How To Make The Creative Advertising Content
Just read and follow all this rules..
(Business Lounge – Marketing) – Perkembangan media masa cetak dan elektronik yang telah berkembang dengan cepat pada saat ini, telah dijadikan sarana yang sangat tepat bagi para pelaku usaha dalam rangka memperkenalkan produk dan jasa yang dihasilkannya kepada masyarakat luas. Tentu saja, para pelaku usaha produk/jasa dalam bidang periklanan, harus melakukan serbuan-serbuan informasi yang menarik, yang dapat ”memikat” hati masyarakat. Hal ini memang mau tak mau harus dilakukan karena para pelaku usaha harus saling ”bersaing” untuk memperebutkan hati masyarakat, dari ”gempuran” iklan dan promosi yang ditawarkan oleh para pesaingnya.
Tentu saja, iklan-iklan yang menarik dan meyakinkan, dapat memberikan suatu kesan, bahwa produk-produk yang telah diiklankan secara meluas ke masyarakat memiliki tingkat keamanan yang telah terjamin. Padahal, apabila meninjau pada beberapa kasus di waktu lalu, yang menduga beberapa obat anti nyamuk memiliki zat berbahaya yang dapat merusak sistem syaraf dan juga kanker paru-paru, karena obat anti nyamuk tersebut memiliki zat yang bernama propoxur, transfluthrin, atau dichlorvos (DDVP), yang merupakan zat turunan chlorine yang sejak lama telah dinyatakan berbahaya dan dilarang penggunaannya secara bebas. Selain itu, tentu saja setiap obat anti nyamuk telah diciptakan dengan zat racun pembunuh serangga, sehingga kesegaran wangi obat anti nyamuk masih tetap saja sangat berbahaya untuk dihirup oleh manusia.
Contoh lain, adalah iklan lotion penolak nyamuk yang mengklaim dapat memberikan kehalusan kulit, karena mengandung vitamin E dan aloe vera. Padahal apabila meninjau kandungan yang dimiliki oleh lotion penolak nyamuk, maka dalam lotion penolak nyamuk terkandung racun yang dinamakan Diethyltoluamide (DEET) yang merupakan zat yang memiliki sifat korosif. Hal ini dapat dibuktikan dengan meletakan lotion anti nyamuk dalam wadah plastik, PVC, atau besi, karena dalam waktu beberapa minggu, wadah yang terbuat dari bahan-bahan tersebut akan mengalami pengikisan (korosit), yang dapat dilihat secara mudah oleh panca indra yang kita miliki.
Apabila meninjau pada UU no. 8 Tahun 1999 sebagai hukum perlindungan konsumen yang berlaku, maka setiap pengusaha dilarang untuk mempromosikan dan mengiklankan barang dan jasa secara tidak benar atau seolah-olah benar, dengan menggunakan kata-kata yang berlebihan, seperti aman, tidak berbahaya, tidak mengandung risiko atau efek sampingan tertentu, tanpa keterangan yang lengkap dan jelas. Selain itu, pengusaha juga dilarang mempromosikan, mengiklankan atau membuat pernyataan yang tidak benar atau menyesatkan, mengenai bahaya penggunaan barang yang diproduksi dan diiklankannya (Pasal 9-10).
Bagaimana supaya iklan Anda menarik dan juga tidak menyimpang dari ketentuan yang ada?
Caranya, pastikan laman Anda penuh dengan konten menarik. Semakin banyak informasi berbasis teks yang ditargetkan untuk perayap, maka semakin mudah bagi sistem untuk menentukan tema laman Anda, dan relevansi iklan Google akan semakin besar. Ini akan meningkatkan efektivitas program AdSense sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih baik, sekaligus juga bagi pengiklan yang muncul di laman Anda.
Berikut adalah formula sederhana untuk lebih jelasnya:
1. Laman yang kaya konten = Iklan yang sangat bertarget
2. Iklan yang sangat bertarget + Pengguna yang berminat = Rasio klik-tayang & konversi yang sehat
3. Rasio klik-tayang & konversi yang sehat = Keberhasilan!
Dengan mengetahui ketentuan yang ada, Anda pasti akan lebih berhasil di dalam pengiklanan yang Anda lakukan. Buatlah iklan yang kreatif, namun jangan menyalahi peraturan yang ada, karena hal tersebut dapat merugikan diri sendiri, perusahaan tempat dimana Anda bekerja dan juga konsumen Anda.
Milliardy Guntur Frandjin/FJ/BL
Editor : Fanya Jodie