(Busines Loung – Marketing) Ini adalah kisah nyata yang dibahas oleh Jonah Berger dalam bukunya ‘Contagious’: Jonah Berger on Why Things Catch On.
Seorang George Wright, tenaga marketing yang baru saja diterima sebagai kepala marketing, pada hari pertama menginjakkan kaki di kantor mendapatkan sesuatu yang janggal, mengapa banyak sekali debu di lantai ?, dia bertanya “apakah sedang dilakukan perluasan kantor ? mengapa begitu banyak debu di lantai” demikian pertanyaannya pada salah satu kolega yang ditemuinya. Lalu kolega ini memberi jawaban “Bukan, CEO kami setiap hari melakukan uji coba menghancurkan blender”. Rupanya CEO di perusahaan blender tersebut selalu mencoba blender yang diproduksinya apakah benar-benar kuat dengan cara memasukkan apa saja untuk diblender, dia coba masukkan kayu, bola golf, korek BIC, semua di blender sampai yakin benar bahwa memang blender-nya kuat.
George mendengar cerita ini lalu berteriak : “Ini ide bagus, jadikan saja viral dari rumah ke rumah”. Dia hanya memerlukan marketing budget sebesar USD 50, ya bukan USD 50 juta, juga bukan USD 50.000, memang hanya USD 50 saja. Dengan dana tersebut dia beli baju lab putih, lalu kacamata pelindung yang biasa dipakai untuk orang memotong kayu, lalu membuat film bagaimana CEO ini sering melakukan uji menghancurkan blender-nya.
George mengirimkan film “Will it blend ?” ini melalui milis, lalu seperti api menjalar, seorang yang mendapatkan lalu terkesan dan mengirimkan pada orang lain begitu meluas dengan cepat.
“Will it Blend ?” adalah sebuah contoh dimana marketing tidak memerlukan budget yang besar, tidak pula memerlukan ahli marketing yang ahli, sekalipun cara ini adalah cara marketing yang pintar. Hal ini sebenarnya memanfaatkan psikologi dari pemirsa, yang secara emosional terkesan dengan kesan gila CEO ini melakukan uji coba produk-nya, dimana Jonah Berger menyebutkan sebagai efek social transmission yang mendorong orang untuk men-share-kan apa yang diketahui kepada orang lain. Oleh sebab itu isilah content dari efek social transmission ini dengan produk yang anda miliki, maka akan menyebar sebagai viral yang terus berkembang.
(KN/KN/BL)