(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Nasihat lama mengatakan bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali.Artinya, kesempatan bagus yang datang harus kita ambil dan pakai semaksimal mungkin supaya kita dapat meraih yang terbaik.
Dalam dunia sales/marketing yang namanya kesempatan itu hampir selalu dialami oleh salesperson sebagai sesuatu yang tidak terduga kapan datangnya. Oleh karena itu, seorang salesperson tidak boleh lengah dan mengabaikan kesempatan yang datang. Siap atau tidak siap, yang penting segera adakan persiapan menjual semaksimal mungkin, sesingkat apapun waktu yang tersisa.
Seringkali kesempatan tidak datang begitu saja, melainkan sesungguhnya karena salesperson telah melakukan persiapan yang matang sebelumnya. Artinya, ciptakan kesempatan Anda sendiri. Misalnya ketika ada pameran maka salesperson membuka booth dan berjualan di sana, hingga akhirnya datang salah seorang pengunjung ke booth tersebut dan ternyata orang tersebut adalah seorang yang berkepentingan dalam mengambil keputusan dari sebuah perusahaan. Dan terjadilah pertemuan yang di lain waktu akan di-follow up dan terjadilah closing. Bayangkan jika tidak ada booth yang dibuka dalam pameran dan salesperson tidak ada dalam booth tersebut.
Penting bagi seorang sales person untuk selalu menjaga stamina berjualannya sekalipun sepertinya belum terjadi sesuatu karena seringkali proses berjualan itu membutuhkan waktu yang panjang. Sikap optimis harus selalu dijaga dan terus dikembangkan bersama dengan ide-ide dan kreatifitas.
Setiap kesabaran dan ketekunan dan kerja keras salesperson suatu saat pasti akan ada hasilnya. Akan datang waktunya sebuah kesempatan dengan tiba-tiba dan sering diluar perkiraan salesperson. Dan ketika kesempatan itu telah datang menghampiri, raihlah segera, jangan lewatkan. Karena itu tetap semangat dan… cheers!
(Natalina B/AA/TML)

