(Business Lounge – Tech& gadget) Raksasa teknologi Google setiap tahun biasanya akan mengubah algoritma mesin pencarinya sebanyak 500-600 kali. Meskipun sebagian besar di antaranya hanyalah perubahan kecil, namun search engine terpopuler ini sesekali juga meluncurkan pembaruan algoritma besar-besaran, misalnya Google Panda, Google Penguin, dan Google Hummingbird yang memunculkan imbas signifikan pada hasil pencarian.
Seperti yang dilansir dari The Next Web, hari ini Google baru saja mengumumkan akan membuat perubahan kembali untuk menilai peringkat sebuah website berdasarkan halaman utamanya. Bagi para pegiat SEO sendiri, waktu peluncuran pembaharuan algorita Google ini dapat dijadikan tolak ukur bagi perubahan peringkat dan jumlah pengunjung organik situs web tertentu.
Halaman utama yang digunakan untuk membantu peringkat website adalah untuk kata kunci tertentu atau frase yang tidak berat yang disebutkan di situs itu sendiri. Halaman ini khusus dibuat untuk hasil pencarian dan biasanya tidak terkait ke mana saja, jadi hanya di situs itu sendiri.
Saat ini memang sangat mudah untuk mengacaukan halaman utama dengan halaman arahan, karena halaman utama dan halaman arahan tidak sama. Halaman utama memberikan informasi yang berguna bagi pengguna yang mengunjungi sedangkan halaman arahan hanya trik pengguna untuk datang ke situs dengan menunjukkan informasi yang tidak relevan dalam hasil pencarian.
Meskipun teknik ini sudah dianggap spam oleh beberapa mesin pencari, Google mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperbaiki algoritma lebih lanjut untuk menghukum halaman arahan tersebut dalam hasil pencarian.
Dewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana