(Business Lounge – Manage Your Business) Foodpanda adalah sebuah layanan pesan antar makanan online yang cukup popular saat ini. Startup yang baru saja merayakan ulang tahun yang ketiga ini, memiliki visi untuk menjadi one stop solution bagi mereka yang ingin memesan makanan secara online. Selama ini orang masih lebih familiar dengan pemesanan makanan melalui telepon, Foodpanda ingin mengubahnya supaya lebih banyak lagi orang yang memesan makanan secara online.
Berdasarkan informasi yang diterima, Food panda saat ini sudah memiliki lebih dari 1000 rekanan rumah makan yang bergabung dengan mereka, dengan kategori mulai dari makanan Indonesia, Jepang,Western, hingga kedai jajanan kaki lima. Awalnya pengguna layanan ini lebih banyak ekspatriat, hal ini disebabkan mereka lebih teredukasi dengan layanan online dibandingkan dengan pengguna lokal. Akan tetapi kini penggunanya sudah lebih banyak pengguna lokal yaitu sebanyak 80 %.
Di dalam industri e-commerce khusus layanan pesan antar makanan ini, FoodPanda bukanlah pemain tunggal, salah satu kompetitor yang menyediakan layanan serupa adalah Go-Food layanan pesan antar makanan yang dikeluarkan oleh Go-jek baru-baru ini. Akan tetapi menurut pihak Foodpanda, Go-food bukanlah kompetitor mereka secara langsung. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya layanan Go-food berbeda dengan Go-Jek. Dari service yang diberikan misalnya, Foodpanda berfokus khusus melayani pesan antar makanan, sedangkan layanan Go-jek sekalipun memiliki layanan Go-food bukanlah layanan utama mereka. Dengan fokusnya ini, maka Foodpanda akan bisa lebih konsen untuk meningkatkan kualitas layanannya, mulai dari menyediakan box makanan yang disesuaikan untuk kondisi panas atau dingin, jadi ketika diantar, kualitas makanan masih bagus dan tidak berantakan. Selain itu untuk menjaga kualitas makananya, foodpanda memberlakukan batasan jarak pengantaran maksimal sejauh 5 km. Selain itu= Foodpanda juga terus berupaya untuk menambah jumlah variasi makanan yang mereka tawarkan.
Selain berupaya untuk meningkatkan kualitas layanannya, berikut adalah strategi Foodpanda untuk memenangkan kompetisi dalam segmen ini:
Program promo
Strategi utama dari Foodpanda adalah menawarkan promo kepada pelanggannya. Misalnya saja dalam rangka merayakan ulang tahun yang ketiga ini, foodpanda bekerjasama dengan rekan bisnis perbankan mereka untuk memberikan diskon menarik selama bulan Mei 2015 ini. Ada diskon 50% bagi para pengguna kartu kredit Bank BCA setiap hari Selasa, diskon 25% untuk pengguna kartu kredit Bank Mega, dan diskon 15% untuk pengguna kartu kredit Citibank yang berlaku setiap hari. Selain itu, khusus untuk bulan Ramadhan nanti, foodpanda juga berjanji untuk tetap membuka layanannya selama 24 jam. Foodpanda mengklaim akan selalu memberikan promo yang lebih menarik dibandingkan dengan kompetitornya.
Rekanan bisnis
Selain melakukan program promo, Foodpanda juga aktif bekerjasama dengan berbagai rekan bisnis misalnya telco, perbankan, dan yang lainnya. Dengan kerjasama ini, maka akan membantu mereka untuk terus bertumbuh di pasar yang ada.
Memperluas wilayah
Foodpanda juga berencana untuk memperluas wilayah layanannya ke beberapa kota lainnya pada tahun ini. Akan tetapi walaupun akan memperluas wilayahnya, mereka akan tetap fokus pada wilayah Jabodetabek. Bagi mereka, Jabodetabek adalah barometer, jika mereka berhasil menenangkan persaingan di Jabodetabek, maka otomatis kota-kota lainnnya akan mengikuti. Untuk saat ini selain Jabodetabek, layanan ini tersedia di beberapa kota besar lainnya yaitu Bandung, pulau Bali, Surabaya, Medan dan juga Makasar.