Going Viral : Volvo Trucks – The Epic Split feat. Van Damme

(Businesslounge – Marketing) Setelah dunia internet dibanjiri dengan berita malapetaka Typhoon Haiyan selanjutnya ada viral video yang mendadak melejit yaitu penampilan dari Jean-Claude Van Damme yang berdiri diatas dua truk Volvo FM yang terpisah dan bergerak mundur.

Video ini diupload di You Tube pada tanggal 13 November 2013, hanya dua hari saja sudah mendapatkan lebih dari 8 juta views, dan pada saat dibuat article ini sudah mencapai lebih dari 22 juta views.

Volvo_Trucks__The_Epic_Split_feat_Van_Damme_Live_Test_6__157206

Adegan Stunt

Efek dari video ini selalu membawa decak kagum dari adegan stunt yang dilakukan oleh Van Damme dan selalu diikuti dengan pertanyaan :
a. Apa adegan ini nyata ?
b. Bagaimana cara melakukannya ?

Jean-Claude-Van-Damme-in-between-two-Volvo-Trucks

Menurut penjelasan Anders Vilhelmsson, public relation dari Volvo Trucks Brand seperti yang dikutip The Wall Street Journal, bahwa adegan ini adalah nyata dilakukan oleh Van Damme tetapi resiko-nya tidak seperti yang dilihat. Van Damme benar-benar berdiri diatas kaca spion dua Volvo FM yang terpisah, namun diamankan dengan tali yang tidak terlihat di-film ini, sehingga apabila jatuh tidak akan mematikan artis berotot dari Brussel ini. Adegan ini dibuat dengan sangat baik dan dilakukan hanya satu kali pengambilan gambar saja.

Kecanggihan Dynamic Steering System

Pembuatan Video ini tetap bertujuan commercial yaitu untuk memamerkan kecanggihan Dynamic Steering System dari truk Volvo FM, dimana system ini adalah system electric yang mengirimkan 2.000 signal per detik ke system pengemudi, setelah digabungkan dengan hydraulic power steering, maka akan menciptakan presisi mengemudi yang sangat tepat.

volvo_trucks_van_damme_epic_split

Volvo FM sengaja ditampilkan berjalan mundur untuk menunjukkan bahwa jalan mundur lebih sulit daripada maju, namun Volvo FM dengan Dynamic Steering System-nya mampu melakukan dengan presisi yang tinggi.

Efek Viral

Ada beberapa efek viral yang menyebabkan video ini menyebar dengan sangat cepat, yaitu :

  • Dari sisi bintang film yang dipilihnya,
    • Jean Claude Van Damme adalah artis laga yang sangat popular, selalu menampilkan film-film adegan yang memamerkan otot, digemari baik anak-anak maupun orang dewasa.
    • Van Damme telah berusia 53 tahun, selalu membuat pertanyaan hebat sekali dia bisa melakukan adegan seperti itu ?
  • Dari sisi kecanggihan Volvo FM,
    • Volvo Truck adalah merek yang menjaga reputasi baik kualitas, keamanan dan kecanggihan truk-nya, sehingga presisi kemudi yang luar biasa ini mengundang kekaguman.
    • Dengan menampilkan jalan mundur dan bergerak menjauh dengan tetap mempertahankan Van Damme untuk tidak jatuh adalah presisi kendaraan yang patut diacungi jempol.

Camera-prep-for-Volvo-Trucks

  • Dari sisi pembuatan video,
    • Video ini dibuat oleh Folke Film, dipersiapkan dengan konsep yang matang dan serius, dibuat di areal yang ditutup di sekitar Madrid, sebagai proyek yang mahal dari Volvo Truck Brand, dibintangi oleh artis yang mahal.
    • Konsep adegan adalah duplikasi dari konsep viral video sebelumnya “The Ballerina Stunt” yang berhasil viral hingga lebih 7 juta views.
    • Pembuatan video yang anda lihat ini adalah sekali pengambilan gambar dan memerlukan waktu hanya 15 menit pada saat menjelang matahari terbenam, sekalipun uji coba dan persiapannya memerlukan waktu 3 hari.

Dari aspek-aspek efek viralnya tersebut maka tidak heran kalau sangat melejit menerobos dunia social media, merupakan viral video yang sangat sukses.

Apakah mendongkrak penjualan truk Volvo FM ? belum ada laporannya, namun efek pencitraannya sudah berhasil menembus publik.

Pictures : You Tube screen shot, thelocationguide.com

(Tan Yoh/KN/bl)

Tan Yoh adalah penulis untuk commercial viral video, pengamat perkembangan marketing di era online dan social network.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x