(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ada banjir di luar sana, tetapi bukanlah banjir air tetapi ini adalah banjir iklan. Kemana pun Anda pergi, maka Anda akan melihat iklan-iklan dalam bentuk billboard sampai iklan dalam bentuk TV ada disepanjang jalan yang kita lalui. Perusahaan-perusahaan berjuang untuk memasarkan produknya dengan memasang iklan yang menarik di setiap ruas jalan untuk menarik perhatian konsumen. Terjadi pertempuran didalam dunia bisnis pada saat ini.
Untuk iklan yang biasa-biasa maka akan tampak tenggelam ditengah iklan-iklan yang tampak luar biasa. Inilah persaingan dalam dunia marketing yang terjadi pada saat ini. Jangan putus asa bahkan sebelum Anda akan memulainya. Ada beberapa teknik pemasaran yang efektif dimana Anda dapat mengubah bisnis Anda yang biasa-biasa bahkan sedang tenggelam menjadi survive ditengah kompetisi yang ada.
Successful Marketing Techniques
Untuk Anda dapat survive dalam banjir kompetisi didunia bisnis pada saat ini, maka Anda harus dapat merancang strategi pemasaran yang tepat dan efektif.
Teknik pemasaran yang tepat dan efektif sanggup mengubah bisnis Anda. Jika bisnis Anda sedang dalam keadaan tenggelam ditengah-tengah banjir maka dengan Anda merancang strategi pemasaran yang tepat dan efektif, Anda akan survive ditengah kompetisi yang ada saat ini.
Tujuan dari setiap strategi pemasaran adalah untuk menghasilkan profit yang lebih bagi bisnis tersebut. Sebuah strategi pemasaran meliputi berbagai teknik pemasaran yang berkaitan dengan produk itu sendiri, sales, advertising, service dan bahkan sampai pada after sales service. Jika Anda seorang pengusaha atau seorang marketing profesional dibawah ini ada beberapa tip untuk teknik pemasaran yang sukses
Beberapa teknik pemasaran yang sukses akan melibatkan marketing mix, yaitu produk, promosi, harga dan tempat, yang telah terbukti efektif dan berhasil
1. Offer New Products
Anda perlu untuk menambahkan produk atau jasa baru secara periodik, sehingga tingkat kepentingan pelanggan yang sudah ada dapat dipertahankan. Para pelanggan yang sudah ada dapat membeli produk baru ini untuk mendapatkan fitur tambahan yang ditawarkan di dalamnya, sehingga mengakibatkan sales berulang. Dengan menambah produk yang baru maka Anda akan meraih pelanggan yang baru juga. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sukses
2. Offer Combined Packages
Strategi lainnya adalah Anda dapat menjual dua item produk dalam satu paket khusus selama liburan, kampanye pemasaran, atau musim festival. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan sales penjualan. Stok barang yang tidak terjual dapat dijual melalui paket ini dengan promosi setengah harga bersama dengan item utama. Dengan cara ini maka penjualan akan meningkat. Menjual paket khusus adalah salah satu teknik pemasaran yang sukses dari suatu bisnis.
3. Add Value to Customers
Anda dapat menawarkan produk dan layanan delivery service, yang membuat segala sesuatunya mudah dan cepat bagi pelanggan prospektif Anda dan pelanggan loyal Anda. Pada masa ini, pelanggan lebih suka beroperasi dari dalam ruang pribadi dengan melakukan pembelian lewat telpon maupun internet Sertakan informasi tersebut pada website Anda. Dengan cara ini pelanggan akan terus kembali kepada bisnis, sehingga dapat meningkatkan penjualan Anda.
4. Stay Ahead of Competition
Hari ini kita melihat persaingan bisnis yang sangat ketat dari bisnis-bisnis yang ada. Dikarenakan teknologi yang berubah dengan cepat. Sebuah produk dapat menjadi usang hanya dalam beberapa bulan. Karena kompetitor telah datang dengan produk baru yang lebih baik, inovatif dan teknologi yang baru.
Salah satu strategi pemasaran yang paling sukses adalah mengantisipasi semua perubahan yang ada didepan, melalui riset pasar. Sehingga Anda dapat mulai membuat marketing plan terlebih dahulu. Misalnya, Anda dapat mepromosikan sejumlah produk bukan hanya satu produk. Jika penjualan satu produk turun karena adanya persaingan pasar maka bisnis Anda akan tetap bertahan. Hal ini dapat diperoleh karena adanya penjualan dari produk lainnya.
5. USP in Advertising
USP, juga dikenal sebagai unique selling point, adalah suatu strategi pesan yang unik atau powerful. Suatu pesan / massage yang powerful adalah suatu pesan yang :
Dapat menjelaskan bagaimana uniknya produk Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda
Dapat memberikan penjelasan yang efektif kepada pasar bagaimana produk Anda dan service yang Anda berikan
Salah satu strategi pemasaran yang paling sukses adalah Promosi periklanan yang inovatif. Hal tersebut dapat mencerminkan keuntungan bagi bisnis Anda. Jika bisnis Anda memberikan layanan purna jual yang lebih baik dari kompetitor atau menawarkan masa garansi lebih lama, maka semua karakteristik yang membedakan tersebut harus Anda promosikan melalui kampanye iklan. Juga, “manfaat/benefit” dari produk Anda harus dijelaskan secara baik dan menarik dalam iklan. Karena hal ini akan membantu pelanggan untuk menentukan pilihannya. Sebagai contoh, sebuah perusahaan shampoo, harus menunjukkan manfaat yang diperoleh dari menggunakan produk tersebut seperti rambut yang hitam berkilat, halus sehalus sutera, dll.
