The Effective Marketing Strategic

Without the good strategic, you will never meet your goal…

The good marketing strategic starting with knowing your customer

(Business Lounge – Sales & Marketing) – Untuk keberhasilan suatu bisnis diperlukan satu  strategi pemasaran yang efektif.  Setiap perusahaan berusaha untuk menarik  customer  yang baru dan mempertahankan customer existing dengan  berbagai cara.  Untuk memenangkan pasar maka  selain strategi marketing yang tepat maka diperlukan ide-ide yang inovatif.

Sebuah strategi pemasaran yang efektif adalah salah satu kunci  bagi keberhasilan suatu bisnis.

Pada saat ini dengan  berubahnya  pasar global secara cepat, maka suatu bisnis jika hendak memenangkan pasar haruslah menjadi yang  terbaik dalam  inovasi-inovasi baru.

Beberapa  hal yang harus diperhatikan  untuk  pemasaran yang efektif  adalah sebagai berikut :

1. Know Your Customers

Kenalilah Pelanggan Anda. Yang pertama dan hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan  brainstorming tentang strategi pemasaran Anda adalah  mengidentifikasi segmen  masyarakat dimana Anda akan bidik dimana Anda akan memasarakan produk Anda.   Sebagai contoh, jika Anda adalah produsen sepeda sport maka Anda akan membidik customer  di kelompok usia  15 – 30 tahun.  Jika perusahaan anda bergerak di bidang tablet maka anda dapat membidik pelanggan usia 17 – 50 tahun.  Jadi Anda harus mengetahui siapa target market anda sehingga Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Jangan berpindah pindah membidik customer Anda, karena hal ini hanya seperti “moving target” yang mengahbiskan waktu dan biaya tanpa hasil yang jelas.

2. Promote Your Product

Sebelum Anda merencanakan untuk mempromosikan  produk Anda, maka penting untuk  Anda mengetahui  tentang apa yang competitor / pesaing   Anda lakukan. Jika penawaran yang Anda miliki unik dan menarik,  maka anda harus terus maju dengan rencana Anda.

Salah satu manfaat yang signifikan dari program promosi Anda adalah word-of-mouth publicity.

Sebagai contoh suatu ketika saya melewati Matahari Department Store yang memberikan diskon besar-besaran bahkan hingga 50% dan saya tertarik untuk masuk dan berbelanja. Dan beberapa waktu kemudian saya melihat di Koran ada diskon yang diberikan oleh Matahari departmen store maka saya yang sudah meilhat bahwa diskonnya benar dan produknya menarik, saya mengajak teman-teman untuk berbelanja kesana.

Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa perusahaan yang sudah mapan sekalipun  berani memberikan diskon hingga setengah harga,  yaitu   untuk  meningkatkan traffic, membuat orang-orang membicarakan produk mereka, dan yang paling penting adalah mendapatkan pelanggan potensial dan membuat pelanggan potensial  mereka puas dengan produk dan pelayanan mereka.

3. Choose a Strategic Location
Pemilihan Lokasi outlet yang  tepat  merupakan faktor penting yang menentukan efektivitas strategi pemasaran Anda.  Anda dapat memperhatikan restaurant hamburger  McDonalds, hampir semua outletnya berada di  tempat tersibuk di dunia.  Atau outlet toko roti Holland Bakery, mereka memilih  lokasi outletnya di arah orang pulang kantor / dari bepergian. Dimana customer akan pulang ke rumah akan  membawa oleh-oleh roti untuk keluarganya.  Itu semua merupakan strategi mereka untuk membidik potensial customer mereka.  Pemilihan  lokasi yang tepat memainkan peran yang sangat penting karena menciptakan kesempatan bagi Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan.
4. Use Web-marketing

Jika Anda ingin perusahaan Anda memenangkan market yang ada,  perusahaan Anda  harus memiliki inovasi-inovasi yang baru. Salah satu  caranya adalah Anda dapat mempromosikan  bisnis Anda  melalui internet. Menempatkan perusahaan Anda  di situs jejaring sosial dapat membantu perusahaan Anda untuk mengetahui selera pelanggan Anda dan kebutuhan dari pelanggan Anda. Bahkan para ahli marketing mengatakan  bahwa internet marketing  menjadi salah satu strategi  pemasaran yang sangat efektif. Selain itu bangunlah website perusahaan yang menarik, dimana penjualan juga dapat dilakukan melalui website. Saat ini perdagangan online semakin meningkat dalam percepatan yang sangat tinggi, karena kebiasaan orang mulai beralih, mereka ingin berbelanja dengan waktu yang singkat, diluar jam buka toko, lebih nyaman, menghindari keramaian dan alasan privasi.

5. Build Relationship with Your Customer.

Seperti diketahui mendapat customer baru akan membutuhkan biaya berlipat ganda (diperkirakan sekitar 6 kali lipat), dibandingkan dengan memelihara customer existing. Bagaimana caranya? Bangunlah Customer database yang baik, masukkan data-data penting beserta progress yang terjadi, Contact mereka secara reguler, melalui surat, newsletter, email, promo produk, dan lain-lain. Zappos adalah contoh perusahaan yang memelihara hubungan dengan para pelanggannya, dan merupakan salah satu perusahaan terbaik dimana repeat order dari pelanggannya sangat tinggi. Joe Girard, salesman yang sangat terkenal di dunia otomotif, senantiasa memlihara hubungan dengan pelanggannya dan ia mengatakan hal ini merupakan kunci suksesnya.

6. The Power of Focus

Pelajaran yang dapat diambil dari Apple adalah Apple focus dan itu adalah kekuatannya.  The power of focus dari Apple adalah Apple  pada dasarnya hanya memiliki lima produk ini,  sanggup menghasilkan pendapatan hingga $ 65 milyar  dan memiliki kapitalisasi pasar hampir $ 300 miliar.

Seperti contoh produk  IPad hanya iPad – dan Anda dapat memilih kapasitas yang berbeda dan pilihan konektivitas, tetapi Apple hanya memiliki satu  merek saja.  Sama halnya dengan iPhone dan iPod.

Kita dapat ,membandingkannya dengan Samsung yang memiliki puluhan sub-merek termasuk Instinct, Galaxy, Captivate, Epic, Fascinate dan sebagainya.   Kekuatan dari focus bagi  perusahaan seperti Apple adalah  mereka dapat memfokuskan sumber daya mereka dalam merek dan produk yang lebih sedikit.

Seperti contoh lainnya perusahaan Southwest Airlines mereka fokus  pada satu jenis pesawat  yaitu  Boieng 737 selama 40 tahun. Juga perusaahan Enterprise Rent-a-Car  mereka  fokus pada segmen  penggantian mobil untuk pelanggan yang mobil sedang diperbaiki atau telah dicuri. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda benar-benar meningkatkan produksi Anda  tetapi Anda melakukannya di daerah terpilih.  Jika Anda dapat memilih beberapa merek untuk difokuskan  maka  Anda akan sanggup  memasarkannya  kepada dunia.

Dengan memperhatikan  strategi-strategi marketing yang efektif diatas  maka kami berharap Anda dapat memenangkan pasar di saat dimana persaingan bisnis begitu ketatnya seperti pada masa  ini.

(Debbie Kusuma/IC/BL)
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x