(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Banyak orang merasa telah melakukan berbagai cara untuk menigkatkan penjualan, tetapi hasilnya belum optimal. Banyak orang yang merasa sudah melakukan segala hal, tapi tidak mampu meningkatkan penjualan secara nyata, bahkan itu justru menguras cash flownya. Untuk meningkatkan penjualan tidak mutlak harus mengeluarkan biaya besar. Dengan biaya yang lebih efisien , kita dapat menghasilkan penjualan yang luar biasa. Yang paling penting adalah praktek dan monitoring, salah satunya, anda dapat melakukan teknik berikut ini : ciptakan penawaran yang menarik dan dapat dipercaya. Sangatlah penting untuk mengetahui cara calon customer kita menanggapi sebuah penawaran.
Pada saat calon customer Anda menerima penawaran dari Anda , maka hal-hal berikut akan ditanyakan kepada dirinya sendiri :
1. Apa yang Anda tawarkan
Kita harus jelas menyebutkan apa yang kita tawarkan kepada calon customer kita. Kalau kita memasang iklan atau membuat penawaran , maka Anda harus mengerti benar fokus yang harus Anda priorotaskan untuk Anda tawarkan didalam iklan atau penawaran tersebut sehingga calon customer Anda menangkap dengan jelas apa maksud Anda. Jangan sampai terjadi, Anda telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk sebuah iklan tetapi calon customer atau orang yang membacanya tidak jelas menangkap maksud yang sebenarnya.
2. Berapa harganya
Kepastian harga bisa membuar calon customer mau untuk melakukan pembelian. Kepastian harga ini bias dikaitkan dengan kualitas dari produk yang kita tawarkan. Produk yang keliatan berkualitas dan dijual dengan harga tinggi, jika informasi yang diberikan terbatas ,mungkin tidak banyak orang tertarik untuk membelinya. Namun, jika harga yang tinggi disertai dengan penjelasan yang lebih detail mengenai kualitasnya, maka akan lebih banyak orang yang tidak berkeberatan membeli produk tersebut.
3. Apa keuntungannya bagi saya ?
Pertimbangan-pertimbangan yang timbul antara lain : apakah nilai yang didapatkan lebih besar dari nilai yang dibayarkan, apakah perceived value yang ditawarkan lebioh besar dari resiko yang harus ditanggung dan apakah return on investment lebih besar dari uang yang dikeluarkan.
4. Kenapa saya harus percaya kepada Anda
Selain produk Anda yang berkualitas dan perusahaan Anda yang dapat dipercaya, faktor lain yang penting adalah kepercayaan yang bisa ditunjukkan dari orang yang menjualnya. Karena itu, sangat penting bagi para salesperson untuk membangun kepercayaan dari calon customernya.
5. Kenapa saya harus beli sekarang
Ini sangat penting. Sebab , meskipun produk dan iklan Anda bagus, penawaran yang Anda buat menarik, tetapi jika calon customer Anda tidak segera melakukan pembelian, ini bisa menjadi kerugian bagi Anda. Calon customer Anda bisa membeli produk yang sama pada kompetitor jika Anda biarkan mereka tidak segera melakukan pembelian.
Orang selalu akan menimbang sisi positif dan negatif. Bila sisi positif / kenikmatan yang diperoleh lebih besar dibanding sisi negatif/resikonya atau bahkan resikonya menjadi nol, kemungkinan membeli akan lebih tinggi. Dengan demikian dalam penawaran yang Anda buat, Anda dapat meningkatkan hal-hal positif / keunggulan dan kenikmatan yang akan diperoleh dari produk Anda serta mengurangi hal-hal negatif / resiko yang dapat ditanggung oleh calon customer Anda.
(Indriani Vera/AA/TML)