Ini adalah beberapa strategi pemasaran yang berhasil yang digunakan oleh banyak perusahaan. Setiap bisnis, kompetisi, dan produk berbeda-beda. Jadi, sementara Anda merumuskan strategi pemasaran seperti di atas, maka Anda harus menemukan kekhususan dari produk Anda.
Untuk membuat iklan Anda harus membuatnya :
KISS – “Keep It So Simple .”
Dengan pemikiran itu anda harus melihat betapa pentingnya menyampaikan pesan Anda secara sederhana.
Berikan headline dan berikan sedikit gambaran dari produk Anda, sehingga para pelanggan akan menjadi penasaran dan mereka akan mengunjungi counter Anda ataupun menelpon perusahaan Anda
Keep It Real – Buatlah iklan Anda Real, tidak perlu mengada-ada ataupun melebih-lebihkannya sehingga kesannya tidak Real. Sebab pelanggan cukup cerdas dalam menilai iklan Anda.
Pelanggan potensial Anda akan berpaling dari iklan Anda jika mereka melihat Anda membuat klaim yang tidak mungkin Anda laksanakan. Daripada memberitahu pelanggan bahwa produk Anda akan mengubahkan kehidupan mereka, lebih baik Anda memberitahu mereka bagaimana produk Anda dapat membantu mereka dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Dengan memperhatikan tip-tip diatas maka Sales anda akan meningkat. Dan kampanye pemasaran Anda akan menjadi berbeda, dari sebuah iklan yang biasa-biasa saja dan tidak menarik akan menjadi iklan yang menarik dan berada di atas ditengah banjir iklan, kompetisi yang ada disekitar Anda
Bagaimana Protect and Gamble dapat survive di tengah banjir kompetisi yang ada ?
Perusahaan terkemuka Protect and Gamble yang dikenal P & G yang memiliki moto “Touching Lives, Improving Life “, pernah mengalami masa sulit dimana mereka kehilangan pasar ditengah persaingan yang ketat di tahun 1980an. Dimana pada saat itu terdapat perusahaan-perusahaan besar yang cukup mendominasi pasar seperti Johnson and Johnson, Kimberly Clark or Unilever. Di tengah banjir yang ada maka P & G tidak menjadi menyerah dan frustasi, tetapi P & G berusaha untuk survive dengan berusaha mengubah kelemahan dan ancaman menjadi kekuatan dan peluang dalam situasi sulit dan tantangan-tantangan yang ada pada saat itu. Untuk dapat survive dalam kompetisi pasar maka P & G memanfaatan SWOT analisis Hal ini mencakup penetapan tujuan dan sasaran bisnis serta mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan dalam mencapai tujuan dan sasaran.
P & G menyadari bahwa Konsumen menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga pantas dan terjangkau. Sehingga P & G berusaha menciptakan innovative products and services yang baik bagi konsumen. Keberhasilan P & G dalam inovasi produk adalah dengan adanya R & D, research and development yang dilakukannya pada bidang chemistry, engineering, materials science, biological sciences, medicine, and mathematics. Sehingga P & G dapat menghasilkan produk berkwalitas dengan harga yang terjangkau.
Dengan teknik marketing : Offer New Products, maka P & G berusaha dengan lebih gesit dalam meningkatkan kecepatan dan kualitas inovasi produk barunya. P & G fokus pada peningkatan kecepatan komersialisasi produk baru, P & G berusaha untuk Stay Ahead of Competitions, menjadi yang pertama dalam menemukan produk-produk barunya. Produk baru yang pertama diluncurkan akan sanggup memenangkan pasar dan dapat lebih dikenal oleh konsumen. Secara berkala mengadakan promosi Offer Combined Packages dalam kampanye pemasarannya maupun melakukan promosi di outlet–outlet yang ada. Dengan tujuan mempromosikan produk baru maupun men sale produk lama.
USP in Advertising dari P & G adalah sederhana “Touching Lives, Improving Life”. Hal inilah yang membuat P & G menjadi sebuah brand yang mudah diterima dan dimiliki oleh masyarakat umum. Dengan moto ini P & G sanggup meraih Customers baru dan Market yang baru, dengan motonya “Touching Lives, Improving Life” . Moto tersebut sanggup menjadikan P & G sebagai brand yang ternama pada saat ini.
Keberhasilan P & G didasarkan pada customers, people, and innovation. Kekuatan P & G untuk memenangkan pasar adalah dalam inovasi produk, memahami kebutuhan konsumen, memberikan pengetahuan bagi konsumen akan nilai dan keuntungan dari produk, mempertahankan Brand dan strategi promosi yang tepat. Dengan teknik-teknik marketing tersebut maka P & G yang hampir tenggelam di tahun 1980an ditengah banjir kompetisi yang ada, saat ini dapat survive menjadi satu perusahaan dengan profit perusahaan nomor 18 terbesar di dunia menurut Fortune’s Most Admired Companies list. “Touching Lives, Improving Life” sanggup meraih pasar internasional sampai di India, Mexico, China, Russia, dan seluruh dunia lainnya.
Demikianlah kita melihat bagaimana Protect and Gamble sanggup survive di tengah banjir kompetisi yang ada dan menjadikannya sebagai the world’s largest multinational consumer goods company.
(Debbie Kusuma/AA/TML)