Kenaikan Harga, Hal Yang Tidak Bisa Dihindari

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Ditengah gejolak yang terjadi di timur tengah dan harga minyak bumi yang melambung, membuat beberapa harga bahan baku melonjak. Akibatnya harga jual barang-barang produksi meningkat. Seperti ditempat saya bekerja, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pewarna. Seminggu yang lalu dengan sangat menyesal supplier mengumumkan kenaikkan harga bahan baku. Hal ini merupakan kenaikkan yang kedua kalinya pada tiga bulan pertama.  Hal ini tidak dapat dihindari, tapi harus dihadapi.

Dampaknya perusahaan harus menaikkan harga jual barang kepada pelanggan. Memang tidak mudah menghadapi situasi seperti ini. Pelanggan pun kadang kala menolak kenaikkan yang cukup tinggi, mereka meminta untuk kenaikkan dilakukan secara bertahap atau diberi kesempatan untuk sekali pengambilan dengan memakai harga lama. Hal ini juga merupakan strategi yang digunakan agar pelanggan tidak beralih kepada suplier lain.

Peranan sales sangat besar dalam menghadapi situasi seperti ini. Sebab sales merupakan ujung tombak dari perusahaan. Dan merekalah yang berhadapan langsung dengan para pelanggan. Kadang kala yang dihadapi para sales ketika memberitahukan tentang kenaikkan harga ini adalah keluhan dari para pelanggan. Sekalipun pelanggan sudah mengetahui keadaan sulit yang terjadi. Tetapi seakan tidak mau perduli dengan keadaan yang ada, mereka menolak harga dinaikkan. Peran sales sangat besar untuk memberi service yang memuaskan kepada pelanggan. Seperti pengiriman ontime atau meyakinkan pelanggan bahwa sekalipun terjadi kenaikkan harga maka kualitas barang tetap tidak berubah.

Di dalam penjualan kenaikkan harga memang tidak bisa dihindari. Tetapi dengan hubungan yang terjalin dengan baik antar manajemen, sales dan pelanggan maka hal ini dapat dihadapi bersama-sama. Bahkan karena hubungan baik yang sudah terjaga antara sales dan pelanggan maka pelanggan percaya saja dengan harga yang diberikan oleh sales. Tapi tidak juga memanfaatkan hubungan yang terjalin baik itu dengan menaikkan harga setinggi-tingginya. Sebab itu sangat pentingnya untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

 

 

(Mevy Sinambela/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x