(Business Lounge – Business Insight) Pada Selasa (7/4) FedEx Corp telah mengumumkan akan melakukan akuisisi terhadap perusahaan Shipping and Courier Service Provider asal negeri kincir angin yaitu TNT Express. Biaya yang dikeluarkan FedEx berjumlah 4,8 miliar USD atau setara dengan 62,4 triliun rupiah. Dengan pembelian TNT, FedEx telah memperluas bisnisnya di benua Eropa dan memperbesar market share global dalam bisnis ini.
Hingga akhir tahun 2014 lalu, market share secara global untuk industri Shipping and Courier Service tergambarkan pada grafik dibawah ini.
Sumber: statista.com (diolah kembali)
Saat ini, UPS memang memiliki market share terbesar secara global(19.6%). Tetapi dengan FedEx mengakuisisi TNT Express, maka market share yang dimiliki oleh FedEx secara global akan bertambah menjadi 17,9% atau hampir mendekati UPS.
Sebelumnya, UPS pernah mengajukan diri untuk mengakuisisi saham TNT pada tahun 2013, namun permintaan tersebut ditolak oleh pemerintah Eropa. Hal ini dilakukan untuk melindungi perusahaan pengiriman tuan rumah DHL untuk tetap merajai jumlah market share di Eropa. Diagram dibawah ini menggambarkan market share di pasar Eropa.
Sumber: statista.com (diolah kembali)
Pertumbuhan ekonomi Eropa saat ini sedang melambat, namun masih menjadi pasar yang sangat baik untuk ekspor dan impor. TNT akan memberikan akses pasar Eropa kepada FedEx yang lebih besar, khususnya pasar domestik Inggris, dan Prancis yang belum memiliki pemain besar di dalamnya seperti dilansir oleh reuters.
Dengan aksi akuisisi ini, FedEx berhasil menyalip UPS pada pasar Eropa dan menjadi pemilik market share Eropa terbesar kedua setelah DHL. Langkah akuisisi ini memang lebih efektif jika dibandingkan dengan melakukan product development dan market development FedEx di Eropa tempat pasar untuk bisnis ini telah terbentuk.
Sulitnya Memperbesar Market Share
Di pasar yang sudah terbentuk, maka akan sulit bagi produsen untuk memperbesar market share mereka. Di samping inovasi dan service quality yang terus menerus harus dikembangkan, hal lain yang menyebabkan sulitnya memperbesar market share adalah brand loyalty para konsumen kepada pemain lama dan juga trust yang telah terbangun terhadap pemain lama yang sulit untuk diubah.
Untuk mencuri market share dari para lawan, pada pasar yang sudah terbentuk dan sudah dijajaki oleh pemain lama yang juga besar memang merupakan hal yang tidak mudah. Salah satu langkah mudah dan efektif adalah dengan mengakuisisi perusahaan pesaing seperti yang dilakukan oleh FedEx. Langkah ini memang tidak murah, namun akan lebih effisien jika dilakukan dengan menggunakan sumber pendanaan dengan beban pengembalian yang serendah mungkin dibandingkan dengan return perusahaan yang diakuisisi.
Ke depannya, FedEx diharapkan mampu mengintegrasikan TNT dengan baik. Karena bukan hal yang mudah menyatukan perusahaan yang hampir sama besarnya. Hal tersebut demi terjaganya atau meningkatkan jumlah market share baik di Eropa maupun global. Dengan kekuatan yang lebih besar FedEx seharusnya mampu mempengaruhi bisnis Shipping and Courier Service sesuai dengan tujuan FedEx sehingga dapat memberikan keuntungan terhadap, FedEx dan selanjutnya dapat meningkatkan nilai pemegang saham FedEx yang lebih besar setelah aksi akuisisi ini.
Abdullah Khair/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana