(Business Lounge – Sales & Marketing) – Seorang teman malang melintang di dunia marketing selama bertahun tahun dan merasakan beratnya tekanan yang harus dia tanggung agar dapat berhasil dalam apa yang dia pasarkan. Waktu 10 tahun lebih untuk belajar dan menjadi berhasil bukanlah waktu yang singkat.
Banyak orang hanya melihat dan kagum saat seseorang telah mencapai tangga keberhasilannya; mereka tidak tahu bagaimana perjuangan menaiki tangga keberhasilan itu. Tiap anak tangga yang berhasil dia naikki bukan tanpa pengorbanan dan bayar harga bahkan tidak jarang menghabiskan seluruh semangatnya namun tempaan seperti itulah yang membuat dia begitu “Tough” saat berada di puncak keberhasilannya. Kejeliannya melihat peluang bisnis dan feelingnya sebagai seorang pebisnis bagaikan mata elang yang dapat mengamati dari kejauhan atau sekilas saja melihat.
David McClleland mengartikan seorang entrepreneur adalah sebagai berikut: “An entrepreneur is a person with a high need for achievement. He is energetic and a moderate risk taker.”
Sedangkan Albert Shapero mendefinisikan seorang entrepreneur adalah sebagai berikut : “Entrepreneurs take initiative, accept risk of failure and have an internal locus of control.”
Ada kelompok orang yang mempercayai bahwa menjadi marketing yang berhasil adalah karena dilahirkan dan ada juga kelompok orang yang mempercayai bahwa menjadi marketing yang berhasil adalah karena dibentuk. Tidak ada yang salah dengan kedua keyakinan tersebut sebab kedua model orang tersebut memang ada dalam dunia marketing. Hanya apakah yang membedakan ada yang berhasil dan ada yang gagal?
Keberhasilan marketing tidak dapat hanya ditunjang oleh teori saja namun akan lebih terasah oleh pengalaman saat dia menjalankannya.
Seperti yang dialami oleh seorang teman tersebut diatas, keberhasilannya baru terlihat besar setelah 10 tahun malang melintang di dunianya dan orang baru memperhitungkannya sekarang.
Apakah seorang pengusaha bukan seorang marketing? Seorang marketing sejati adalah seorang yang berjiwa pengusaha. Mengapa dapat dikatakan demikian? Dapat kita lihat dari pengertian secara teori yang di definisikan oleh McClleland dan Albert Shapero bahwa seorang entrepreneur adalah seorang yang mempunyai target untuk dicapai, energic, moderate untuk ambil resiko, punya segudang inisiative dan mempunyai sasaran control yang focus/tepat.
Seorang marketing sejati dapat dikatakan seorang entrepreneur karena tidak pernah kehabisan akal untuk menghasilkan uang bahkan apapun yang ada didepan matanya dapat dia ubah menjadi mesin uang.
Adakah kata menyerah? Tertekan dan depresi sudah pasti, namun pantang untuk berkata menyerah, mengapa? Karena tidak ada kata mati ide – apabila jalan didepannya tertutup, masih dapat dia gunakan jalan samping, jalan belakang atau putar haluan dan tidak ada kata berhenti melangkah.
Jika kita ingin maju sebagai seorang marketing sejati, milikilah Entrepreneur Passion dan pasti jalan menuju tangga keberhasilan dapat tercapai.
(ST Hwa/IC/BL)
pic : thebusinessideas.net