Without the good strategic, you will never meet your goal…
The good marketing strategic starting with knowing your customer
(Business Lounge – Sales & Marketing) – Untuk keberhasilan suatu bisnis diperlukan satu strategi pemasaran yang efektif. Setiap perusahaan berusaha untuk menarik customer yang baru dan mempertahankan customer existing dengan berbagai cara. Untuk memenangkan pasar maka selain strategi marketing yang tepat maka diperlukan ide-ide yang inovatif.
Pada saat ini dengan berubahnya pasar global secara cepat, maka suatu bisnis jika hendak memenangkan pasar haruslah menjadi yang terbaik dalam inovasi-inovasi baru.
Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pemasaran yang efektif adalah sebagai berikut :
Kenalilah Pelanggan Anda. Yang pertama dan hal terpenting yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan brainstorming tentang strategi pemasaran Anda adalah mengidentifikasi segmen masyarakat dimana Anda akan bidik dimana Anda akan memasarakan produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda adalah produsen sepeda sport maka Anda akan membidik customer di kelompok usia 15 – 30 tahun. Jika perusahaan anda bergerak di bidang tablet maka anda dapat membidik pelanggan usia 17 – 50 tahun. Jadi Anda harus mengetahui siapa target market anda sehingga Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Jangan berpindah pindah membidik customer Anda, karena hal ini hanya seperti “moving target” yang mengahbiskan waktu dan biaya tanpa hasil yang jelas.
Sebelum Anda merencanakan untuk mempromosikan produk Anda, maka penting untuk Anda mengetahui tentang apa yang competitor / pesaing Anda lakukan. Jika penawaran yang Anda miliki unik dan menarik, maka anda harus terus maju dengan rencana Anda.
Salah satu manfaat yang signifikan dari program promosi Anda adalah word-of-mouth publicity.
Sebagai contoh suatu ketika saya melewati Matahari Department Store yang memberikan diskon besar-besaran bahkan hingga 50% dan saya tertarik untuk masuk dan berbelanja. Dan beberapa waktu kemudian saya melihat di Koran ada diskon yang diberikan oleh Matahari departmen store maka saya yang sudah meilhat bahwa diskonnya benar dan produknya menarik, saya mengajak teman-teman untuk berbelanja kesana.
Ini adalah salah satu alasan terbesar mengapa perusahaan yang sudah mapan sekalipun berani memberikan diskon hingga setengah harga, yaitu untuk meningkatkan traffic, membuat orang-orang membicarakan produk mereka, dan yang paling penting adalah mendapatkan pelanggan potensial dan membuat pelanggan potensial mereka puas dengan produk dan pelayanan mereka.
Jika Anda ingin perusahaan Anda memenangkan market yang ada, perusahaan Anda harus memiliki inovasi-inovasi yang baru. Salah satu caranya adalah Anda dapat mempromosikan bisnis Anda melalui internet. Menempatkan perusahaan Anda di situs jejaring sosial dapat membantu perusahaan Anda untuk mengetahui selera pelanggan Anda dan kebutuhan dari pelanggan Anda. Bahkan para ahli marketing mengatakan bahwa internet marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif. Selain itu bangunlah website perusahaan yang menarik, dimana penjualan juga dapat dilakukan melalui website. Saat ini perdagangan online semakin meningkat dalam percepatan yang sangat tinggi, karena kebiasaan orang mulai beralih, mereka ingin berbelanja dengan waktu yang singkat, diluar jam buka toko, lebih nyaman, menghindari keramaian dan alasan privasi.
5. Build Relationship with Your Customer.
Seperti diketahui mendapat customer baru akan membutuhkan biaya berlipat ganda (diperkirakan sekitar 6 kali lipat), dibandingkan dengan memelihara customer existing. Bagaimana caranya? Bangunlah Customer database yang baik, masukkan data-data penting beserta progress yang terjadi, Contact mereka secara reguler, melalui surat, newsletter, email, promo produk, dan lain-lain. Zappos adalah contoh perusahaan yang memelihara hubungan dengan para pelanggannya, dan merupakan salah satu perusahaan terbaik dimana repeat order dari pelanggannya sangat tinggi. Joe Girard, salesman yang sangat terkenal di dunia otomotif, senantiasa memlihara hubungan dengan pelanggannya dan ia mengatakan hal ini merupakan kunci suksesnya.
Pelajaran yang dapat diambil dari Apple adalah Apple focus dan itu adalah kekuatannya. The power of focus dari Apple adalah Apple pada dasarnya hanya memiliki lima produk ini, sanggup menghasilkan pendapatan hingga $ 65 milyar dan memiliki kapitalisasi pasar hampir $ 300 miliar.
Seperti contoh produk IPad hanya iPad – dan Anda dapat memilih kapasitas yang berbeda dan pilihan konektivitas, tetapi Apple hanya memiliki satu merek saja. Sama halnya dengan iPhone dan iPod.
Kita dapat ,membandingkannya dengan Samsung yang memiliki puluhan sub-merek termasuk Instinct, Galaxy, Captivate, Epic, Fascinate dan sebagainya. Kekuatan dari focus bagi perusahaan seperti Apple adalah mereka dapat memfokuskan sumber daya mereka dalam merek dan produk yang lebih sedikit.
Seperti contoh lainnya perusahaan Southwest Airlines mereka fokus pada satu jenis pesawat yaitu Boieng 737 selama 40 tahun. Juga perusaahan Enterprise Rent-a-Car mereka fokus pada segmen penggantian mobil untuk pelanggan yang mobil sedang diperbaiki atau telah dicuri. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda benar-benar meningkatkan produksi Anda tetapi Anda melakukannya di daerah terpilih. Jika Anda dapat memilih beberapa merek untuk difokuskan maka Anda akan sanggup memasarkannya kepada dunia.
Dengan memperhatikan strategi-strategi marketing yang efektif diatas maka kami berharap Anda dapat memenangkan pasar di saat dimana persaingan bisnis begitu ketatnya seperti pada masa ini.