Surviving The Flood With Efective Marketing Techniques

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ada banjir di luar sana, tetapi  bukanlah banjir air tetapi  ini adalah banjir iklan. Kemana pun Anda pergi, maka Anda akan melihat iklan-iklan dalam bentuk billboard sampai iklan dalam bentuk TV ada disepanjang jalan yang kita  lalui. Perusahaan-perusahaan  berjuang untuk memasarkan produknya dengan   memasang iklan yang menarik di setiap ruas jalan untuk menarik perhatian konsumen. Terjadi   pertempuran didalam dunia bisnis pada saat ini.

Untuk iklan yang biasa-biasa maka akan tampak tenggelam ditengah  iklan-iklan yang tampak luar biasa. Inilah  persaingan dalam dunia marketing yang terjadi pada saat ini.   Jangan putus asa bahkan sebelum Anda akan memulainya.  Ada beberapa teknik pemasaran yang efektif  dimana Anda dapat mengubah bisnis Anda yang biasa-biasa bahkan sedang tenggelam menjadi survive ditengah kompetisi yang ada.

Successful Marketing Techniques

Untuk Anda dapat survive dalam banjir kompetisi didunia bisnis pada saat ini,  maka Anda harus dapat merancang strategi pemasaran yang tepat dan efektif.

Teknik   pemasaran yang  tepat dan efektif  sanggup mengubah  bisnis Anda. Jika bisnis Anda  sedang dalam keadaan tenggelam ditengah-tengah banjir  maka dengan  Anda  merancang  strategi pemasaran yang tepat dan efektif,   Anda akan survive ditengah kompetisi yang ada saat ini.

Tujuan dari setiap strategi pemasaran adalah untuk menghasilkan profit yang lebih bagi bisnis tersebut. Sebuah strategi pemasaran meliputi berbagai teknik pemasaran yang berkaitan dengan produk itu sendiri, sales, advertising, service dan bahkan sampai pada after sales service. Jika Anda seorang pengusaha atau seorang marketing profesional dibawah ini ada beberapa tip untuk  teknik pemasaran yang sukses

Beberapa teknik pemasaran yang sukses akan melibatkan marketing mix, yaitu produk, promosi, harga dan tempat, yang telah terbukti efektif  dan berhasil

1. Offer New Products

Anda perlu untuk menambahkan produk atau jasa baru  secara periodik, sehingga  tingkat kepentingan pelanggan yang sudah ada dapat dipertahankan. Para pelanggan yang sudah ada dapat membeli produk baru ini untuk mendapatkan fitur tambahan yang ditawarkan di dalamnya, sehingga mengakibatkan sales berulang. Dengan menambah produk yang  baru maka Anda akan  meraih  pelanggan yang baru juga.  Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sukses

2. Offer Combined Packages

Strategi lainnya adalah Anda dapat menjual dua item produk  dalam satu paket khusus selama liburan, kampanye pemasaran,  atau musim festival. Hal ini akan  membantu dalam meningkatkan sales penjualan. Stok barang yang tidak terjual dapat dijual melalui paket ini dengan  promosi  setengah harga bersama dengan item utama. Dengan cara ini maka penjualan akan meningkat. Menjual paket khusus adalah salah satu teknik pemasaran yang sukses dari suatu bisnis.

3. Add Value to Customers

Anda dapat menawarkan produk dan layanan delivery service, yang membuat segala sesuatunya  mudah dan cepat bagi pelanggan prospektif  Anda dan pelanggan loyal Anda.  Pada masa ini, pelanggan lebih suka beroperasi dari dalam ruang pribadi dengan melakukan pembelian lewat telpon maupun internet Sertakan informasi tersebut pada website Anda. Dengan cara ini pelanggan akan terus kembali kepada bisnis, sehingga dapat meningkatkan penjualan Anda.

4. Stay Ahead of Competition

Hari ini kita melihat  persaingan bisnis yang sangat ketat dari bisnis-bisnis yang ada. Dikarenakan   teknologi yang berubah dengan cepat. Sebuah produk dapat menjadi usang hanya dalam beberapa bulan. Karena kompetitor  telah datang dengan produk baru yang lebih baik, inovatif dan  teknologi yang baru.
Salah satu strategi  pemasaran yang paling sukses adalah  mengantisipasi semua perubahan yang ada didepan,  melalui riset pasar. Sehingga Anda dapat  mulai membuat marketing plan terlebih dahulu. Misalnya, Anda dapat mepromosikan sejumlah produk bukan hanya satu produk.   Jika penjualan satu produk turun karena adanya persaingan pasar maka bisnis Anda akan tetap bertahan. Hal ini dapat diperoleh karena adanya   penjualan dari  produk lainnya.

5. USP in Advertising

USP, juga dikenal sebagai unique selling point, adalah suatu strategi pesan yang unik atau powerful.  Suatu  pesan / massage yang powerful adalah suatu pesan yang :
Dapat menjelaskan bagaimana uniknya produk Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda
Dapat memberikan penjelasan yang efektif  kepada pasar bagaimana produk Anda dan service  yang Anda berikan

Salah satu strategi pemasaran yang paling sukses adalah  Promosi  periklanan yang inovatif. Hal tersebut dapat  mencerminkan keuntungan bagi  bisnis Anda.  Jika  bisnis Anda memberikan layanan purna jual yang lebih baik dari kompetitor  atau menawarkan masa garansi lebih lama, maka semua karakteristik yang membedakan tersebut harus Anda promosikan  melalui kampanye iklan. Juga, “manfaat/benefit” dari  produk Anda  harus dijelaskan  secara baik dan menarik  dalam iklan.  Karena hal ini akan membantu pelanggan untuk menentukan pilihannya. Sebagai contoh, sebuah perusahaan  shampoo, harus menunjukkan  manfaat yang diperoleh dari menggunakan produk tersebut seperti rambut yang hitam berkilat, halus sehalus sutera, dll.

