(Business Lounge – Business Insight) Layanan pesan antar makanan online FoodPanda kembali memberikan penawaran menarik kepada pelanggannya dengan memperpanjang layanan antar secara gratisnya pada bulan Juni ini. Artinya pelanggan hanya perlu membayar makanan yang dipesan sesuai dengan harga yang ditetapkan restorannya, tidak ada biaya tambahan berupa biaya antar. Selain membebaskan ongkos antarnya, sepanjang bulan Ramadhan nanti, FoodPanda juga menawarkan layanan pengiriman (delivery order) nonstop atau 24 jam sehari (pada hari biasa FoodPanda melayani dari pukul 09.00 – 22.00 Wib). Hal ini diharapkan dapat mempermudah pelanggan yang ingin buka puasa ataupun sahur, dengan demikian pelanggannya tidak perlu kesulitan mencari makanan. Selain itu, juga ada banyak promo diskon dan voucher menarik lainnya.
Seperti yang pernah saya bahas dari artikel sebelumnya, startup yang memiliki visi untuk menjadi leader dalam layanan jasa pesan dan antar makanan secara online, berusaha terus untuk memberikan dan meningkatkan service yang terbaik bagi pelanggannya. Untuk mencapai itu, FoodPanda menetapkan beberapa strategi, salah satunya adalah program promo yang memang menjadi salah satu strategi utama layanan pesan antar makanan online ini. Selain dua strategi lainnya yaitu membentuk rekanan bisnis dan memperluas wilayah layanan.
FoodPanda Indonesia didirikan pada bulan Mei 2012, sampai saat ini sudah melayani di 6 wilayah atau kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar dan juga pulau Bali. Selain Indonesia, Foodpanda sudah beroperasi di 45 negara di dunia. Untuk mendapatkan layanan ini, pengguna bisa mengaksesnya pada website mereka di www.foodpanda.co.id, selain itu bagi pengguna smartphone, Foodpanda juga menyediakan aplikasinya yang dapat diunduh dari Android, iOS, dan Windows Phone. Selain melakukan pemesanan dan mendapatkan informasi lengkap mengenai restoran, pengguna juga bisa memberikan komentar mengenai makanan dan pengalamannya memesan makanan di Food Panda.
Mengenai restorannya, pihak Foodpanda mengatakan sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 1000 restoran yang terdiri dari berbagai kategori, mulai dari makanan Indonesia, Western, Jepang bahkan sampai jajanan kaki lima. Beberapa restoran seperti Platinum, Gokana Ramen dan Teppan, Bakso Malang Karapitan, Solaria, Texas Fried Chicken, Tous les Jours, pasti sudah familiar bagi Anda.
Untuk melakukan pemesanan, pelanggan tinggal mengikuti 3 langkah mudah, yaitu mencantumkan lokasi kota dan wilayah, memilih restoran dan kemudian memilih makanan yang akan dipesan. Makanan akan segera diantarkan ke tempat tujuan Anda, dan untuk pembayarannya sejauh ini FoodPanda masih menerapkan sistem COD yaitu bayar di tempat. Dikabarkan Foodpanda sedang berusaha mengembangkan fitur pembayaran online dengan bekerjasama dengan beberapa bank dan operator seluler untuk menerapkan pembayaran melalui kartu kredit, dompet mobile dan internet banking.
Rebecca Hayati/VMN/BL/Managing Partner E-Commerce
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia