(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dari perusahaan. Pertarungan dengan perusahaan lainnya untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya adalah target untuk memenuhi tujuan perusahan. Untuk tetap dapat hidup dan bertumbuh, suatu perusahaan harus menonjolkan perbedaan-perbedaan atau keunikan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Kelebihan atau perbedaan produk atau jasa kita harus kuat, sehingga menarik konsumen untuk pindah ke produk atau jasa kita. Keunikan tersebut harus menciptakan nilai konsumen-bukan dengan kata atau promosi belaka.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memenangkan persaingan:
Konteks Yang Masuk Akal
Jangan mengatakan sesuatu yang berlebihan tanpa alasan yang kuat. Ada beberapa perusahaan produk atau jasa yang mengiklankan produk atau jasa tetapi berbeda sekali dengan kenyataan yang ada atau tidak sesuai dengan apa yang konsumen sudah beli. Disini akhirnya menimbulkan kekecewaan konsumen, sehingga mereka pindah ke produk atau jasa yang lain.
Kredibilitas
Kekuatan komunikasi beriklan akan merubah minat konsumen untuk membeli, jangan mempertaruhkan nama perusahaan dengan membuat produk yang berkualitas jelek karena kredibilitas perusahaan akan dipertaruhkan. Ingat, jika sekali nama perusahaan anda buruk dimata konsumen selamanya mereka tidak akan pernah melirik produk atau jasa anda lagi. Kita harus hati-hati dalam mengkomunikasikan produk atau jasa yang akan dijual di pasaran.
Selaras
Setiap aspek dari harga, kemasan hingga iklan harus merefleksikan dan menekankan kualitas yang menonjolkan keunggulan dan perbedaan produk.
Komunikasikan Perbedaan
Kita harus menunjukan kepada konsumen setiap aspek perbedaan kita. Merek yang kuat akan menenggelamkan merek yang baru yang tidak mempunyai perbedaan yang menonjol. Kita melihat beberapa perusahaan yang sudah menjadi “Market Leaders”, produk atau jasa mereka sulit sekali tergeser oleh pendatang baru, karena mereka sudah terbukti dipasar dan memliiki brand yang sangat kuat.
Cepat dan Kuat
Perbedaan atau manfaat yang kita tawarkan mungkin juga dimiliki oleh pesaing. Keputusan secara matang dan cepat dalam pemilihan materi dan jenis iklan sebagai sarana komunikasi sangat menentukan keberhasilan pemasaran produk atau jasa.
Get ready to compete with other companies and take as many customers as you want..
(Rutch Helena/AA/TML)