(Business Lounge – Sales & Marketing) – Promosi merupakan salah satu elemen dari marketing komunikasi. Promosi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, sebab dengan promosi yang tepat maka akan dapat membuat produk yang dijual dikenal banyak orang dan tentunya dapat meningkatkan penjualan suatu produk.
Jika Anda mendengar air mineral merek apakah yang ada pada pikiran Anda? Atau ketika orang menyebutkan teh dalam kemasan botol, merek apa yang terlebih dahulu Anda ingat dan sebutkan? Dua merek terkenal yang memiliki brand awareness yang tinggi, dan menjadi top of mind. Sebab merek inilah yang lebih dahulu diingat ketika orang menyebutkan sebuah produk.
Bagaimana sebuah produk dapat dikenal dan memiliki brand awareness yang tinggi dan menjadi top of mind? Tentu saja bukan hanya suatu kebetulan tapi dengan promosi-promosi yang dilakukan untuk sebuah produk yang dijual dapat dikenal oleh masyarakat luas.
Banyak faktor untuk menjadikan sebuah produk dengan merek tertentu memiliki brand awareness yang tinggi dan menjadi top of mind. Salah satu yang penting adalah promosi.
Sebuah produk dengan banyak keunggulan belum tentu memiliki brand awareness yang tinggi jika tidak disertai dengan promosi yang tepat. Promosi yang dipilih untuk memasarkan sebuah produk harus tepat, supaya produk yang dipasarkan dapat dikenal dan diingat oleh banyak orang. Kesalahan dalam mempromosikan sebuah produk dapat menyebabkan produk tersebut gagal untuk dikenal.
Penting untuk memilih strategi promosi yang tepat, agar produk yang akan dipasarkan dikenal oleh kalangan yang dituju, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dan bukan hanya dikenal, tetapi diingat sepanjang masa. Sebaliknya kegagalan dalam memilih promosi tepat dalam memasarkan sebuah produk, maka dapat membuat kerugian dan juga dapat membuat image yang buruk pada produk tersebut.
(Mevy Sinambela/EC/BL)