Google_Glass_Explorer
Google_Glass_Explorer

Google Glass Mulai Dipasarkan di Inggris

Google yang dikenal dengan search engine-nya untuk mencari data di internet baru saja merilis teknologi baru yang diberi nama Google Glass. Teknologi kembangan Google X dalam desain project glass ini berbentuk seperti kacamata dengan kemampuan menyerupai komputer dengan menampilkan informasi dalam format layaknya smartphone dan bisa secara otomatis terhubung dengan internet melalui perintah suara. Setelah merilis produk barunya di pasar AS, Google memilih Inggris sebagai pasar keduanya dalam pemasaran kacamata Android-powered.

Alat yang masih prototipe ini dihargai sebesar £1,000 dan masih ditargetkan pada para devoleper dibandingkan konsumen yang harus berusia diatas 18 tahun. Kacamata pintar ini mendapat perhatian dari sejumlah pihak karena diakui berbahaya bila digunakan pada saat mengendara.

Sementara itu, pemerintah Inggris membatasi penggunaan teknologi pada saat mengemudi karena membuat sang pengemudi menjadi tidak fokus kecuali pada layar tersebut menampilkan informasi mengemudi. Perusahaan produsen saat ini sedang mencari cara agar alat tersebut tetap dapat digunakan konsumen sekalipun saat sedang mengendara.

Kacamata pintar ala Google yang dipasarkan di Inggris kabarnya berbeda dengan kacamata produksi sebelumnya. Perbedaan tersebut ditemui pada RAM Glass yang akan dinaikkan dua kali lipat, daya tahan baterai yang lebih baik serta lensa berukuran seperti kacamata pada umumnya. Selain itu, dalam teknologi ini terdapat sejumlah aplikasi yang didesain khusus untuk pasar Inggris.

Sebelumnya pada bulan Mei 2014, pihak Google mengeluarkan penyataan kepada para pengguna kacamata produksinya untuk tidak memakainya terlalu lama karena dapat menimbulkan rasa sakit. Teknologi yang ada pada kacamata tersebut tidak dirancang untuk pembaca.

Peringatan yang dilontarkan pihak produsen muncul menyusul keluhan dari sejumlah konsumen yang merasa sakit setelah pemakaian beberapa saat lalu. Pakar mata Google menjelaskan masalah tersebut timbul akibat posisi kacamata yang dirancang untuk orang melihat ke atas.

Dora/Journalist/VM/BL-bbc
Editor: Evi Fog
Pic: filckr