(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan promosi dan sistem distribusi.
Bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran
Definisi Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan promosi
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Metode Promosi
Daftar mengenai alat – alat promosi yang penting yang dapat dipakai untuk membangun suatu program penjuaan efektif, adalah :
1. Iklan
2. Kewiraniagaan ( Personal Selling )
3. Promosi Konsumen. ( Hadiah, Perlombaan , Penawaran Kombinasi )
4. Metode yang bertujuan merangsang iklan dan promosi dealer.
5. Pameran dan eksibisi.
6. Resiporitas
7. Jaminan dan servis
8. Penawaran komperatitif.
Variabel Promosi
Variabel promosi terdiri dari :
1. sales promotion
2. advertising
3. sales force
4. public relation
5. direct marketing.
Ad 1. Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
Ad. 2. Advertising, yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
Ad. 3. Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan
Ad. 4. Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan.
Ad. 5. Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
STRATEGI PROMOSI PEMASARAN
Untuk melakukan pendapatan yang meksimum kita harus mempunyai sebuah formula ataupun strategi. sama halnya dengan dunia bisnis, strategi sangat penting dalam menunjang kehidupan bisnis. salah satu strategi yang akan saya bahas adalah strategi promosi produk. Jika kita mempunyai sebuah produk yang siap untuk dijadikan barang usaha yang harus kita pikirkan terlebih dahulu adalah bagaimana cara mempromosikan produk kita ini agar cepat dan mudah di ketahui oleh orang lain. hal ini penting karena akan berdampak pada penghasilan yang akan kita peroleh.
Strategi promosi pemasaran itu adalah :
1. Mengetahui kemauan konsumen
2. Menggunakan layanan internet
3. Lewat media elektroni maupun cetak
4. Memberikan potongan harga
ad 1. kita sebagai produsen bisa mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen dengan demikian langkah berikut untuk promosi bisa dilakukan.
Ad 2. penggunaan layanan internet, internet sudah semakin mendunia semua kalangan baik bawah hingga atas bisa menikmati layanan ini untuk itu penggunaan layanan internet sebagai media promosi juga sangat memungkinkan untuk dilakukan.
Ad 3. penggunaan media elektonik dan cetak. semakin sering produk kita ditampilkan di tv maupun koran akan semakin diingat oleh masyarakat
Ad 4. pemberian diskon. Pemberian diskon perlu untuk menunjang strategi promosi, apalagi untuk orang indonesia yang sangat menyukai harga barang dengan potongan harga, dengan demikian produk ini akan semakin menyebar dan dikenal oleh orang.
Hubungan promosi dengan penjualan yaitu promosi dapat meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya setelah angka penjualan cukup tinggi, suatu badan produksi atau distributor akan mengurangi kegiatan promosi.
(Lina Moses/AA/TML)