Office Strategy Management Sebagai Pengembangan Balanced Scorecard (part 2)

(Business Lounge – Strategic),  Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai lima proses eksekusi strategi. Pada bagian ini akan dibahas mengenai keempat proses selanjutnya.

6. Strategy development and update
Sebelum strategy meeting tahunan, para perencana strategis menjalankan fungsi analisis eksternal dan internal kompetitive dan melakukan perencanaan strategis. Selama meeting, para perencana strategis mengajarkan para tim eksekutif mengenai opsi stratejik. Tim eksekutif harus mereview strategi secara periodik Strategi berisi mengenai hipotesis mengenai hubungan sebab-akibat antara aksi internal dan ekspektasi efeknya terhadap pihak eksternal. Balanced scorecard mengukur keberlangsungan hipotesis strategi. Data ini harus didiskusikan secara rutin pada meeting manajemen dan strategi harus terus di update.

OSM harus menerima dan memfilter strategi yang muncul didalam organisasi pada tahun tersebut, sehingga para tim eksekutif dapat mengadopsi gagasan inovatif yang pekerja sarankan. Hal ini juga meyakinkan pengembangan strategi dan update proses. Sebagai tambahan untuk mengintegrasikan pengembangan dan eksekusi strategi, OSM mempunyai beberapa tanggung jawab untuk dihubungkan terhadap strategi yaitu perencanaan, penganggaran, pencetakan tujuan, kompensasi dan penyebaran pengetahuan.

7. Planning and budgeting
OSM memainkan peranan koordinasi untuk meyakinkan bahwa penganggaran, perencanaan sumber daya manusia, investasi IT, dan program marketing dihubungkan dengan strategi. Tanpa peranan OSM secara eksplisit, sangat sulit bagi integrasi strategi untuk dieksekusi. Dimulai dengan departemen keuangan, OSM meyakinkan target keuangan pada anggaran konsisten dengan target yang dibangun pada perencanaan strategi. OSM dikoordinasikan dengan sumber daya manusia sehingga hiring, training, dan pengembangan kepemimpinan dihubungkan dengan persyaratan kemampuan.

8. Employee alignment
Komunikasi, penentuan tujuan, kompensasi dan pengembangan kepemimpinan adalah fokus dari para pekerja diantara departemen SDM. Pengalaman membuktikan bahwa SDM adalah kunci sukses pengembangan strategi. Menghubungkan fokus pekerja dan strategi merupakan sebuah agenda yang besar diantara para pucuk pimpinan.

9. Knowledge management
Ide untuk pengembangan pengukuran strategi dapat bermunculan dimanapun didalam sebuah organisasi dan dapat diaplikasikan pada unit dan fungsi yang berbeda. OSM harus memfasilitasi identifikasi dan transfer best practice didalam organisasi. OSM juga memainkan peranan kepemimpinan dalam mentransfer ide dan best practice didalam organisasi.

Demikianlah kesembilan proses eksekusi strategi yang dapat dipraktekan pada OSM, untuk menghasilkan organisasi yang lebih efektif. Selamat menjalankan.

(Rinella Putri/RF/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x