Ini adalah beberapa strategi  pemasaran yang berhasil yang digunakan oleh banyak perusahaan. Setiap bisnis, kompetisi, dan  produk berbeda-beda. Jadi, sementara Anda merumuskan strategi pemasaran seperti di atas, maka Anda harus menemukan  kekhususan  dari produk Anda.

Untuk membuat iklan Anda harus membuatnya :
KISS –   “Keep It So Simple .” 
Dengan pemikiran itu anda harus melihat  betapa pentingnya  menyampaikan  pesan Anda secara sederhana.
Berikan headline  dan berikan sedikit gambaran dari produk Anda, sehingga para pelanggan akan menjadi penasaran dan mereka akan mengunjungi counter Anda ataupun menelpon perusahaan Anda

Keep It Real –  Buatlah iklan Anda Real, tidak perlu mengada-ada ataupun melebih-lebihkannya sehingga kesannya  tidak Real. Sebab pelanggan cukup cerdas dalam menilai iklan Anda.

Pelanggan potensial Anda akan berpaling dari iklan Anda  jika mereka melihat  Anda membuat klaim yang tidak mungkin Anda laksanakan. Daripada  memberitahu pelanggan  bahwa produk Anda akan mengubahkan  kehidupan  mereka, lebih baik Anda  memberitahu mereka bagaimana produk Anda dapat membantu mereka dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan memperhatikan tip-tip diatas  maka Sales anda akan meningkat. Dan  kampanye pemasaran Anda akan menjadi berbeda,   dari sebuah   iklan yang biasa-biasa saja dan tidak menarik  akan menjadi  iklan yang  menarik dan berada di atas  ditengah banjir iklan, kompetisi  yang ada disekitar Anda

Bagaimana Protect and Gamble dapat survive di tengah banjir kompetisi yang ada ?

Perusahaan terkemuka Protect and Gamble yang dikenal P & G yang memiliki moto “Touching Lives, Improving Life “, pernah mengalami masa sulit dimana mereka kehilangan pasar ditengah persaingan yang ketat di tahun 1980an. Dimana pada saat itu terdapat perusahaan-perusahaan besar yang cukup mendominasi pasar seperti Johnson and Johnson, Kimberly Clark or Unilever.  Di tengah banjir yang ada maka P & G  tidak menjadi menyerah dan frustasi, tetapi  P & G berusaha untuk survive dengan berusaha mengubah  kelemahan dan ancaman menjadi kekuatan dan peluang dalam  situasi sulit dan tantangan-tantangan yang ada pada saat itu. Untuk  dapat survive  dalam kompetisi pasar maka P & G memanfaatan SWOT analisis Hal ini mencakup penetapan tujuan dan sasaran bisnis serta mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan dalam mencapai tujuan dan sasaran.

P & G menyadari bahwa Konsumen menginginkan produk berkualitas tinggi dengan harga pantas dan terjangkau. Sehingga  P & G berusaha menciptakan  innovative products and services yang baik bagi konsumen. Keberhasilan P & G dalam inovasi produk adalah dengan adanya  R & D, research and development  yang dilakukannya pada bidang  chemistry, engineering, materials science, biological sciences, medicine, and mathematics. Sehingga P & G dapat menghasilkan produk berkwalitas dengan harga yang terjangkau.

Dengan teknik marketing :  Offer New Products, maka P & G berusaha dengan lebih gesit dalam meningkatkan kecepatan dan kualitas inovasi produk barunya.  P & G  fokus  pada peningkatan kecepatan komersialisasi produk baru, P & G berusaha untuk Stay Ahead of Competitions, menjadi yang pertama dalam menemukan produk-produk barunya. Produk baru yang pertama diluncurkan akan sanggup memenangkan pasar dan dapat lebih dikenal oleh konsumen. Secara berkala mengadakan promosi  Offer Combined Packages dalam kampanye pemasarannya maupun melakukan promosi di outlet–outlet yang ada.  Dengan tujuan mempromosikan produk baru maupun men sale produk lama.

USP in Advertising  dari P & G adalah sederhana “Touching Lives, Improving Life”. Hal inilah yang membuat P & G menjadi sebuah brand yang mudah  diterima dan dimiliki oleh masyarakat umum.  Dengan moto ini P & G sanggup meraih   Customers baru dan  Market yang baru, dengan  motonya “Touching Lives, Improving Life” . Moto tersebut sanggup menjadikan P & G sebagai brand yang ternama pada saat ini.

Keberhasilan P & G didasarkan pada customers, people, and innovation. Kekuatan P & G  untuk memenangkan pasar adalah dalam inovasi produk,  memahami  kebutuhan  konsumen,  memberikan pengetahuan bagi konsumen akan nilai dan keuntungan dari produk, mempertahankan  Brand  dan strategi promosi yang tepat.  Dengan teknik-teknik marketing tersebut maka P & G yang hampir tenggelam di tahun 1980an ditengah banjir kompetisi yang ada, saat ini dapat survive menjadi satu perusahaan dengan  profit perusahaan nomor 18 terbesar di dunia menurut Fortune’s Most Admired Companies list. “Touching Lives, Improving Life” sanggup meraih pasar internasional sampai di India, Mexico, China, Russia, dan seluruh dunia lainnya.

Demikianlah kita melihat bagaimana Protect and  Gamble sanggup survive di tengah banjir kompetisi  yang ada dan menjadikannya sebagai the world’s largest multinational consumer goods company.

 

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x