tersebut sangat kecil.
Honda mengharapkan S660 menjadi populer di kalangan pelanggan yang lebih tua tapi mereka percaya proporsi pembeli muda akan meningkat secara bertahap.
Dengan S660, Honda bertaruh dengan resiko tinggi – dimana mobil tersebut dirancang oleh designer jenius yang berusia 20-an tanpa pengalaman engineering – yang diharapkan akan menghidupkan kembali citra yang independen antara pembuat mobil utama, model mobil yang menarik, serta bukan hanya kuat dalam pasar mobil model kecil dan ekonomis.
Permintaan untuk S660 sangat cepat dan Honda berencana untuk memulai menerima pesanan lagi pada bulan Oktober.
Salah satu pengalaman pembeli Honda yaitu Hitoshi Arai, 66 tahun, menyatakan bahwa dia mengendarai merek-baru S660 melalui pedesaan sebanyak dua sampai tiga kali sebulan dan itu terasa seperti menghirup udara segar. Sedangkan kedua anaknya yang berada di usia 30-an, belum berbagi cerita dalam perjalanan mereka.
Kelihatannnya yang lebih tua telah menunjukkan minat dan ketertarikannya, tetapi yang lebih muda sama sekali tidak memiliki ketertarikan dengan mobil, demikian dinyatakan Arai, yang juga memiliki sebuah mobil sport Honda.
Honda S660 adalah mobil sport dua tempat duduk yang cocok dalam kategori mobil sangat kecil. Mobil beratnya sekitar 830kg dengan transmisi manual dan 850kg dengan CVT auto.
Honda S660 sangat ringan, mesin telatk di tengah, mobil sport yang terbuka. Dimensinya, hampir identik dengan Honda Beat 1990, dan menggunakan mesin tiga silinder yang sama dengan perbaikan mekanik.
Model mobil ini didukung oleh motor 660 cc. Ini adalah versi modern dari Honda mobil pertama yang diproduksi secara massal, sebelumnya Honda S500 diperkenalkan pada tahun 1963.
Desain mid-engine di bagian depan dan belakang mobil untuk memberikan kualitas penanganan yang baik. Desain ini diklaim memiliki keseimbangan berat 45/55 depan / belakang.
Mobil di kisaran ukuran ini saat ini tidak banyak dijual di Amerika Serikat. Model S660 lebih kecil dan kurang kuat daripada Mazda Miata, saat ini salah satu mobil sport ringan yang tersedia di AS.
Tim pengembangan S660 dipimpin oleh Ryo Mukumoto yang mengalahkan 400 peserta lain di persaingan rumah Honda. Honda membuatnya menjadi insinyur termuda dalam sejarah perusahaan meskipun ia tidak memiliki pengalaman teknik. Dia berusia 22 tahun ketika ia dipilih dan diberikan kesempatan 5 tahun untuk mengembangkan mobil sport.
dodo/VMN/BL/Journalist
Editor : Ruth Berliana
image:autoevolution