Facebook – “Be Connected. Be Discovered. Be on Facebook.”

SpecialReport-Facebook

Facebook yang sebelumnya dikenal dengan Thefacebook, merupakan layanan jejaring sosial online yang berkantor pusat di Menlo Park, California. Situs ini diluncurkan pada 4 Februari 2004, oleh Mark Zuckerberg bersama teman kampusnya (mahasiswa Universitas Harvard Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Pada awalnya keanggotaan situs ini hanya terbatas pada mahasiswa Harvard, namun kemudian diperluas ke perguruan tinggi di wilayah Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Secara bertahap kemudian berkembang penggunaannya ke berbagai universitas lain dan kemudian siswa SMA.

Pada 26 September 2006, akhirnya Facebook dibuka untuk semua yang berusia 13 tahun dengan alamat email yang valid. Pada akhir 2007, Facebook memiliki 100.000 halaman bisnis (halaman yang memungkinkan perusahaan untuk mempromosikan diri mereka sendiri dan menarik pelanggan). Pada Juni 2014, Facebook memiliki lebih dari 1,3 miliar pengguna dan memiliki perwakilan di 34 kota: Amsterdam, Auckland, Berlin, Brasilia, Brussels, Buenos Aires, Dubai, Dublin, Gurgaon, Hamburg, Hong Kong, Hyderabad, Jakarta, Karlsruhe, Kuala Lumpur, London, Madrid, Melbourne, Mexico City, Milan, Montreal, Mumbai, New Delhi, Paris, Sao Paulo, Seoul, Singapore, Stockholm, Sydney, Tel Aviv, Tokyo, Toronto, Vancouver, dan Warsaw

Misi

Pada dasarnya Facebook didirkan untuk memberikan banyak orang untuk dapat berbagi dan membuat dunia lebih terbuka dan terhubung. Orang menggunakan Facebook untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, untuk menemukan apa yang terjadi di dunia, dan untuk berbagi serta mengungkapkan apa yang penting bagi mereka.

Statistics per September 2014

  • 864 juta pengguna aktif setiap harinya
  • 703 juta ponsel aktif setiap harinya
  • 1.35 miliar pengguna aktif setiap bulannya
  • 1.12 miliar ponsel aktif setiap bulannya
  • Diperkirakan 82.2% pengguna aktif setiap harinya berasal dari luar AS dan Canada
Culture

Facebook didefinisikan sebagai lingkungan yang menghargai pemecahan masalah secara kreatif dan pengambilan keputusan yang cepat. Facebook mendorong masyarakat untuk berani, terbuka dan memastikan setiap orang dapat terinformasi dan memungkinkan orang untuk bergerak dan memecahkan masalah yang mereka paling pedulikan. Facebook bekerja dalam tim kecil dan bergerak cepat untuk mengembangkan produk baru, dan terus mengembangkannya. Facebook memiliki ungkapan “this journey is 1% finished”, mengingatkan bahwa facebook baru saja memulai untuk memenuhi misinya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.

 

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x